Perbandingan Kurikulum Pendidikan di Indonesia dan Australia: Kajian Literatur Lima Aspek Utama
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1266Keywords:
Akreditasi, Pendidikan Tinggi, Mutu, Outcome-Based, Kebijakan PendidikanAbstract
Kurikulum pendidikan merupakan elemen strategis dalam mengarahkan proses pembelajaran dan menentukan kualitas sumber daya manusia suatu bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kurikulum pendidikan di Indonesia dan Australia secara menyeluruh pada lima aspek: tujuan pendidikan, isi kurikulum, struktur dan jenjang pendidikan, sistem evaluasi pembelajaran, serta kualifikasi dan kompetensi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka, yang mengkaji sumber-sumber seperti jurnal ilmiah, dokumen kebijakan nasional, laporan lembaga internasional, serta referensi akademik terkini. Hasil kajian menunjukkan bahwa kurikulum Indonesia lebih menekankan nilai religius, karakter, dan nasionalisme, sementara Australia menekankan fleksibilitas, pendekatan saintifik, dan hasil belajar berbasis kompetensi. Dari sisi evaluasi, Indonesia masih fokus pada penilaian sumatif dan ujian nasional, sedangkan Australia mengedepankan asesmen formatif yang berkelanjutan. Perbedaan juga terlihat dalam struktur kurikulum dan kualifikasi guru yang lebih terstandar di Australia. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya penyempurnaan kurikulum nasional di Indonesia dengan mempertimbangkan praktik baik dari sistem pendidikan Australia, terutama dalam hal fleksibilitas kurikulum, asesmen berkelanjutan, dan profesionalisme guru, agar lebih adaptif terhadap kebutuhan abad 21.
References
Australian Curriculum, Assessment and Reporting Authority (ACARA). (2019). The Australian Curriculum. https://www.australiancurriculum.edu.au/
Australian Institute for Teaching and School Leadership (AITSL). (2020). Australian professional standards for teachers. https://www.aitsl.edu.au/teach/standards
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2010). Paradigma pendidikan nasional Abad XXI. BSNP Press.
Cahyadi, A. (2020). Perbandingan kurikulum pendidikan antara Indonesia dan negara lain. Jurnal Pendidikan Global, 4(2), 120–133. https://doi.org/10.31227/osf.io/xyz456
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Kemendikbud. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.
Khoirunnisa, U. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 45–54.
Michie, M. (2019). Comparing science curricula: Indonesia and Australia. Asia-Pacific Science Education, 5(4), 234–250. https://doi.org/10.1186/s41029-019-0041-3
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What students know and can do. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Pusat Kurikulum dan Perbukuan. (2017). Kurikulum 2013: Struktur kurikulum dan kompetensi inti. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rahmawati, L. (2021). Kurikulum pendidikan karakter di Indonesia dan Australia. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 10(2), 112–121.
Rokhman, F., Syaifudin, A., & Yuliati, M. (2014). Character education for golden generation 2045 (national character building for Indonesian golden years). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.197
Sari, N. P. (2022). Evaluasi pendidikan di Indonesia dan Australia: Studi perbandingan. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(3), 201–212.
UNESCO. (2021). Education for sustainable development: A roadmap. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000374802
Wicaksono, H., & Sayekti, I. C. (2020). Perbandingan kurikulum IPA sekolah dasar di Indonesia dan Australia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 4(1), 33–40.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ika Kurnia Sofiani, Novia Ulfa, Sukma Ningsih, Elfi Nur Amira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.