Kontribusi Daulah Umayyah terhadap Perkembangan Pendidikan dan Peradaban Islam
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2518Keywords:
Daulah Umayyah, Pendidikan Islam, Peradaban Islam, Tradisi KeilmuanAbstract
Penelitian ini membahas kontribusi Daulah Umayyah terhadap perkembangan sistem pendidikan Islam sebagai salah satu fase penting dalam sejarah peradaban Islam. Periode ini menegaskan bahwa pendidikan menjadi fondasi utama bagi kemajuan sosial, politik, dan intelektual umat Islam. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran Umayyad Caliphate dalam pembentukan sistem pendidikan yang terorganisir, pengembangan lembaga seperti kuttab dan masjid, serta integrasi antara ilmu keagamaan dan ilmu rasional dalam kurikulum pembelajaran. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka melalui analisis literatur klasik dan modern yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Daulah Umayyah berhasil membangun struktur pemerintahan dan pendidikan yang kuat, memperluas akses terhadap ilmu pengetahuan, serta menumbuhkan tradisi intelektual yang terbuka terhadap peradaban lain. Meskipun pada akhirnya mengalami kemunduran akibat konflik internal dan kesenjangan sosial, warisan keilmuan dan sistem pendidikannya tetap menjadi pijakan bagi perkembangan pendidikan Islam pada masa berikutnya. Temuan ini memberikan implikasi teoretis bagi kajian sejarah pendidikan Islam, khususnya dalam memahami relasi antara kekuasaan politik dan perkembangan intelektual
References
Adhim, F. (2021). Sejarah peradaban Islam (Cet. 1). Literasi Nusantara.
Adnan, I. M., Marsono, Prasetya, H. B., & Faqih, M. R. (2025). Holistic Islamic education: A study of the thought of Imam Al-Ghazali and Muhammad Abduh. Al-Jadwa: Jurnal Studi Islam, 5(1), 72–90. https://doi.org/10.38073/aljadwa.3360
Anwar, A. M. (2015). Pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam pada masa Bani Umayyah. Tarbiya: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 47–76.
Arsyad, M. M., Kasban, M. Z., & Rama, B. (2024). Dinasti Abbasiyah: Biografi khalifah, kebijakan politik, pengaruh, dan kegemilangan peradaban Islam. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 4(1), 85–98. https://doi.org/10.56799/jim.v4i1.6276
Azman, Z. (2017). Strategi dakwah Umar bin Abdul Aziz dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam. El Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 13(2), 1–21. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v13i2.4
Cantika, Y. (2025). Mengenal sejarah, masa kejayaan, dan pendiri Dinasti Umayyah. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/literasi/pendiri-dinasti-umayyah/
Efendi, D., & Iswantir, I. (2023). Interelasi pendidikan agama Islam dan politik di Indonesia. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 2(1), 31–38. https://doi.org/10.31004/jpion.v2i1.94
Efendi, Z. (2024). Ibnu Khaldun dan teori peradaban: Relevansi pemikirannya dalam dunia modern. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(6), 2198–2210.
Fu’ad, M. S., Wahyudin, D., & Suriani, E. (2024). Bahasa Arab sebagai pilar peradaban: Studi perkembangan bahasa Arab pada masa Dinasti Umayyah II. Social: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 4(4), 522–528. https://doi.org/10.51878/social.v4i4.3792
Hasanah, U. (2022). Islamic intellectual development during the Abbasid dynasty (750 AD–861 AD). El Tarikh: Journal of History, Culture and Islamic Civilization, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.24042/jhcc.v3i1.11700
Hazim, M., Firmansyah, H., Zuhri, M. T., & Munawaroh, N. (2025). Pemikiran dan peradaban Islam Dinasti Umayyah dan Abbasiyah: Kajian historis dan relevansi warisan intelektual dan peradaban Islam dalam dunia kontemporer. Al-Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 7(2), 629–642. https://doi.org/10.46773/muaddib.v7i2.1794
Imawan, D. H. (2021). Daulah Umawiyah dan Daulah Abbasiyah. Universitas Islam Indonesia.
Irfan Maulana, A. (2025). Revitalisasi metode mudzakarah dalam meningkatkan pembelajaran yang interaktif. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 3(2), 23–35. https://doi.org/10.59031/jkppk.v3i2.615
Irfani, F. (2023). Pendidikan Islam pada masa Bani Umayyah: Metode, pola, dan locus keilmuan. At-Ta’dib, 7(3). https://doi.org/10.32832/at-tadib.v7i3.19480
Katsir, I. (2024). Al-Bidayah wa An-Nihayah (Edisi terjemahan, Cet. ke-9). Insan Kamil.
Naimah, R. Y., Afrizal, A., & Sawaluddin, S. (2025). Bani Abbas: Kemajuan ilmu, ilmu kalam, filsafat, sains. Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.37985/global.v2i1.68
Niswah, C., Maharani, J., Nisyah, A. K., & Ningrum, D. A. (2025). Pendidikan Islam Bani Umayyah I: Jejak awal institusi dan intelektual Muslim. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(6), 366–376. https://doi.org/10.60126/jim.v3i6.1065
Nur, M. (2015). Pemerintahan Islam masa Daulat Bani Umayyah (pembentukan, kemajuan, dan kemunduran). Pusaka: Jurnal Khazanah Keagamaan, 3(1), 111–126.
Nurlaila, N., Zalnur, M., & Zulmuqim, Z. (2023). Perkembangan pendidikan Islam pada masa Dinasti Umayyah. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 44–54. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i2.820
Rahayu, S., & Roza, E. (2023). Pendidikan Islam di Damascus: Menelusuri pola pendidikan pada masa Dinasti Umayyah. Instructional Development Journal (IDJ), 6(2), 211–221.
Riyadi, A. S. M. (2022). Dialog antara Islam dan Yunani masa Dinasti Umayyah–Dinasti Abbasiyah. Al-Isnad: Journal of Islamic Civilization History and Humanities, 3(1), 40–51. https://doi.org/10.22515/isnad.v3i1.5306
Rizqullah, M. N. (2022). Pembentukan stabilitas politik pada masa awal Dinasti Umayyah. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 4001–4009.
Sham Shul Bahri, H., & Musa, R. (2022). [The concept of asabiyah according to Ibn Khaldun] Konsep asabiyah menurut Ibnu Khaldun. Jurnal Islam dan Masyarakat Kontemporari, 23(1), 145–156. https://doi.org/10.37231/jimk.2022.23.1.656
Shofya, H. S. S., & Rusyana, A. Y. (2023). Kebijakan ekonomi Khalifah Umar bin Abdul Aziz dan relevansinya terhadap zakat di Indonesia. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 3(1), 7–14. https://doi.org/10.29313/jres.v3i1.1705
Sholihah, M. (2019). Rekonstruksi sejarah pemikiran dan peradaban Islam era Dinasti Umayyah dalam pendidikan Islam. Falasifa: Jurnal Studi Keislaman, 10(1), 81–106. https://doi.org/10.36835/falasifa.v10i1.154
Sihab, W., Aziz, F. F., & Adnan, I. M. (2025). The role of teachers in 21st century education. At-Takwin: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 9–15.
Syah, M. K. T., Nurcahya, Y., Putra, M. Z. O., Ahdillah, Z. A. A., & Anwar, R. H. K. (2025). Dinasti Umayyah di Andalusia: Perkembangan ilmu pengetahuan (756–1031 M). Al-Isnad: Journal of Islamic Civilization History and Humanities, 6(1), 39–58. https://doi.org/10.22515/isnad.v6i01.11762
Tabrani, A., Sutiyono, A., Khunaifi, A., et al. (2023). Perkembangan Islam pasca Khulafaur Rasyidin. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
Ulhaq, M. Z. (2020). Pengelolaan keuangan publik Islam (Umar bin Abdul Aziz). Amal: Journal of Islamic Economic and Business, 2(1), 64–80.
Usman, M. H., Aswar, & Iskandar, A. (2021). Menuju Indonesia berkemajuan dalam studi peradaban Islam. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 21(1), 39–74. https://doi.org/10.24042/ajsk.v21i1.7862
Yusalia, H. (2012). Daulah Umayyah: Ekspansi dan sistem pemerintahan monarki herediter. Wardah, 13(2), 135–144.
Zein, N. (2022). Contribution of the Umayyad dynasty to the development of Islamic civilization (661–750 AD). El Tarikh: Journal of History, Culture and Islamic Civilization, 3(1), 44–56. https://doi.org/10.24042/jhcc.v3i1.8532
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Irfan Maulana Adnan, Sayyidah Haramaini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








This work is licensed under a