Masa Masa Perkembangan Anak Menurut Aristoeles, Comenius, Charlotte buhler: Kajian Literatur

Authors

  • Endah Triwisudaningsih Universitas Zainul Hasan Genggong
  • Mochammad Kurniawan Firmansyah Universitas Zainul Hasan Genggong
  • M.Wildan Maulana Arifin Universitas Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2411

Keywords:

Masa PerkembanganAnak,Kajian literatur

Abstract

Anak mengalami perkembangan secara dinamis sehingga menjadi bagian dari pembentukan kepribadian dan karakter di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pandangan tiga tokoh terkemuka Aristoteles,Comenius dan Charlotte Buhler mengenai tahapan perkembangan anak, serta mengkaji kembali prinsip-prinsip yang dapat digunakan dalam konteks pendidikan saat ini. Penelitian ini memakai metode library research yang menelaah serta mengkaji literatur klasik dan kontemporer secara komprehensif. Hasil kajian menunjukkan bahwa Aristoteles menekankan perkembangan moral dan intelektual sebagai dasar karakter Comenius mengedepankan pendidikan yang sesuai dengan tahap usia melalui konsep pendidikan sepanjang hayat dan Charlotte Buhler, dari sudut pandang psikologi, menyoroti kebutuhan emosional dan sosial anak di setiap fase perkembangan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perkembangan anak merupakan proses holistik dan berkelanjutan yang mengintegrasikan aspek kognitif, sosial, emosional, dan moral. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya pengintegrasian aspek-aspek multidimensi tersebut dalam praktik pendidikan kontemporer guna mendukung pertumbuhan anak secara optimal di Indonesia

References

Al-Qur’anul Karim

Deyaninda Safira, & Linda Yarni. (2024). Perkembangan Masa Puber . JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 2(4 SE-Articles), 1–18. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i4.2107

Erzad, A. M. (2017). PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK SEJAK DINI DI LINGKUNGAN KELUARGA. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 415–431. https://doi.org/10.21043/THUFULA.V5I2.3483

Euis Nurlaela, Iqbal Ramdhoni, S. R. (2025). PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG. Al-Hanin: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 9–21.

Evionita, E., & Tama, M. M. L. (2022). Peningkatan Pengetahuan Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Desa Suka Negeri. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 69–81. https://doi.org/10.31943/abdi.v4i1.53

Fossheim, H. (2017). Aristotle on children and childhood. In Childhood in History, Perceptions of Children in the Ancient and Medieval Worlds (1st ed., pp. 37–55). https://doi.org/10.4324/9781315571133-3

Garcia, A. R., Filipe, S. B., Fernandes, C., Estevão, C., & Ramos, G. (2023). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI (I. A. Putri (ed.); 1st ed.). PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Hartati, S., & Zulminiati, Z. (2018). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Stimulasi Sensori Visual Bagi Guru Paud Di Kecamatan Batang Anai. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2), 37–43. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.287

Haryanti, D., Ashom, K., & Aeni, Q. (2019). Gambaran Perilaku Orang Tua Dalam Stimulasi Pada Anak Yang Mengalami Keterlambatan Perkembangan Usia 0-6 Tahun. Jurnal Keperawatan Jiwa, 6(2), 64. https://doi.org/10.26714/jkj.6.2.2018.64-70

Irawan, C. P., Fadhilah, A. N., Arsita, A. D., Putri, D. I., Maharani, M., Billanti, R., Oktavia, M., Sasera, Y., & Maharani, R. (2024). Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Karakter Moral Anak Usia Dini. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 8(2), 229–236. https://doi.org/10.17509/jpa.v8i2.78848

Johansen, T. K. (2024). Aristotle on the Stages of Cognitive Development. In G. Betegh & V. Tsouna (Eds.), Conceptualising Concepts in Greek Philosophy (pp. 178–202). Cambridge University Press. https://doi.org/DOI: 10.1017/9781009369596.011

Joyce, B., & Calhoun, E. (2024). Models of Teaching (10th ed.). https://doi.org/10.4324/9781003455370

Lukaš, M., & Munjiza, E. (2014). Education System of John Amos Comenius and Its Implications in Modern Didactics. Život I Škola : Časopis Za Teoriju I Praksu Odgoja I Obrazovanja, LX(31), 32–42.

Mavigl, D., & Comenius, J. (2016). The Main Principles of Modern Pedagogy in ‘ Didactica Magna ’ of John Amos Comenius. https://consensus.app/papers/the-main-principles-of-modern-pedagogy-in-‘-didactica-magna-mavigl-comenius/9c7328b101c7593099265ffcbe76df29/

Nelson, M. B., O’Neil, S. H., Wisnowski, J. L., Hart, D., Sawardekar, S., Rauh, V., Perera, F., Andrews, H. F., Hoepner, L. A., Garcia, W., Algermissen, M., Bansal, R., & Peterson, B. S. (2019). Maturation of brain microstructure and metabolism associates with increased capacity for self-regulation during the transition from childhood to adolescence. Journal of Neuroscience, 39(42), 8362–8375. https://doi.org/10.1523/jneurosci.2422-18.2019

Ole, A. A. (2025). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini dalam Keluarga. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga, 8(5), 4570–4574.

Purba, H., Bestia, A., & Nurlaili. (2022). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Mukhlisin Kec. Medan Denai. Jurnal Raudhah, 10(1). https://doi.org/10.30829/raudhah.v10i1.1654

Rowold, K. (2024). Child psychology from Vienna to London: Charlotte Bühler, concepts of childhood, and parenting advice in interwar Britain. In History of the Human Sciences (Vol. 38, Issue 1, pp. 3–25). SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.1177/09526951241289028

Sariani, N., Megavitry, R., Syukur, T. A., Sianipar, D., & Hamsiah, A. (2023). Pendidikan sepanjang hayat (M. S. Ari Yanto, M.Pd.,Mila Sari (ed.)). PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Setiana, S., & Eliasa, E. I. (2024). Karakteristik Perkembangan Fisik, Kognitif, Emosi Sosial, dan Moral Pada Anak Usia Sekolah Dasar (7-12 Tahun). Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6 SE-Articles), 127–138. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1742

Sriyanto, A., Hartati, S., & Sutrisno. (2022). Perkembangan dan ciri-ciri perkembangan pada anak usia dini. Journal Fascho: Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 26–33.

Wisudaningsih, E. T. (2024). Histori psikologi perkembangan dan teori perkembangan anak. Bahtsuna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 68–76.

Downloads

Published

2025-11-01

How to Cite

Endah Triwisudaningsih, Mochammad Kurniawan Firmansyah, & M.Wildan Maulana Arifin. (2025). Masa Masa Perkembangan Anak Menurut Aristoeles, Comenius, Charlotte buhler: Kajian Literatur. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 1184–1196. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2411

Issue

Section

Articles