Kemampuan Membaca Al-Quran Berdasarkan Gender Pada Fakultas Kedokteran Angkatan 2023 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.117Abstract
Dalam kegiatan membaca terdapat perbedaan antar kemampuan membaca mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi perbedaan kemampuan membaca Al-Qur'an antara mahasiswa laki-laki dan perempuan di Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa angkatan 2023. Dengan menggunakan metode studi komparatif dan uji ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan, di mana skor rata-rata mahasiswa perempuan (32) lebih tinggi dibandingkan mahasiswa laki-laki (26). Uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Pentingnya kemampuan membaca Al-Qur'an diperkuat oleh ayat-ayat Al-Qur'an, khususnya perintah pertama tentang pentingnya membaca. Adab membaca Al-Qur'an, seperti niat ikhlas dan kebersihan, menjadi fokus. Rekomendasi penelitian lanjutan mencakup pengkajian lebih mendalam terhadap faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan membaca Al-Qur'an, serta eksplorasi strategi pembelajaran yang lebih inklusif. Temuan penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman perbedaan kemampuan membaca Al-Qur'an antara mahasiswa laki-laki dan perempuan, dengan implikasi untuk pengembangan pendidikan yang lebih efektif.
References
Abdul Majid Khon, Praktikum Qira’at: Keanehan Bacaan Alquran Qira’at Ashim dari Hafash (Jakarta: Amzah, 2013).
Abdul, H., & Nabillah, K. (2023). Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits. Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 4(2), 116-122.
Febriani, K. P., Sasanti, E. E., & Suryantara, A. B. (2022). Analisis perbedaan kinerja keuangan antara sebelum dan selama pandemi covid-19 (Studi pada perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2(2), 332-346.
Hadinata, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Ummi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia 7-13 Tahun. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 19(1), 60–79.
Kusuma, B. J., Karim, S., & Mulyani, Y. (2019). Studi Perbandingan Kualitas Layanan Pantai Manggar dan Lamaru di Kota Balikpapan dengan Motode SERVQUAL. JSHP : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 29–38.
Liansyah, A. F., & Achadianingsih, N. (2020). Penggunaan Metode Ummi Dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Ibu Rumah Tangga. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(3), 181.
Mahdali, F. (2020). Analisis kemampuan membaca Al-qur’an dalam perspektif sosiologi pengetahuan. Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur'an dan Hadis, 2(2), 143-168.
Mardiah, R., & Anwar, M. (2023).Studi Minat Membaca Al-Quran Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Angkatan 2018 Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 35-45.
Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk: Studi kasus penghasilan orang tua mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unismuh Makassar. Journal of Health Education Economics Science and Technology (J-HEST), 3(1), 7-11.
Setyawati, R. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen. INOVASI, 19(1), 57-63.
Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8(1), 386-397.
Suryani, A. I. (2020). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Kemampuan Membaca Siswa (Studi Kasus di SDN 105 Pekanbaru). Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 115-125.
Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).
Utami, N. E. S., & Yonanda, D. A. (2020). Hubungan Gender Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 144–149.
Wardani, W., Komang Astina, I., & Susilo, S. (2018). Pengaruh Gender terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Program IPS pada Mata Pelajaran Geografi Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 3(12). 1530-1534.
Widodo, A., Indraswati, D., Haryati, L. F., Syazali, M., & Anar, A. P. (2022). Profil Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Selama Masa Pandemi Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 76-80.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indah Fitri Rahmawati, Asma, Kirana Assyifa Saputri, Latifatun Nisa, Lilis Siti Nurjanah, Rossa Nurhayati, Rossita Qamara Azizah, Sulistiawati, Suria Paloh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.