Analisis Masa Masa Perkembangan Anak Menurut Kohnstamm, Oswald Kroh, dan Jean Piaget

Authors

  • Endah Tri Wisudaningsih Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Mella Zulfia Mawarni Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Laora Indah Septiani Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2444

Keywords:

Masa masa perkembangan, Kohnstamm, Kroh, Piaget

Abstract

Kajian mengenai perkembangan anak telah banyak dilakukan, namun masih terdapat kesulitan dalam memahami perbedaan teori-teori utama sehingga gambaran perkembangan menjadi kurang menyeluruh. Penelitian ini bertujuan menganalisis perbandingan teori perkembangan anak menurut Kohnstamm, Oswald Kroh, dan Jean Piaget dengan menyoroti persamaan serta perbedaannya. Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif dengan pendekatan studi pustaka melalui penelaahan buku, jurnal, dan referensi relevan lainnya. Hasil kajian menunjukkan bahwa Kohnstamm membagi perkembangan menjadi lima tahap: vital (0–1,5 tahun), estetis (1,5–7 tahun), intelektual (7–14 tahun), sosial (14–21 tahun), dan matang (21 tahun ke atas). Oswald Kroh menekankan tiga tahap: masa awal (0–3 tahun), masa kanak-kanak dan sekolah (3–13 tahun), serta remaja (13 tahun ke atas). Jean Piaget berfokus pada perkembangan kognitif yang terdiri atas tahap sensori-motor (0–2 tahun), praoperasional (2–7 tahun), operasional konkret (7–11 tahun), dan operasional formal (11 tahun ke atas). Ketiga pandangan tersebut saling melengkapi dan memberikan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai perkembangan anak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pendidik dan orang tua dalam memahami karakteristik perkembangan anak sesuai tahapan usia

Author Biographies

Endah Tri Wisudaningsih, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Dosen Mata Kuliah Psikologi Perkembangan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong.

Laora Indah Septiani, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong.

References

Al-Qur’an Al Karim

Ahadiyanto, N. (2021). Psikologi Perkembangan Dewasa dan Lanjut Usia. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 1(1), 1–18.

Anatasya, R. L. C., Rahmawati, & Herlambang, Y. T. (2024). Menurut Perspektif Teori Kroh. Jurnal Mudabbir, 2, 35–40.

Babullah, R. (2022). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan penerapannya. EXPERIENTIA: Jurnal Psikologi Indonesia, 9(1), 10–23.

Desmita. (2020). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Eddyinoviana. (2019). Optimalisasi Pembelajaran dalam Rangka Perkembangan Emosi Anak. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19, 52.

Fatimah, E. R. (2021). Konsep Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Komparatif Jean Piaget dan Al-Ghozali). Jurnal Alayya, 1(1), 1–31.

Filtri, H., & Sembiring, A. K. (2018, Desember). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu di PAUD Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 169–178.

Gulo, W. (2020). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grasindo.

Hamdanah, H. (2017). Mengenal Psikologi dan Fase-Fase Perkembangan Manusia. Jurnal Psikologi Pendidikan, 3, 15–22.

Hartati, R. (2024). Psikologi Perkembangan Manusia (0–10 Tahun) Berdasarkan Pendekatan Psikososial. Jurnal Psikologi, 2, 45–50.

Ilhami, A. (2022). Implikasi Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Anak Usia Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 23.

Kementerian Agama RI. (2019). Al-Qur’an dan Tafsirnya Jilid 5. Jakarta: Percetakan Pustaka Lajnah.

Kohnstamm, Ph. (1935). The Child. Groningen–Batavia: J. B. Wolters’ Uitgeversmaatschappij N.V.

Kroh, O. (1923). The Soul Life of the Child. Leipzig: Quelle & Meyer.

Kuliyatun. (2018). Konsep Dasar Psikologi Perkembangan. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Metro.

Lestari, F., & Maulana, H. (2022). Integrasi teori Piaget dan Vygotsky dalam pembelajaran anak usia dini. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Anak, 5 (1), 67–78.

Marinda, L. (2020). Implementasi teori perkembangan kognitif Jean Piaget pada pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8, 100–110.

Mayar, F. (2021). Pendidikan anak usia dini berdasarkan teori perkembangan. Padang: Sukabina Pers.

Muyassaroh, Y. (2024). Psikologi Perkembangan: Studi Perkembangan Manusia dari Lahir sampai Lanjut Usia. Jurnal Keperawatan Indonesia, 1, 36–39.

Nafi’ah, M. (2018). Periodesasi Masa Perkembangan Anak-Anak. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4, 12–18.

Naibaho, D. (2024). Studi Kasus Psikologi Perkembangan di Masyarakat Sidikalang. Jurnal Psikologi Indonesia, 3, 55–60.

Nuraini, R., & Wahyuni, T. (2022). Hubungan periode kontradiksi dengan pembentukan moral anak usia dini. Jurnal Psikologi Perkembangan dan Pendidikan, 9 (2), 112–123.

Nurhayati, S., & Rachmawati, N. (2021). Pendekatan Bermain dalam menyebarkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (2), 134–145

Nuryati, N. (2021). Operasional konkret dalam perkembangan kognitif anak. Jurnal Pendidikan Dasar, 9, 75–82.

Piaget, J. (1952). The Origins of Intelligence in Children (M. Cook, Trans.). New York: International Universities Press.

Puspita, S. I. (2023). Perkembangan kognitif anak pada tahap praoperasional. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 50–57.

Rahman, MA (2023). Integrasi teori psikologi perkembangan Barat dan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran modern. Jurnal Pendidikan Islam dan Psikologi Perkembangan, 8 (1), 44–56.

Rahmawati, D. (2023). Integrasi Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Psikologi dan Pendidikan Islam, 8 (1), 45–56

Sa’adah, N., & Saptarini, A. (2017). Mengenal Psikologi Perkembangan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 257–260.

Suada, I. (2016). Teori Perkembangan Anak. Yogyakarta: Media Akademi.

Supranto. (2019). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan ULAID, 1, 14–20.

Supriyanto & Isbandiyah. (2023). Implikasi Hasil-Hasil Penelitian Pendidikan terhadap Teori dan Praktik Pendidikan. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 15–20.

Suyono, & Hariyanto. (2019). Belajar dan pembelajaran: Teori dan konsep dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wisudaningsih, E. T. (2024). Histori Psikologi Perkembangan dan Teori Perkembangan Anak. Bahtsuna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 74–80.

Yudiar, N. (2021). Tahapan Perkembangan Manusia Perspektif Kohnstamm. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(1), 88–101.

Zulkifli. (2017). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2025-10-29

How to Cite

Wisudaningsih, E. T., Mawarni, M. Z., & Septiani, L. I. (2025). Analisis Masa Masa Perkembangan Anak Menurut Kohnstamm, Oswald Kroh, dan Jean Piaget. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 1092–1111. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2444

Issue

Section

Articles