Representasi Pendidikan Akhlak dalam Buku Merasa Pintar Bodoh Saja Tak Punya: Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk

Authors

  • Tama Naufal UIN Prof. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Muh. Hanif UIN Prof. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2523

Keywords:

Pendidikan Akhlak, Analisis Wacana Kritis Teun A. van Dijk, Kritik Sosial

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tantangan degradasi moral di era digital dan peran sastra sebagai media edukasi akhlak yang efektif. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis secara mendalam representasi akhlak serta kritik sosial yang terwujud dalam novel "Merasa Pintar, Bodoh Saja Tak Punya" karya Rusdi Mathari. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka kualitatif dengan landasan metodologis Analisis Wacana Kritis (AWK) Teun A. van Dijk. Analisis difokuskan pada tiga dimensi: struktur makro (tema global), superstruktur (kerangka narasi), dan struktur mikro (elemen linguistik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel ini secara sistematis merepresentasikan sembilan nilai akhlak melalui narasi, dialog, dan analogi. Secara AWK, struktur makro novel mengusung tema besar kritik terhadap praktik keagamaan dan kesombongan intelektual. Struktur mikro menegaskan pesan ini melalui gaya bahasa sinis, penggunaan metafora, dan ironi sebagai strategi retoris untuk menyampaikan kritik sosial dan spiritual secara persuasif

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Dhini Kusuma Lestari & Dwi Wahyu Candra Dewi. (2025). Sastra sebagai Kritik Sosial: Ketidakadilan yang Dialami Masyarakat dalam Sajak ‘Orang Kepanansan’ Karya W.S Rendra. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(3), 175–182. https://doi.org/10.61132/bima.v3i3.2176

Diah Ayu Titania, Irpa Anggriani Wiharja2, & Nori Anggraini. (t.t.). KAJIAN KRITIK SOSIAL DALAM CERPEN PADA SURAT KABAR JAWA POS ONLINE EDISI 20 SEPTEMBER – 11 OKTOBER 2020 (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA). Prosiding Samasta.

Eriyanto. (2001). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. LKiS Printing Cemerlang.

Farras Irmi, R. (2021). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Novel Ayat-ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy. Universitas Negeri Islam Sumatra Utara.

Fauzannur Ramadhan & Achmad Herman. (2021). ANALISIS WACANA TEUN A. VAN DIJK PADA FILM DOKUMENTER SEXY KILLERS. JASIMA: JURNAL KOMUNIKASI KORPORASI DAN MEDIA, 2(1).

Hanif, Muh. (2014). DESAIN PEMBELAJARAN UNTUK TRANSFORMASI SOSIAL (Studi Perbandingan Pemikiran Paulo Freire dan Ivan Illich tentang Pendidikan Pembebasan). KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 8(2), 113–128. https://doi.org/10.24090/komunika.v8i2.752

James Paul Gee. (2005). An Introduction to Discourse Analysis Theory and method. Routledge.

Jumriah, A. S., Nuruh H,. (2021). ANALISIS WACANA KRITIS TEUN VAN DIJK DALAM CERPEN “TUKANG DONGENG” KARYA KEN HANGGARA. Lingue : Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra, 2(2), 80. https://doi.org/10.33477/lingue.v2i2.1829

Kusrini, E., & Hanif, M. (2024). Menguatkan Pendidikan Karakter dengan Melibatkan Kegiatan Pembiasaan dalam Program Paket C (Ketaraan SMA) di Lembaga PKBM Marsudi Karya Beji Kecamatan Kedungbanteng. Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.37985/wdd9ve37

Lisa Gilson. (2024). Activism versus Criticism? The Case for a Distinctive Role for Social Critics. American Political Science Review, 118(2), 2024.

Mathari, R. (2016). Merasa Pintar Bodoh Saja Tak Punya. Buku Mojok.

Naningsih, S., & Hanif, M. (2024). KOMUNIKASI PESAN RELIGIUS UNTUK PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI BA AISYIYAH GUMIWANG. 5(3).

Nasution, S. (2017). Akhlak Tasawuf: Sebuah Perjalanan Spiritualitas Menuju Insan Paripurna. Perdana Publishing.

Purwono. (2017). Konsep dan Definisi Dokumentasi. Dalam Konsep dan definisi. evaluation.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press.

Rusmanto, & Hanif, M. (2014). Pendidikan Holistik untuk Pengembangan Karakter di SD Islam Bustan El Firdaus. 7(8).

Safitry, R., & Tjahjono, T. (2023). KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL RE DAN PEREMPUAN KARYA MAMAN SUHERMAN (KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA GILLIN DAN GILLIN). BAPALA, 10(2).

Sendang Rezeki, L. (2021). Analisis Majas Personifikasi pada Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan. Jurnal Beranda Sastra, 1(2).

Sofyana, N. L., & Haryanto, B. (2023). MENYOAL DEGRADASI MORAL SEBAGAI DAMPAK DARI ERA DIGITAL. 3(4).

Wahab, A. (2019). Analisis Wacana Kritis Pada Pernberitaan Media Online kumparancom dan ArrahmahNews.com Tentang Penolakan Pengajian Khalid Basalamah Di Sidoarjo, Jawa Timur. UIN syarif Hidayatullah.

Downloads

Published

2025-10-30

How to Cite

Naufal, T., & Muh. Hanif. (2025). Representasi Pendidikan Akhlak dalam Buku Merasa Pintar Bodoh Saja Tak Punya: Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 1155–1171. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2523

Issue

Section

Articles