Penggunaan Aplikasi Quizizz Mode Paper Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MAS Raudhatun Najah Langsa Aceh

Authors

  • Humaira Nisa Institut Agama Islam Negeri Langsa
  • Lathifah Hanum Institut Agama Islam Negeri Langsa
  • Nurhanifah Nurhanifah Institut Agama Islam Negeri Langsa
  • Nani Endri Santi Institut Agama Islam Negeri Langsa

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2508

Keywords:

Quizizz, Media Pembelajaran, Mode Paper, Akidah Akhlak

Abstract

Rendahnya partisipasi dan motivasi siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MAS Raudhatun Najah menjadi tantangan utama dalam mencapai tujuan pembelajaran yang bermakna. Ketergantungan pada metode ceramah yang monoton menyebabkan siswa kurang aktif dan sulit memahami nilai-nilai keislaman secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menilai kelayakan media pembelajaran inovatif berbasis Quizizz Mode Paper sebagai alternatif bagi sekolah yang memiliki keterbatasan teknologi. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang mencakup tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Quizizz Mode Paper dinilai sangat layak dan efektif berdasarkan validasi ahli serta uji coba terbatas, karena mampu meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan pemahaman siswa terhadap materi Akidah Akhlak. Implikasi penelitian ini bahwa adaptasi teknologi pembelajaran ke dalam format cetak dapat menjadi solusi strategis bagi sekolah yang belum sepenuhnya terdigitalisasi, sekaligus mendorong guru untuk berinovasi menciptakan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan berorientasi pada karakter Islami

References

Basori, A., Prasetyo, D., & Wulandari, F. (2022). Integrasi media pembelajaran berbasis gamifikasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 255–268.

Hidayat, R., Nuraini, L., & Zainuddin, M. (2023). Interactive learning media in Islamic religious education: Motivation and retention improvement. International Journal of Instructional Media, 50(1), 72–84.

Nurfadilah, I., & Syahputra, A. (2022). Gamified learning and student engagement in religious education. Indonesian Journal of Islamic Pedagogy, 5(2), 145–160.

Purba, L. S. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran Quizizz pada mata kuliah Kimia Fisika I. JDP, 12(1), 55–62.

Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, H. (2019). Penggunaan aplikasi Quizizz sebagai media pemberian kuis dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 4(3), 78–85.

Rofiah, D., Kurniawati, D., & Setiono, A. (2023). Game-based learning in Islamic education: Enhancing students’ conceptual understanding. Asian Journal of Educational Technology, 14(2), 112–125.

Roriarti, F., & Anisa, Y. (2020). TIK untuk AUD: Penggunaan platform Quizizz dalam menumbuhkan jiwa kompetitif dan kolaboratif anak. Pendagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 101–115.

Riyadi, A., & Hamid, A. (2021). Integrating spiritual and moral education through interactive learning approaches in Islamic schools. Journal of Islamic Education Studies, 8(1), 45–59.

Setyosari, P. (2018). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Supriyanto, E., & Setiawan, R. (2023). Assessment strategies in Islamic education: From traditional to innovative models. International Journal of Islamic Learning and Instruction, 7(3), 200–214.

Downloads

Published

2025-10-27

How to Cite

Humaira Nisa, Lathifah Hanum, Nurhanifah, N., & Nani Endri Santi. (2025). Penggunaan Aplikasi Quizizz Mode Paper Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MAS Raudhatun Najah Langsa Aceh. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 1069–1075. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2508

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)