Urgensi Pembelajaran Enterpreneurship Pada Anak Usia Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i3.372Abstract
Pendidikan entrepreneurship sebaiknya dikembangkan pada usia awal atau paling tidak pada masa usia Sekolah Dasar. Pada usia ini merupakan tahap yang paling ideal dalam memperkenalkan entrepreneurship untuk mempersiapkan masa depan anak. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan urgensi pembelajaran entrepreneurship pada anak usia Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakian adalah library research. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa urgensi pembelajaran entrepreneurship di Sekolah Dasar. yaitu: melatih kemandirian dan keberanian anak, pembelajaran entrepreneurship merupakan praktik langsung setiap program dan dapat juga disesuaikan dengan tema, evaluasi penerapan pembelajaran entrepreneurship dirangkum menjadi rapot. Urgensi pembelajaran entrepreneurship menjadi hal yang penting dikembangkan di Sekolah Dasar. Selain membuat anak belajar mandiri dan berani, entrepreneurship yang dikenalkan sejak dini akan memberikan pengalaman yang penting untuk masa depan anak nantinya.
References
Arasti, Fayarjani, dan Imanipour “A Study Of Teaching Methods In Enterpreneurship Education For Graduate Students” Vol. 2, No. 1, Maret 2012
Brussel, Entrepreneurship Education in India : A Critical Assessment and a Proposed Framework, Technology Innovation Management, 2014
Dahlstedt, M., & Hertzberg, F. Schooling entrepreneurs: Entrepreneurship, governmentality and education policy in Sweden at the turn of the millennium. Journal of Pedagogy / Pedagogický Casopis, 2012
El Khuluqo, I. Early Childhood Entrepreneurship Education: a Brief Description of an Ideal Entrepreneurship Learning for Middle Childhood. IMC 2016 Proceedings,2017
Fayolle A, Entrepreneurship Education in Europe: Trends and Challenges, OECD LEED Programme, universities, innovation and entrepreneurship: good practice workshop. 2009
Kasmir. Kewirausahaan. Jakarta:.Raja Grafindo Persada, 2013
Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Pustaka Setia, 2011
Mestika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta : Yayasan Obor Indonesia, 2008
M. Nazir, Metode Penelitian, Jakarta : Ghalia Indonesia, 2003
Mwasalwiba, E. S, Entrepreneurship education: a review of its objectives, teaching methods, and impact indicators. Education and Training. 2010
Reimers-Hild, C. and King, J. Six questions for entrepreneurial leadership and innovation in distance education,Online Journal of Distance Learning administration, 2010
Ronstadt, R. C,Entrepreneurship, Dover, MA: Lord Publishing Co., p. 1984
Shapero, A, Entrepreneurship and Economic Development, Wisconsin: project ISEED, LTD., The Center for Venture Management, Summer, p, 1975
Smith, W., & Chimucheka, T. Entrepreneurship, Economic Growth and Entrepreneurship Theories. Mediterranean Journal of Social Sciences, 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Novi Suryawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.