Peran Pendidikan Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Multikulturalisme di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.939Abstract
Di tengah keragaman budaya dan etnis di Indonesia, pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai multikulturalisme sebagai upaya membangun harmoni dan toleransi di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana peran pendidikan Islam dalam menanamkan nilai-nilai multikulturalisme di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dimana seluruh data diambil melalui buku dan jurnal ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam sangat sejalan dengan nilai-nilai multikulturalisme, yaitu menghargai perbedaan budaya, agama, dan etnis. Pendidikan Islam berperan dalam membentuk karakter multikultural dengan menanamkan nilai toleransi, moderasi, dan keadilan sosial melalui kurikulum yang terintegrasi, peran guru, serta kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu, pendidikan Islam juga dapat mengurangi potensi konflik sosial dan memperkuat keharmonisan dalam masyarakat yang plural. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya penerapan pendidikan Islam berbasis multikultural di sekolah untuk menciptakan generasi yang mampu hidup harmonis dalam keberagaman.
Downloads
References
Amin, M. (2018). Pendidikan Multikultural. Jurnal Kajian Islam Kontemporer,9(1), 30
Asror, M. (2024). Posisi Pendidikan Islam dan Pengaruhnya Pada Isu Multikulturalisme. Jurnal Riset Pendidikan Islam, 10(1), 44.
Choli. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 55.
Faisal, Setiawan. (2024). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Antar Umat. Schoulid: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(2), 70.
Firdaus. (2024). Tantangan dan Peluang Multikulturalisme Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 88.
Halim. (2022). Model Pembelajaran Multikulturalisme Guru Pendidikan Agama Islam. Chalim Journal Of Teaching and Learning, 2(2), 20.
Junaidi, Suryanto. (2022). Urgensi dan Signifikansi Pendekatan Multikultural Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Jadwa: Jurnal Studi Islam, 2(1), 25.
M. Najmi Hayat. (2025). Strategi Pendidikan Islam Dalam Membangun Karakter Multikultural Pada Peserta Didik. Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Filsafat, 2(1), 45.
Mahsun, M. (2019). Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah: Studi Terhadap Upaya Membina Karakter Siswa di SMKN 1 Gerung. Jurnal Penelitian Keislaman, 15(1), 12.
Nasrodin. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum 2013 di SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi. Mumtaz: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 5-6.
Suharsono. (2017). Pendidikan Multikultural. Edusiana: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 4(1), 7-9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hilwa Nurul Fikriyah, Putri Nabilah, Herlini Puspika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.