Identifikasi Penyebab Dan Strategi Pendekatan Dalam Pengelolaan Konflik Pada Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • Frisca Nur Kumala Sari Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Siti Najmiyyatul Aliyyah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Hilda Zaukia Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Mu’alimin Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.368

Abstract

Mengelola konflik dengan baik memerlukan upaya dan proses yang kompleks. Meskipun konflik dapat berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan komunikasi, produktivitas, dan kualitas kerja, jika tidak ditangani dengan tepat, konflik juga bisa berdampak buruk pada kinerja individu. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang penyebab dan strategi dalam pengelolaan konflik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui membaca dan mencatat, serta mengelola data penelitian secara objektif, sistematis, analitis, dan kritis, dengan sumber yang berasal dari buku, jurnal, artikel, situs internet, dan materi relevan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya, ada beberapa penyebab konflik yakni kepemimpinan yang lemah, komunikasi yang kurang baik, dan adanya kepentingan yang berbeda. Adapun strategi yang digunakan dalam pengelolaan konflik ada beberapa yakni: pertama yakni Pengenalan, kedua yakni Diagnosis, ketiga yakni Menyepakati suatu Solusi, keempat yakni Pelaksanaan, kelima yakni Evaluasi. Maka dari itu perlu untuk mengkaji tentang penyebab dan strategi pendekatan dalam pengelolaan konflik, agar konflik-konflik yang terjadi bisa diminimalisir dan ditemukan jalan keluarnya.

References

Anita, A., Putri, A., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2022). Manajemen Konflik Dalam Meningkatkan Produktivitas Organisasi Lembaga Pendidikan Islam. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 6(2), 135–147.

Aryana, S. (2021). Studi Literatur: Analisis Penerapan dan Pengembangan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada Jurnal Nasional dan Internasional. Seminar Nasional Pascasarjana, 4(1).

Asiah, S. (2017). Manajemen Konflik Teori dan Aplikai. Pustaka Cendakia.

Benjamin, Rochana, E., & Mulyaningsih, H. (2017). Manajemen Konflik. CV. Anugrah Utama Raharja.

Binawan, Riska, & Najicha, F. U. (2023). Peranan Wawasan Nusantara Sebagai Upaya Dalam Mengatasi Konflik Nasional. AZZAHRA: Scientific Journal of Social and Humanities, 1(3), 175–185.

Defano Tanur, Marsya Nisa Razita, & Ona Rangratu. (2023). Manajemen Konflik dan Upaya Penanganan Konflik dalam Organisasi Pendidikan di Sekolah. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 225–237. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.1039

Erwin, E. (2023). Strategi Sekolah Dalam Mengelola Konflik Di SMP Negeri 1 Sendana Kabupaten Majene. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 15. https://doi.org/10.26858/edustudent.v3i1.53277

Herlina, Febrianno, R., Fadesana, N. S., & Dkk. (2021). Pengantar Ilmu Komunikasi. CV. Basya Utama.

Munib, A., & Wulandari, F. (2021). Studi Literatur: Efektivitas Model Kooperatif Tipe Course Review Horay Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 163.

Muspawi, & Mohammad. (2014). Manajemen konflik (upaya penyelesaian konflik dalam organisasi). Jambi University, 16.

Nieke. (2011). Manajemen dan Resolusi Konflik dalam Masyarakat. Jurnal Universitas Negeri Jakarta, Volume XII(No.02), 54.

Nurainiah, N. (2020). Manajemen Konflik dalam Pendidikan Islam. Serambi Tarbawi, 8(2), 131–146.

Nurkumalasari, A., & Et, A. (2023). Bentuk Bentuk Konflik dalam Organisasi. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 4(1), 237–249.

Putri, F. A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi Literatur Tentang Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran The Power Of Twodi Sd. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 606.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior 15th edition. Pearson Education.

Siregar, Ahmad, F., & Lailatul, U. (2021). Peranan komunikasi organisasi dalam manajemen konflik. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 5(2), 163–174.

Suncoko, E. (2023). Manajemen Konflik Di Sekolah. Journal on Education, 1(1), 45–55. https://doi.org/10.46244/visipena.v1i1.22

Triyantoro, Fariz, M., & Rizal, A. S. (2023). Strategi Dan Pedekatan Dalam Mengelola Konflik. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (JIMEA), 1(1), 91–100.

Ummah, M. S. (2019). Manajemen Konflik Teori Dan Aplikasi. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1).

Wahyudi, A. (n.d.). Konflik, Konsep Teori dan Permasalahan. Jurnal Elektronik Universitas Tulungangung.

Wahyudi, A. (2015). Konflik, Konsep Teori Dan Permasalahan. Jurnal Publiciana, 8(1), 1–15.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Kumala Sari, F. N., Aliyyah, S. N., Zaukia, H., & Mu’alimin. (2024). Identifikasi Penyebab Dan Strategi Pendekatan Dalam Pengelolaan Konflik Pada Lembaga Pendidikan Islam. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), 62–70. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.368

Issue

Section

Articles