Dinamika Perkembangan Anak Usia Dini: Kajian tentang Motorik, Bahasa, Fantasi, dan Sikap Sosial

Authors

  • Endah Tri Wisudaningsih Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • M. Zayadi Animan Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Mochammad Zainal Abidin Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2434

Keywords:

Perkembangan Anak, Motorik, Bahasa, Fantasi, Sikap Sosial

Abstract

Perkembangan masa kanak-kanak merupakan fase krusial yang menentukan kualitas kehidupan individu di masa depan karena mencakup aspek motorik, kognitif, bahasa, permainan, gambaran mental, dan sikap sosial yang saling berinteraksi membentuk kepribadian anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara komprehensif dinamika perkembangan anak pada masa kanak-kanak serta mengidentifikasi implikasi teoritis dan praktisnya dalam konteks pendidikan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (library research) dengan menganalisis literatur ilmiah, artikel jurnal, buku psikologi perkembangan, serta sumber pendidikan Islam yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan motorik menjadi dasar eksplorasi dan interaksi sosial, pengamatan dan fantasi merangsang kreativitas serta berpikir abstrak, bahasa memperkuat komunikasi dan identitas sosial, permainan berperan sebagai media pembelajaran yang holistik, gambaran mental membentuk cara anak memahami dunia, sedangkan sikap sosial menjadi fondasi pembentukan karakter. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya peran pendidik, keluarga, dan lingkungan sosial dalam menyediakan dukungan yang tepat agar anak berkembang secara optimal dan seimbang di setiap aspeknya.

References

Albert, B. (1977). Social learning theory. Prentice Hall.

Ahmadi, A. (1991). Psikologi perkembangan. PT Rineka Cipta.

Baumrind, D. (1991). The influence of parenting style on adolescent competence and substance use. Journal of Early Adolescence, 11(1), 56–95. https://doi.org/10.1177/0272431691111004

Best, J. R., & Miller, P. H. (2010). A developmental perspective on executive function. Child Development, 81(6), 1641–1660. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2010.01499.x

Bodrova, E., & Leong, D. J. (2015). Tools of the mind: The Vygotskian approach to early childhood education. Pearson.

Bukowski, W. M., Laursen, B., & Rubin, K. H. (2018). Handbook of peer interactions, relationships, and groups (2nd ed.). The Guilford Press.

Diamond, A. (2013). Executive functions. Annual Review of Psychology, 64, 135–168. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-113011-143750

Dickinson, D. K., & Tabors, P. O. (2001). Beginning literacy with language: Young children learning at home and school. Paul H. Brookes Publishing.

Egan, K. (2020). Imagination in teaching and learning: The middle school years. University of Chicago Press.

Erikson, E. H. (1950). Childhood and society. W. W. Norton & Company.

Gallahue, D. L., & Ozmun, J. C. (2012). Understanding motor development: Infants, children, adolescents, adults (7th ed.). McGraw-Hill.

Gathercole, S. E., Lamont, E., & Alloway, T. P. (2019). Working memory in the classroom. In S. J. Pickering (Ed.), Working memory and education (pp. 219–240). Academic Press.

Ginsburg, K. R. (2007). The importance of play in promoting healthy child development and maintaining strong parent-child bonds. Pediatrics, 119(1), 182–191. https://doi.org/10.1542/peds.2006-2697

Harter, S. (2012). The construction of the self: Developmental and sociocultural foundations (2nd ed.). The Guilford Press.

Hoff, E. (2013). Language development (5th ed.). Cengage Learning.

Hurlock, E. B. (1998). Perkembangan anak (Edisi ke-6, Jilid 1) (M. Tjandrasa, Trans.). Erlangga.

Jean, P. (1972). The psychology of the child. Basic Books.

Khadijah. (2021). Perkembangan sosial anak usia dini. Merdeka Kreasi Group.

Lakes, K. D., & Hoyt, W. T. (2004). Promoting self-regulation through school-based martial arts training. Journal of Applied Developmental Psychology, 25(3), 283–302. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2004.04.002

Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan implikasinya dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1), 45–59.

Masitah, W., et al. (2016). Meningkatkan kemampuan bahasa melalui metode bercerita dengan menggunakan media audiovisual. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 101–113.

Niamah, L. (2014). Fantasi sebagai pemicu perkembangan. Universitas Ahmad Dahlan.

Nicolopoulou, A. (2021). Narrative development and emergent literacy: Storytelling and story-acting in preschool. Early Childhood Research Quarterly, 54, 80–92. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2020.08.002

Nizam, B. (2021). Hadith scholars personality development review: Relevance in the development of psychological behavior. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 55–70.

Payne, V. G., & Isaacs, L. D. (2020). Human motor development: A lifespan approach (9th ed.). Routledge.

Piaget, J. (1969). The mechanisms of perception. Basic Books.

Piek, J. P., Hands, B., & Licari, M. K. (2022). Assessment of motor functioning in the preschool period. Current Developmental Disorders Reports, 9(3), 109–119. https://doi.org/10.1007/s40474-022-00238-4

Rubin, K. H., Bukowski, W. M., & Parker, J. G. (2015). Peer interactions, relationships, and groups. In R. M. Lerner (Ed.), Handbook of child psychology and developmental science (7th ed., pp. 620–681). Wiley.

Santrock, J. W. (2021). Child development (15th ed.). McGraw-Hill Education.

Sofyan, H. (2018). Perkembangan anak usia dini dan cara praktis meningkatkannya. Infomedika.

Tomasello, M. (2019). Becoming human: A theory of ontogeny. Harvard University Press.

Triandis, H. C. (1995). Individualism and collectivism. Westview Press.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Wentzel, K. R., & Brophy, J. E. (2014). Motivation to learn: Integrating theory and practice (5th ed.). Routledge.

Wilson, M. (2002). Six views of embodied cognition. Psychonomic Bulletin & Review, 9(4), 625–636. https://doi.org/10.3758/BF03196322

Downloads

Published

2025-10-21

How to Cite

Endah Tri Wisudaningsih, M. Zayadi Animan, & Mochammad Zainal Abidin. (2025). Dinamika Perkembangan Anak Usia Dini: Kajian tentang Motorik, Bahasa, Fantasi, dan Sikap Sosial . IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 1040–1050. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2434

Issue

Section

Articles