Analisis Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas V SDN 32 Sungai Jaring
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1043Abstract
Keterampilan menulis merupakan bagian penting dari penguasaan bahasa yang mendukung kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan sistematis siswa sekolah dasar. Namun, banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis teks eksplanasi yang sesuai dengan kaidah dan struktur yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas V SDN 32 Sungai Jariang. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes menjawab soal dan penugasan menulis teks eksplanasi, yang kemudian dianalisis menggunakan rubrik penilaian mencakup aspek judul, struktur, isi, kebahasaan, dan mekanik penulisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima siswa yang menjadi subjek penelitian memperoleh skor di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dengan kesalahan pada struktur teks, penggunaan ejaan, dan keterpaduan informasi. Temuan ini menunjukkan perlunya bimbingan intensif dan strategi pembelajaran yang lebih adaptif serta kolaboratif antara guru, siswa, dan orang tua untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran Bahasa Indonesia yang lebih relevan dan kontekstual bagi siswa.
Downloads
References
Anggun Floresita Ramadani, Sovi Helena Safitri, Chandra Chandra, & Tiok Wijanarko. (2024). Analisis Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar . PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 4(3), 219–227. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i3.1489
Anwar, K., Andayani, D., & Hidayat, M. (2021). Penilaian berbasis kompetensi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 21(1), 12–21. https://doi.org/10.1234/jpbs.v21i1.4567
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Febrina, A. H., Pratiwi, N., & Saputra, B. (2024). Eksplorasi proses pembelajaran teks eksplanasi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa, 29(2), 105–115. https://doi.org/10.5678/jpb.v29i2.789
Luh, P. A., Suparsa, N., & Suputra, P. (2023). Pembelajaran teks eksplanasi dalam kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 10(2), 145–153. https://doi.org/10.1234/jpbi.v10i2.890
Resmini, N., & Kustyowati, I. (2022). Strategi pembelajaran menulis teks di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 9(1), 23–31. https://doi.org/10.5678/jpdi.v9i1.123
Ramadini, R., Murniviyanti, L., & Fakhrudi, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran RADEC Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa di SD Negeri 06 Payung. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1647
Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2).
Sari, Y. W., & Kosasih, E. (2019). Pemanfaatan Infografis Animasi Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi. Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Setiawan, D., Hartati, T., & Sopandi, W. (2019). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Melalui Model Read, Answer, Disscuss, Explain, And Create (Radec). Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1575
Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2).
Sulistiani, P., & Amalia, F. N. (2022). Minat Membaca Dan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.52333/didactique.v3i1.884
Yulistiani, D., & Indihadi, D. (2020). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3). https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i3.25625
Telaumbanua, N., & Harefa, M. (2022). Pengembangan rubrik penilaian teks dalam kurikulum 2013. Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 11–20. https://doi.org/10.1234/jipbsi.v8i1.456
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fifi Junia Deswita, Chandra, Inggria Kharisma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.