Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pengembangan Kepribadian Siswa di MTs Negeri 1 Tanjung Jabung Timur

Authors

  • Habriyanti UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • M.Fadhil UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Ied El Munir UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.116

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Pengembangan Kepribadian Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tanjung Jabung Timur, dengan tujuan: Mengetahui bagaimana kepribadian siswa, Bagaimana Implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam pengembangan kepribadian siswa, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan kepribadian siswa di  Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah kepala sekolah, waka kurikiulum, guru yang bersangkutan dan 30 orang siswa di kelas VIII A dan B. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada beberapa langkah yaitu tahap reduksi, tahap penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Akidah Akhlak dalam Pengembangan kepribadian siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tanjung Jabung Timur telah berjalan , namun belum begitu efektif dalam pelaksanannya, Namun daripada itu, tujuan guru membuat peraturan dan kebijakan semata-mata untuk membangun pribadi siswa yang juga untuk kedisiplinan dan membentuk pribadi siswa yang bertanggung jawab untuk dirinya dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, sekolah yang telah menerima dan dianggap mampu melaksanakan tanggung jawabnya yang dipercaya masyarakat harus melakukan penanaman, pembibitan dan penciptaan suatu cita-cita atau harapan rakyat.

References

Arifin, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran (Vol. 8). Bandung: Remaja Rosdakarya.

dalam Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Gustini, N. (2016). Bimbingan dan konseling melalui pengembangan akhlak mulia siswa berbasis pemikiran Al-Ghazali. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 1–14.

Indriani, T., & Diprata, A. W. (2023). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pengembangan Karakter Religius Siswa. Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(2), 44–57.

Karim, A. (2017). Implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam pengembangan kepribadian siswa di MTs PAB 2 Sampali.

Maulidah, A. (2018). Pengaruh mata pelajaran pendidikan agama islam terhadap pembentukan akhlak siswa di SMA Islam Yakin Tutur Nongkojajar.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, S., Lisa, W., & Kusumastuti, A. N. (2016). Psikologi kepribadian. Penerbit Gunadarma.

Rosadi, A. (2015). Membangun Penyelenggaraan Pendidikan Berkarakter Berbasis Evaluasi Profesional. Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan I.

Salsabila, U. H., Jaisyurohman, R. A., Wardani, M. T., Yuniarto, A. A., & Yanti, N. B. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Pribadi Akhlakul Karimah. BINTANG, 2(3), 370–385.

Subaidi, S., & Jahari, J. (2023). Pendidikan Agama Islam Tazkiyatun Nafs Sebagai Upaya Penguatan Kepribadian Guru di Madrasah Aliyah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123.

Uno, H. B., & Nina Lamatenggo, S. (2022). Teori kinerja dan pengukurannya. Bumi Aksara.

Yuni, S. W., & Abror, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Pada Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Baros Cibadak. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 3(2), 40–47.

Zulhijrah, Z. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Tadrib, 1(1), 118–136.

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Habriyanti, M.Fadhil, & Ied El Munir. (2024). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pengembangan Kepribadian Siswa di MTs Negeri 1 Tanjung Jabung Timur. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 101–113. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.116

Issue

Section

Articles