Peran Guru Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1

Authors

  • Hidayatulloh Universitas Al Qolam Malang
  • Muhammad Husni Universitas Al Qolam Malang

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.817

Abstract

Pendidikan karakter di pesantren memiliki peran penting dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia, bermoral, dan bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran guru dalam mengembangkan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1, dengan fokus pada implementasi nilai-nilai akhlak seperti kejujuran, disiplin, dan integritas. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini menemukan bahwa guru di pesantren tidak hanya bertindak sebagai pengajar, tetapi juga sebagai teladan yang memberikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari. Guru menggunakan berbagai metode, termasuk keteladanan, pembiasaan positif, dan pendekatan diskusi untuk menginternalisasikan nilai-nilai karakter. Meskipun dihadapkan pada tantangan seperti keterbatasan waktu, keragaman latar belakang santri, dan minimnya pelatihan untuk guru, pesantren berhasil menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan karakter melalui kolaborasi dengan pengelola pesantren dan pemanfaatan tradisi lokal. Pendidikan karakter di pesantren juga mengintegrasikan dimensi spiritual dan sosial, menjadikannya model pendidikan yang relevan untuk mengatasi tantangan moral di era modern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, Muhamad, Ari Kartiko, Ibnu Rusydi, M. Afif Zamroni, and Moch Sya’Roni Hasan. “The Existence of Madrasah Ibtidaiyah Based on Pesantren: Challenges and Opportunities in The Digital Era.” Munaddhomah 5, no. 4 (2024): 367–82. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v5i4.1401.

BIN, A A L I Z Z. “Konsep Pendidikan Karakter Dalam Kitab Syajarotul Ma’Arif Wal Ahwal Karya Syekh.” Eprints.Walisongo.Ac.Id 2, no. 1 (2025). https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22020/%0Ahttps://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22020/1/1903016152_Rahman Hakim_Lengkap Tugas Akhir - muhammad abdul rahman hakim.pdf.

Kulsum, Ummi, and Abdul Muhid. “Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Digital.” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 12, no. 2 (2022): 157–70. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2287.

Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, and Anjani Putri Belawati Pandiangan. “Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial 1, no. 3 (2022): 290–98. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53.

Nurhayati, Desti, Isnaini Yuliana Ekasari Ekasari, and Rosa Nur Ani Ani. “Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Untuk Mengatasi Dekadensi Moral Anak: Literature Review.” Indo-MathEdu Intellectuals Journal 5, no. 1 (2024): 433–46. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.607.

Thomas Lickona, Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility (New York: Bantam Books, 1991)

Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai (Jakarta: LP3ES, 1982)

Mukti Ali, "Pesantren dan Pendidikan Karakter di Indonesia," Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2019)

Thomas Lickona, Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility (New York: Bantam Books, 1991)

Lawrence Kohlberg, The Philosophy of Moral Development (San Francisco: Harper & Row, 1981)

Kemendikbud, "Penguatan Pendidikan Karakter," Modul Pendidikan Karakter (Jakarta: Kemendikbud, 2017)

John Dewey, Democracy and Education (New York: Macmillan, 1916)

Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai (Jakarta: LP3ES, 1982)

Mukti Ali, "Peran Guru dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Islam," Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2020)

Wahid Hasyim, "Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren," Jurnal Pendidikan Pesantren 5, no. 2 (2018)

Abdul Munir, Pesantren dan Transformasi Pendidikan Islam (Yogyakarta: LKiS, 2010)

Masdar F. Mas’udi, Dinamika Pesantren di Era Modern (Jakarta: Pustaka LP3ES, 2001)

H.A. Sahal Mahfudh, Nuansa Fiqih Sosial (Yogyakarta: LKIS, 2006)

Mohammad Ali Aziz, Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015)

K.H. Abdurrahman Wahid, Islamku, Islam Anda, Islam Kita (Jakarta: The Wahid Institute, 2006)

Robert K. Yin, Case Study Research: Design and Methods (Thousand Oaks: Sage Publications, 2014)

Creswell, J.W., Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Los Angeles: Sage Publications, 2014)

Stake, R.E., The Art of Case Study Research (Thousand Oaks: Sage Publications, 1995)

Mukti Ali, "Pesantren sebagai Basis Pendidikan Karakter," Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (2021)

Maxwell, J.A., Qualitative Research Design: An Interactive Approach (Thousand Oaks: Sage Publications, 2005)

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2015), 218.Esterberg, K.G.,

Qualitative Methods in Social Research (New York: McGraw-Hill, 2002)

Spradley, J.P., Participant Observation (New York: Holt, Rinehart, and Winston, 1980

Bowen, Glenn A., "Document Analysis as a Qualitative Research Method," Qualitative Research Journal 9, no. 2 (2009)

Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai (Jakarta: LP3ES, 1982)

Abdul Munir, "Keteladanan Guru dalam Pendidikan Karakter di Pesantren," Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (2021)

Mukti Ali, "Peran Guru dalam Membentuk Akhlak Santri," Jurnal Pendidikan Karakter 9, no. 1 (2020)

Wahid Hasyim, Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren (Jakarta: Kencana, 2019)Creswell, J.W., Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (Boston: Pearson, 2014)

Masdar F. Mas’udi, Dinamika Pesantren di Era Modern (Jakarta: Pustaka LP3ES, 2001).

Esterberg, K.G., Qualitative Methods in Social Research (New York: McGraw-Hill, 2002)

Maxwell, J.A., Qualitative Research Design: An Interactive Approach (Thousand Oaks: Sage Publications, 2005)

Thomas Lickona, Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility (New York: Bantam Books, 1991)

Mohammad Ali Aziz, Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015)

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2015)

H.A. Sahal Mahfudh, Nuansa Fiqih Sosial (Yogyakarta: LKIS, 2006)

Bowen, Glenn A., "Document Analysis as a Qualitative Research Method," Qualitative Research Journal 9, no. 2 (2009)

John Dewey, Democracy and Education (New York: Macmillan, 1916)

Spradley, J.P., Participant Observation (New York: Holt, Rinehart, and Winston, 1980)

Abdul Wahid, "Peran Pesantren dalam Membangun Kepemimpinan Santri," Jurnal Kepemimpinan Islam 7, no. 1 (2019)

K.H. Abdurrahman Wahid, Islamku, Islam Anda, Islam Kita (Jakarta: The Wahid Institute, 2006)

Downloads

Published

2025-02-04

How to Cite

Hidayatulloh, & Muhammad Husni. (2025). Peran Guru Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3(1), 333–342. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.817

Issue

Section

Articles