Kegiatan Ice Breaking dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Mellisa Ferda Seftarini SD Marginal 021 Batang Tuaka
  • Sri Erdawati STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1084

Keywords:

Ice Breaking, Minat Belajar Siswa

Abstract

Minat memegang peranan yang penting dalam kegiatan belajar mengajar, apabila siswa tidak memiliki minat maka mereka akan sulit untuk menerima pembelajaran. Secara sederhana minat berarti kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu. Di kelas V MI Darussalam Sungai Salak ditemukan banyak siswa yang kurang antusias dan merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan kegiatan ice breaking dapat meningkatkan minat belajar siswa? Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan untuk meneliti subjek (36 orang siswa kelas V) dan objek penelitian (kegiatan ice breaking dan minat siswa). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket (kuesioner), dokumentasi dan catatan lapangan dengan teknik analisis data dengan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil angket diketahui, minat belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari tahap pra siklus sampai ke siklus II, yaitu dari rata-rata sebesar 47% pada pra siklus menjadi 62% di siklus I dan naik lagi di siklus II menjadi 82%. Maka dengan demikian disimpulkan bahwa kegiatan Ice Breaking dapat meningkatkan minat belajar siswa Kelas V di Madrasah Ibtidayah Darussalam Sungai Salak

References

Arikunto, S., & Suhardjhono, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Arimbawa, K., Suarjana, M., & Arini, N. W. (2017). Pengaruh Ice Breaker Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 4.

Darmadi, H. (2015). Desain dan Implementasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK), (Bandung : Alfabeta, 2015), Hlm.10. Alfabeta.

Devi, D. A. P. P. S., I. Wayan Widana, and I. W. S. (2022). Pengaruh penerapan ice breaking terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK Wira Harapan 3.2 (2022): Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 240–247.

Fadhli, A. (2010). Koleksi Games Seru & Kreatif untuk Meningkatkan IQ dan SQ Anak. Pustaka Marwa.

Harianja, M. M., & Sapri, S. (2022). Implementasi dan manfaat ice breaking untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1324–1330.

Indriany, L., & Alam, S. (2023). Pengaruh Ice Breaking Berbasis Media Poster Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1092–1102.

Kurniawati, W., Wibawa, R., & Ikawati, H. D. (2023). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa melalui Ice Breaking pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(3), 91–97.

Lena, Mai Sri, et al. (2023). Efektivitas Implementasi Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat dan Semangat Belajar Siswa Sekolah Dasar. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 240–248.

Prayuda, Ikhsan Candra, et al. (2022). Pengaruh Teknik Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas II SD. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(1), 1–5.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Soenarno, A. (2005). Ice Breaker Permainan Atraktif-Edukatif. Andi Offset.

Sucahyo, E., & Ningtyas, R. K. (2023). Implementasi Ice Breaking Untuk Meningkatkan Konsentrasi Dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Adam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 374–379.

Sunarto. (2012). Ice Breaker dalam Pembelajaran Aktif. Yuma Pustaka.

Syah, M. (2013). Psikologi Belajar. Raja Grafindo Persada.

Turnip, C. V., & Sitio, M. P. dan H. (2022). Pengaruh Pemberian Teknik Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Bah Sampuran. Pedagogika: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(2), 119.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Mellisa Ferda Seftarini, & Sri Erdawati. (2025). Kegiatan Ice Breaking dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 462–472. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1084

Issue

Section

Articles