Penilaian Pembelajaran Teks Persuasi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 26 Payakumbuh

Authors

  • Gintan Indah Permata Sari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Chandra Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Inggria Kharisma Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1042

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan hasil pelaksanaan penilaian pembelajaran teks persuasi pada siswa kelas V sekolah dasar dalam konteks pembelajaran berbasis rumah. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif selama dua bulan di SDN 26 Payakumbuh, penelitian ini melibatkan lima siswa dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki sikap positif terutama pada aspek gotong royong dan integritas, dengan skor rata-rata 18–19. Pemahaman struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi dinilai cukup baik melalui soal pilihan ganda, sedangkan dalam keterampilan menulis dan lisan masih ditemukan variasi kemampuan yang memerlukan bimbingan lebih lanjut. Penelitian ini juga menemukan kendala utama berupa variasi kemampuan siswa dan keterbatasan media pembelajaran, yang dapat diatasi melalui pendekatan personal dan adaptif dari guru serta keterlibatan aktif orang tua. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan metode penilaian berbasis rumah yang relevan dan efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, K., Andayani, D., & Hidayat, M. (2021). Penilaian berbasis kompetensi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 21(1), 12–21. https://doi.org/10.1234/jpbs.v21i1.4567

Aida Hesti Febrina, Yulia Asfitri, Chandra Chandra, & Tiok Wijanarko. (2024). Analisis Kemampuan Siswa Kelas 5 SD dalam Menulis Teks Persuasif di Sekolah Dasar. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 3(1), 166–170. https://doi.org/10.55606/protasis.v3i1.151

Febrina, A. H., Pratiwi, N., & Saputra, B. (2024). Eksplorasi proses pembelajaran teks persuasi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa, 29(2), 105–115. https://doi.org/10.5678/jpb.v29i2.789

Luh, P. A., Suparsa, N., & Suputra, P. (2023). Pembelajaran teks persuasi dalam kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 10(2), 145–153. https://doi.org/10.1234/jpbi.v10i2.890

Resmini, N., & Kustyowati, I. (2022). Strategi pembelajaran teks persuasi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 9(1), 23–31. https://doi.org/10.5678/jpdi.v9i1.123

Sari, M., & Putra, Y. (2021). Peran guru dan orang tua dalam penilaian pembelajaran berbasis rumah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(3), 207–215. https://doi.org/10.5678/jpp.v15i3.321

Telaumbanua, N., & Harefa, M. (2022). Pengembangan pembelajaran teks persuasi dalam kurikulum 2013. Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 11–20. https://doi.org/10.1234/jipbsi.v8i1.456

Downloads

Published

2025-05-28

How to Cite

Gintan Indah Permata Sari, Chandra, & Kharisma, I. (2025). Penilaian Pembelajaran Teks Persuasi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 26 Payakumbuh. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 869–874. https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1042

Issue

Section

Articles