Membangun Karakter Islami di Era Digital: Tantangan dan Solusi

Authors

  • Maisy Apriliany Wilanda Universitas Islam Negeri Sultan Syarif kasim Riau
  • Irma Nur Rahmawati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif kasim Riau
  • Sari Primayeni Universitas Islam Negeri Sultan Syarif kasim Riau
  • Herlini Puspika Sari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.940

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa dampak besar terhadap pembentukan karakter, khususnya dalam mempertahankan nilai-nilai Islami di tengah arus informasi global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dalam membangun karakter Islami di era digital dan mengeksplorasi strategi efektif yang dapat diterapkan. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif-analitis terhadap berbagai literatur terkait karakter Islami, pengaruh teknologi, dan strategi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi digital dapat menjadi peluang sekaligus ancaman bagi pembentukan karakter Islami, tergantung pada cara pemanfaatannya. Tantangan utama meliputi etika digital yang rendah, penyebaran informasi yang menyesatkan, dan menurunnya interaksi sosial yang sehat. Pendidikan karakter berbasis Islam, yang diperkuat melalui peran aktif pendidik, orang tua, dan lingkungan, terbukti mampu menjadi solusi dalam menghadapi tantangan ini. Strategi yang efektif mencakup literasi digital Islami, pendekatan pembelajaran kontekstual, serta keteladanan orang tua dan guru. Kesimpulannya, pembentukan karakter Islami di era digital membutuhkan sinergi lintas pihak dan pemanfaatan teknologi secara bijak agar nilai-nilai Islam tetap relevan dan membumi dalam kehidupan generasi muda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, R., & Sucihati, M. (2020). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI LITERASI DIGITAL SEBAGAI STRATEGI MENUJU ERA SOCIETY 5.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. https://doi.org/10.53746/perspektif.v16i2.120

Annisa, I. C., Agustina, I., Khasanah, L. N., & Apriliyani, N. (2024). Menempa Generasi Berkarakter: Kajian Pustaka Tentang Strategi Efektif Pendidikan Karakter di Era Digital. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3), 1–23.

Aziz, R. A., Fitriyanti, Y., Rohman, F., Islam, U., & Ulama, N. (2023). Tantangan Pendidikan Karakter Islami di Era Teknologi. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 20(1), 47–62.

Dina Mufidah dkk. (2020). Integrasi Nilai-nilai Islami dan Penguatan Pendidikan Karakter (Arisul Ulumuddin (ed.); cet 1). UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press.

Efendi, E., Raefaldhi, M., & Al Farisi, M. S. (2023). Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Berdakwah. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(1), 12–20. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i1.3218

Hajri, M. F. (2023). Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang pada Abad 21. Al-Mikraj , 4(1), 33–41.

Hasanah, U., Prasasti, E. P., Febriani, E., & Hasanah, I. F. (2024). Jurnal Pendidikan Membangun Karakter Generasi Digital Melalui Literasi Digital Perspektif Pendidikan Islam. Equilibrium, 7(2), 138–144.

Herman. (2024). Pengaruh Komunikasi Digital Terhadap Pola Komunikasi Pada Nilai- Nilai Budaya Masyarakat Modern. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 11(2), 505–510.

Nurhayati, M. A., Wirayudha, A. P., Fahrezi, A., Pasama, D. R., & Noor, A. M. (2023). Islam Dan Tantangan Dalam Era Digital: Mengembangkan Koneksi Spiritual Dalam Dunia Maya. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 5(1), 1–27. https://doi.org/10.32665/alaufa.v5i1.1618

Pendidikan, J., Dini, U., Agustus, N., & Rahim, M. K. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri 116 Buton Kabupaten Buton berupaya menyempurnakan iman , takwa , dan berakhlak mulia , akhlak mulia mencakup etika , mengembangkan nilai budaya dan kara. 5(3), 178–185.

Permana, I. S., Ngiliyun, A., & Ahmad Subagia, H. (2023). Upaya Meningkatkan Etika Bermedia Digital Bagi Siswa Di Smp Pgri Karangampel. ADIMA Jurnal Awatara Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 25–30. https://doi.org/10.61434/adima.v1i1.133

Sunan, U. I. N., Djati, G., & Copyright, C. A. (2024). Meriva: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam. November, 125–138.

Syifa, A., & Ridwan, A. (2024). Social Studies in Education Pendidikan Karakter Islami di Era Digital : Tantangan dan Solusi Berdasarkan Pemikiran Sosial Imam Al-Ghazali A . Introduction Dalam era digital yang terus berkembang pesat , pendidikan karakter menjadi salah satu prioritas. 02(02), 107–122.

Syifa, F. F., Furqon, M., & Setiawan, B. (2025). Pembelajaran Berbasis Digital di Era Revolusi Indutri 5 . 0. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(1).

Umami, S., & Andayani, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Pemahaman Remaja Tentang Ajaran Agama Islam. Tsaqofah, 3(6), 1373–1379. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i6.2687

Wahyuningtiyas, I. (2019). Upaya Pembentukan Karakter Islami Siswa Melalui Kegiatan Spiritual Camp Di MAN Bondowoso. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Downloads

Published

2025-05-01

How to Cite

Maisy Apriliany Wilanda, Irma Nur Rahmawati, Primayeni, S., & Sari, H. P. (2025). Membangun Karakter Islami di Era Digital: Tantangan dan Solusi. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 567–573. https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.940

Issue

Section

Articles