Pola Pengajaran Agama Islam Dalam Keluarga Suku Laut Melayu di Pulau Lipan Desa Penuba

Authors

  • Rahayu Mega Sari UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Minnah EI Widdah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Diana Rozelin UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i1.33

Keywords:

Pola pengajaran, Agama islam, Suku laut

Abstract

Pola pengajaran agama islam selama ini yang dilakukan oleh ustadz pada masyarakat suku laut melayu pulau lipan desa penuba belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pola pengajaran agama islam dalam keluarga suku laut melayu di pulau lipan desa penuba kecamatan selayar kabupaten lingga provinsi jambi. Metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian menggunakan purposive sampling, yang menjadi informan kunci yakni masyarakat suku laut, orang dewasa, orang tua dan anak atau remaja. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan conclusion drawing atau verifivation. Hasil dari penelitian terdiri dari pola pengajaran agama islam di pulau lipan yakni pola pengajaran langsung dilaksanakan untuk dewasa atau orang tua, dan tidak langsung dilaksanakan untuk remaja dan anak-anak. Faktor pendukung dalam pola pengajaran agama islam terdiri dari antusias masyarakat, fasilitas dan rumah ibadah, pendidikan masyarakat, dan pemberian reward. Faktor penghambat pola pengajaran agama islam terdiri dari buta aksara, suit diajak kegiatan keagamaan, infrastruktur yang masih kurang, dan sumber daya manusia masih kurang. Peran pemerintah desa penuba terdiri dari support kegiatan, dan penyalur bantuan.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Mega Sari, R., EI Widdah , M., & Rozelin, D. (2023). Pola Pengajaran Agama Islam Dalam Keluarga Suku Laut Melayu di Pulau Lipan Desa Penuba . IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i1.33

Issue

Section

Articles