Kemampuan Membaca Al-Quran Berdasarkan Gender Pada Fakultas Kedokteran Angkatan 2023 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Authors

  • Indah Fitri Rahmawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Asma Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Kirana Assyifa Saputri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Latifatun Nisa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Lilis Siti Nurjanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Rossa Nurhayati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Rossita Qamara Azizah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sulistiawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Suria Paloh Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.117

Abstract

Dalam kegiatan membaca terdapat perbedaan antar kemampuan membaca mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi perbedaan kemampuan membaca Al-Qur'an antara mahasiswa laki-laki dan perempuan di Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa angkatan 2023. Dengan menggunakan metode studi komparatif dan uji ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan, di mana skor rata-rata mahasiswa perempuan (32) lebih tinggi dibandingkan mahasiswa laki-laki (26). Uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Pentingnya kemampuan membaca Al-Qur'an diperkuat oleh ayat-ayat Al-Qur'an, khususnya perintah pertama tentang pentingnya membaca. Adab membaca Al-Qur'an, seperti niat ikhlas dan kebersihan, menjadi fokus. Rekomendasi penelitian lanjutan mencakup pengkajian lebih mendalam terhadap faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan membaca Al-Qur'an, serta eksplorasi strategi pembelajaran yang lebih inklusif. Temuan penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman perbedaan kemampuan membaca Al-Qur'an antara mahasiswa laki-laki dan perempuan, dengan implikasi untuk pengembangan pendidikan yang lebih efektif.

References

Abdul Majid Khon, Praktikum Qira’at: Keanehan Bacaan Alquran Qira’at Ashim dari Hafash (Jakarta: Amzah, 2013).

Abdul, H., & Nabillah, K. (2023). Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits. Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 4(2), 116-122.

Febriani, K. P., Sasanti, E. E., & Suryantara, A. B. (2022). Analisis perbedaan kinerja keuangan antara sebelum dan selama pandemi covid-19 (Studi pada perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2(2), 332-346.

Hadinata, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Ummi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia 7-13 Tahun. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 19(1), 60–79.

Kusuma, B. J., Karim, S., & Mulyani, Y. (2019). Studi Perbandingan Kualitas Layanan Pantai Manggar dan Lamaru di Kota Balikpapan dengan Motode SERVQUAL. JSHP : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 29–38.

Liansyah, A. F., & Achadianingsih, N. (2020). Penggunaan Metode Ummi Dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Ibu Rumah Tangga. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(3), 181.

Mahdali, F. (2020). Analisis kemampuan membaca Al-qur’an dalam perspektif sosiologi pengetahuan. Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur'an dan Hadis, 2(2), 143-168.

Mardiah, R., & Anwar, M. (2023).Studi Minat Membaca Al-Quran Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Angkatan 2018 Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 35-45.

Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk: Studi kasus penghasilan orang tua mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unismuh Makassar. Journal of Health Education Economics Science and Technology (J-HEST), 3(1), 7-11.

Setyawati, R. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen. INOVASI, 19(1), 57-63.

Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8(1), 386-397.

Suryani, A. I. (2020). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Kemampuan Membaca Siswa (Studi Kasus di SDN 105 Pekanbaru). Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 115-125.

Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).

Utami, N. E. S., & Yonanda, D. A. (2020). Hubungan Gender Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 144–149.

Wardani, W., Komang Astina, I., & Susilo, S. (2018). Pengaruh Gender terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Program IPS pada Mata Pelajaran Geografi Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 3(12). 1530-1534.

Widodo, A., Indraswati, D., Haryati, L. F., Syazali, M., & Anar, A. P. (2022). Profil Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Selama Masa Pandemi Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 76-80.

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Fitri Rahmawati, I., Asma, Assyifa Saputri, K., Nisa, L., Siti Nurjanah, L., Nurhayati, R., Qamara Azizah, R., Sulistiawati, & Paloh, S. (2024). Kemampuan Membaca Al-Quran Berdasarkan Gender Pada Fakultas Kedokteran Angkatan 2023 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 52–59. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.117

Issue

Section

Articles