Konsep Kurikulum Pendidikan; Interpretasi Bagi Guru Dalam Mendesain Pembelajaran

Authors

  • Arsyad UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Safitriani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v2i1.68

Abstract

Pendidikan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan masa kini, bahkan diera globalisasi ini tingkat pendidikan mempengaruhi daya saing baik perseorangan maupun daya saing bangsa di internasional. Maka dari itu salah satu instrumen penting dalam menunjang proses pembelajaran agar terpadu dan merata ialah dengan menerapkan kurikulum yang sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan konsep kurikulum pendidikan.  metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, Pengumpulan data dilakukan dengan mencari atau meneliti beberapa buku, jurnal dan dokumen baik dalam format cetak maupun elektronik, serta informasi atau sumber data lain yang relevan dengan kajian atau penelitian. Hasil penelitian ini dapat diuraikan bahwa Konsep kurikulum berkembang seiring dengan perkembangan teori dan praktik pendidikan, Kurikulum dalam pendidikan merupakan inti pendidikan dan menjadi ciri sekolah sebagai lembaga yang bergerak di bidang jasa pendidikan. Konsep kurikulum terdiri dari 5 konsep yaitu; (a) Konsep kurikulum mata pelajaran akademik, (b) Konsep kurikulum proses pengembangan kognitif, (c) Konsep rekonstruksi kurikulum, (d) Konsep kurikulum humanistik, (e) Konsep kurikulum teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahid, N. (2006). Konsep Dan Teori Kurikulum Dalam Dunia Pendidikan. Islamica: Jurnal Studi Keislaman, 1(1), 12–29.

Anda Juanda, A. (2014). Landasan Kurikulum Dan Pembelajaran Berorientasi Kurikulum 2006 Dan Kurikulum 2013.

Ayu Maria Lestari, Nurwili,Syarifah Wahyuni, Nurul Azian, “Implementasi Pembelajaran Seni Rupa Menggambar Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik, “DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Volume 2 Nomor 1 (2024).

Bisri, M. (2020). Komponen-Komponen Dan Model Pengembangan Kurikulum. Prosiding Nasional, 3, 99–110.

Chamisijatin, L., & Permana, F. H. (2020). Telaah Kurikulum (Vol. 1). Ummpress.

Dewi, Y. A. S. (2014). Analisis Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Di Sekolah Dasar Negeri Pisang Candi 1 Malang. Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 1(2), 94–109.

Dja’far, A. B., & Yunus, S. P. I. (2021). Manajemen Pendidikan Islam (Konsep, Prinsip, Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Islam). Penerbit Adab.

Fenny Faniati & Padli, “Penguatan Sikap Toleransi Dalam Menumbuh kembangkan Nilai Moderasi Beragama anak usia dini, “DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Volume 2 Nomor 1 (2024).

Halil, H., & Ulumpamekasan, S. M. (2015). Inovasi Kurikulum Pesantren Dalam Memproyeksikan Model Pendidikan Alternatif Masa Depan. Jurnal Studi Keislaman, 7(2), 1–23.

Hamdayama, J. (2022). Metodologi Pengajaran. Bumi Aksara.

Hermawan, Y. C., Juliani, W. I., & Widodo, H. (2020). Konsep Kurikulum Dan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 34–44.

Hasan Syahrizal & Putri Nova Liani, “Teknik Merumuskan Judul Penelitian Ilmiah Pada Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Ruang Lingkup Pendidikan Anak Usia Dini, “DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Volume 2 Nomor 1 (2024).

Irsad, M. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah (Studi Atas Pemikiran Muhaimin. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 1(2), 230–245.

Marjuni, A., & Harun, H. (2019). Penggunaan Multimedia Online Dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah, 3(2), 194–204.

Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75–81.

Nawawi, I. (2022). Bab 4 Manajemen Kurikulum. Manajemen Pendidikan, 49.

Nurhayati, N. (2020). Telaah Kurikulum: Sebuah Pengantar Mata Kuliah Telaah Kurikulum Di Perguruan Tinggi Agama Islam Yang Mengacu Kkni.

Nurmadiah, N. (2014). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 2(2).

Putra, N. (2016). Penilaian Autentik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Smp Negeri 4 Pariaman. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 203–218.

Romiszowski, A. J. (2016). Designing Instructional Systems: Decision Making In Course Planning And Curriculum Design. Routledge.

Salamun, A., & Nata, A. (2023). Pelaksanaan Evaluasi Dan Pengembangan Konsep Kurikulumpendidikan Islam Sebagai Rekonstruksi Sosial Dan Rasionalisasi Akademik. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(3), 1023–1036.

Suparman, D. T., & Pd, M. (2020). Kurikulum Dan Pembelajaran. Penerbit Cv. Sarnu Untung.

Suprihatin, S. (2017). Pendekatan Humanistik Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 3(1), 82–104.

Syukrianto, S. (2019). Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Dalam Membentuk Karakter Lulusan Siswa Sma 2 Darul Ulum Rejoso Jombang. Jurnal Mitra Manajemen, 3(3), 268–282.

Wafi, A. (2017). Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 133–139.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Arsyad, & Safitriani. (2024). Konsep Kurikulum Pendidikan; Interpretasi Bagi Guru Dalam Mendesain Pembelajaran. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 2(1), 53–62. https://doi.org/10.61104/jq.v2i1.68

Issue

Section

Articles