Pengembangan Media Komik Digital Edukatif Untuk Pemahaman Konsep Matematika

Authors

  • Lady Syifa Pawitra Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Sultan Agung
  • Rida Fironika Kusumadewi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.880

Abstract

Pendidikan di tingkat Sekolah Dasar (SD) merupakan fase penting dalam membentuk dasar pengetahuan dan keterampilan anak. Namun, tantangan yang dihadapi adalah menyajikan materi pembelajaran dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media komik digital edukatif yang valid dan layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran bagi siswa SD, khususnya dalam memahami konsep geometri. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), dengan subjek penelitian siswa kelas 4 di SDN 1 Gunem. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa kurang termotivasi dengan metode pengajaran konvensional, sehingga diperlukan inovasi dalam bentuk komik digital. Proses desain mencakup penentuan tema, pengembangan alur cerita, dan karakter yang mengaitkan materi geometri dengan kehidupan sehari-hari siswa. Validasi oleh ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi menunjukkan bahwa komik digital ini berkualitas baik, dengan skor total 261 dan rata-rata 87%, serta kategori "Sangat Layak." Hasil implementasi dan evaluasi menunjukkan skor 93% dari guru, mencerminkan penilaian yang sangat positif dan kategori "Sangat Praktis." Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa komik digital edukatif dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi geometri, dengan saran untuk pengembangan lebih lanjut dan penerapan di konteks pendidikan yang lebih luas

References

Ais, R. (2019). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 11(1), 47–63.

Dewi, N. R. (2022). Penerapan Desain Pembelajaran Addie E-Learning Materi Bahasa Inggris Pada Siswa Sma. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 2774–2784. https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.3978

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.

Hafisa, A. (2024). Analisis Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 28–45.

Hera, K., Dewi, P., Indah, P., Dewi, W., Fitri, S., & Ghina, W. (2024). Pandangan Guru Terhadap Pentingnya Penilaian Hasil Karya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–9.

Indra, W. F. F. (2024). Pola Kepemimpinan Kelembagaan Pada Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 89–100

Kusuma, A. S., & Nurmawanti, I. (2023). Pengembangan Soal-Soal Literasi dan Numerasi Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) untuk Siswa Sekolah Dasar (SD). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 516–523. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1313

Kusuma, J. W., Supardi, Akbar, M. R., Hamidah, Ratnah, Fitrah, M., & Sepriano. (2023). Dimensi Media Pembelajaran (Teori dan Penerapan Media Pembelajaran Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0) (Issue August). http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49351

Mesra, R. (2023). Research & Development Dalam Pendidikan. In Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/D6Wck.

Muhammad, D. I. A. A., & Djamaluddin, P. (2024). Telaah Kritis Efektivitas Metode Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 46–57.

Nurpuwanto, ahmad teguh. (2022). Modul Pembelajaran Berdiferensiasi. Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru, 2.

Putri, N. L. (2024). Media Pembelajaran Efektif Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 10–27.

Rofiqoh, I., Puspitasari, D., & Nursaidah, Z. (2020). Pengembangan Game Math Space Adventure Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 41–54. https://doi.org/10.36706/jls.v2i1.11445

Sae, H., & Radia, E. H. (2023). Media Video Animasi Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(2), 65–73. https://doi.org/10.56916/ijess.v2i2.474

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Ully, A. C., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Penyelesaian Soal Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1318–1325. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3505

Verdinandus Lelu Ngono, & Taufik Hidayat, W. (2019). Pendidikan Di Era Digital. In Jurnal Seminar Nasional Pendidikan (Issue March). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingpps/article/view/3093

Downloads

Published

2025-04-01

How to Cite

Lady Syifa Pawitra, & Rida Fironika Kusumadewi. (2025). Pengembangan Media Komik Digital Edukatif Untuk Pemahaman Konsep Matematika . IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 91–98. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.880

Issue

Section

Articles