Urgensi Pembelajaran Enterpreneurship Pada Anak Usia Sekolah Dasar

Authors

  • Novi Suryawati IAI Miftahul Ulum,Tanjungpinang,Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i3.372

Abstract

Pendidikan entrepreneurship sebaiknya dikembangkan pada usia awal atau paling tidak pada masa usia Sekolah Dasar. Pada usia ini merupakan tahap yang paling ideal dalam memperkenalkan entrepreneurship untuk mempersiapkan masa depan anak. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan urgensi pembelajaran entrepreneurship pada anak usia Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakian adalah library research. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa urgensi pembelajaran entrepreneurship di Sekolah Dasar. yaitu: melatih kemandirian dan keberanian anak, pembelajaran entrepreneurship merupakan praktik langsung setiap program dan dapat juga disesuaikan dengan tema, evaluasi penerapan pembelajaran entrepreneurship dirangkum menjadi rapot. Urgensi pembelajaran entrepreneurship menjadi hal yang penting dikembangkan di Sekolah Dasar. Selain membuat anak belajar mandiri dan berani, entrepreneurship yang dikenalkan sejak dini akan memberikan pengalaman yang penting untuk masa depan anak nantinya.

References

Arasti, Fayarjani, dan Imanipour “A Study Of Teaching Methods In Enterpreneurship Education For Graduate Students” Vol. 2, No. 1, Maret 2012

Brussel, Entrepreneurship Education in India : A Critical Assessment and a Proposed Framework, Technology Innovation Management, 2014

Dahlstedt, M., & Hertzberg, F. Schooling entrepreneurs: Entrepreneurship, governmentality and education policy in Sweden at the turn of the millennium. Journal of Pedagogy / Pedagogický Casopis, 2012

El Khuluqo, I. Early Childhood Entrepreneurship Education: a Brief Description of an Ideal Entrepreneurship Learning for Middle Childhood. IMC 2016 Proceedings,2017

Fayolle A, Entrepreneurship Education in Europe: Trends and Challenges, OECD LEED Programme, universities, innovation and entrepreneurship: good practice workshop. 2009

Kasmir. Kewirausahaan. Jakarta:.Raja Grafindo Persada, 2013

Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Pustaka Setia, 2011

Mestika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta : Yayasan Obor Indonesia, 2008

M. Nazir, Metode Penelitian, Jakarta : Ghalia Indonesia, 2003

Mwasalwiba, E. S, Entrepreneurship education: a review of its objectives, teaching methods, and impact indicators. Education and Training. 2010

Reimers-Hild, C. and King, J. Six questions for entrepreneurial leadership and innovation in distance education,Online Journal of Distance Learning administration, 2010

Ronstadt, R. C,Entrepreneurship, Dover, MA: Lord Publishing Co., p. 1984

Shapero, A, Entrepreneurship and Economic Development, Wisconsin: project ISEED, LTD., The Center for Venture Management, Summer, p, 1975

Smith, W., & Chimucheka, T. Entrepreneurship, Economic Growth and Entrepreneurship Theories. Mediterranean Journal of Social Sciences, 2014.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Novi Suryawati. (2024). Urgensi Pembelajaran Enterpreneurship Pada Anak Usia Sekolah Dasar. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 177–183. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i3.372

Issue

Section

Articles