Kontribusi Pendidikan Islam terhadap Pembentukan Etika Konsumsi Islami

Authors

  • Nur Isra' Ahmad Universitas Negeri Makassar https://orcid.org/0009-0004-5917-5603
  • Supriadi Supriadi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Khaerunnisa Khaerunnisa Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2367

Keywords:

Pendidikan Islam, Etika Konsumsi, Nilai Syariah, Literasi Digital

Abstract

Fenomena konsumsi dalam masyarakat modern telah bergeser dari sekadar pemenuhan kebutuhan dasar menuju gaya hidup yang konsumtif, materialistik, dan sering kali tidak sejalan dengan nilai-nilai Islam. Pergeseran ini menghadirkan tantangan etis yang kompleks bagi umat Muslim, terutama dalam konteks globalisasi dan digitalisasi yang mendorong perilaku konsumsi impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi pendidikan Islam dalam membentuk etika konsumsi Islami melalui integrasi nilai-nilai tauhid, kesederhanaan, keseimbangan, dan tanggung jawab sosial dalam kurikulum, metode pembelajaran, dan budaya sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan library research dengan menelaah literatur ilmiah relevan dari tahun 2015 hingga 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam berperan signifikan dalam menanamkan prinsip halalan thayyiban, menginternalisasikan nilai anti-israf dan tabdzir, serta menguatkan literasi etika konsumsi peserta didik di era digital. Implikasinya, pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran perlu diarahkan untuk membentuk konsumen Muslim yang bijak, bertanggung jawab, dan berorientasi pada keberlanjutan sosial sesuai dengan prinsip syariah

References

Abdusshomad, A. (2020). Penerapan sifat qanaah dalam mengendalikan hawa nafsu duniawi. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 21–33.

Anjelina, J., Fadhil, M., Albahi, M., & Syahpawi, S. (2024). Prinsip dasar dan aspek filosofis dalam konsumsi ekonomi syariah. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 317–328. https://doi.org/10.30829/ajei.v9i2.22865

Astuti, R. F., Ulfah, M., & Ellyawati, N. (2022). Pengaruh modernitas dan gaya hidup terhadap perilaku konsumsi mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 14(2), 237–245.

Atika, M., & Sayekti, R. (2023). Studi literatur review sistem informasi perpustakaan berbasis Artificial Intelligence. Journal of Information and Library Science, 14(1). https://doi.org/10.20473/pjil.v14i1.46405

Bahiyah, K., & Acetylena, S. (2025). Pengembangan teknologi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis nilai Islam di MTs Al-Khoirot. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 799–807.

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem based learning (PBL): Suatu model pembelajaran untuk mengembangkan cara berpikir kritis peserta didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69.

Devi, E. K., Agustriani, N., & Suciningtyas, R. (2025). Kontribusi pendidikan Islam dalam pengembangan ekonomi berbasis etika syariah. Pandai: Jurnal Pendidikan, 1(1), 27–34.

Dewantara, M. I. (2024). Integrasi nilai-nilai Islam di setiap mata pelajaran: Pemetaan model dan tantangan implementasi kurikulum Merdeka. ALMUSTOFA: Journal of Islamic Studies and Research, 1(1), 223–233.

Fathurrahman, A. (2023). Best practice layanan kantin sekolah: Sehat, cinta lingkungan, dan motivasi jiwa kewirausahaan. PEDAGOGIKA, 14(1), 64–74.

Fatimah, S., Zen, N. H., & Fitrisia, A. (2025). Literatur riview dan metodologi ilmu pengetahuan khusus. Innovative: Journal of Social Science Research, 5(1), 41–48.

Habibullah, E. S. (2017). Etika konsumsi dalam Islam. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(1), 90–102.

Hadi, N. F., & Afandi, N. K. (2021). Literature review is a part of research. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 1(3), 64–71.

Harini, N., Ma’ruf, H., & Fidzi, R. (2025). Integrasi nilai-nilai pendidikan Islam dan moderasi beragama dalam membangun karakter remaja di era multikultural. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 152–166.

Hasibuan, N. H., Sibuea, P., Rambe, N., Ningsih, D. S., & Utami, W. (2024). Optimalisasi pembelajaran melalui pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran. Counselia: Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(1), 202–213.

Hasmiza, H. (2025). Model kurikulum pendidikan Islam di era digital: Mengoptimalkan teknologi untuk pembelajaran yang inovatif. Research and Development Journal of Education, 11(1), 164–177.

Istiqomah, D. (2025). Pembayaran digital, kekayaan, dan fitur belanja terhadap perilaku konsumtif: Peran literasi keuangan. Jurnal Ekonomi Trisakti, 5(2), 823–832.

Kusasih, I. H., & Satria, D. (2024). Strategi pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 562–568.

Mahanum, M. (2021). Tinjauan kepustakaan. ALACRITY: Journal of Education, 1–12.

Mahrus, M. (2021). Manajemen kurikulum dan pembelajaran dalam sistem pendidikan nasional. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 41–80.

Mahsun, M., Muamilah, H., Rahmatika, T., & Ridho, M. Z. (2024). The role of Islamic economic education in forming sharia-based consumption patterns: A qualitative study of college students. Journal Micro Economic Sharia, 1(1), 28–36.

Muhammad, I., & Adam, A. (2024). Peningkatan keterampilan berpikir kritis di perguruan tinggi melalui metode diskusi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(5), 983–990.

Muzakki, Z. (2023). Integrasi ilmu ekonomi Islam dan pendidikan agama Islam era society 5.0. Islamic Banking & Economic Law Studies (I-BEST), 2(1), 51–74.

Nadhifah, S. N., & Syakur, A. (2025). Etika konsumsi dan tantangan hedonisme perspektif Al-Qur’an dan Hadis. Jesya: Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah, 8(1), 557–568.

Naldi, A., Oktaviandry, R., & Gusmaneli, G. (2024). Model pembelajaran role playing dalam meningkatkan fokus peserta didik. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 133–140.

Pebrianto, T. P. (2025). Sign value minimarket yang mempengaruhi perilaku konsumsi masyarakat di Desa Nusa Indah Kabupaten Tanah Laut. Huma: Jurnal Sosiologi, 4(3), 324–335. https://doi.org/10.20527/h-js.v4i3.548

Pramesti, S. A., & Ihwanudin, N. (2021). Etika konsumsi dalam mencapai falah. Moderation: Journal of Islamic Studies Review, 1(2), 13–28.

Rahayu, S. P., Roesminingsih, E., & Hariyati, N. (2022). Pembentukan karakter peserta didik melalui manajemen budaya sekolah di tingkat sekolah dasar. JDMP: Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 7(1), 61–72.

Raihanun, S., & Martiana, A. (2025). Perilaku konsumsi terhadap nilai-nilai Islam. Al-Qardhu, 4(1), 73–82.

Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42–51.

Sadid, A. (2021). Hubungan intensitas belajar ekonomi, gaya hidup siswa dan prestasi belajar ekonomi terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa kelas XI paket C setara SMA. JIV: Jurnal Ilmiah Visi, 16(2), 49–60.

Sari, A. P. (2025). Doom spending dalam perspektif hukum ekonomi syariah: Israf dan tabdzir. ESKALASI, 1(1), 31–44.

Sari, M. N., Susmita, N., & Ikhlas, A. (2025). Melakukan penelitian kepustakaan. Pradina Pustaka.

Sartika, D., Ulya, M., Azzahra, F. F., Irnawati, I., Hidayati, F. N., & Pramono, D. (2024). Fenomena penggunaan e-commerce terhadap perilaku konsumsi mahasiswa. WISSEN: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(3), 335–350. https://doi.org/10.62383/wissen.v2i3.287

Sartika, Y., Sa’diah, H., Halisa, S. N., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2025). Pendidikan karakter: Implementasi program zero waste di sekolah dasar. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 3(1), 102–110.

Septiana, A. (2015). Analisis perilaku konsumsi dalam Islam. Dinar: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 2(1).

Sholikhah, P. M. (2024). Penerapan metode diskusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Ilmu, 1(3), 67–71.

Sufiansyah, J., & Wahyuni, R. S. (2025). Krisis konsumerisme kapitalistik: Solusi Islam melalui gaya hidup halal minimalis dan koperasi syariah. Journal of Islamic Economics Studies and Practices, 4(1), 117–124. https://doi.org/10.54180/jiesp.2025.4.1.117-124

Suryadinata, A. M. I., & Fatma, N. (2025). Metode ceramah dalam pendidikan Islam: Keuntungan dan keterbatasannya. Jurnal Kolaboratif Sains, 8(6), 3458–3467.

Tafonao, W. H., Manik, A. C., Hulu, M. P. S., & Hasibuan, Y. S. D. (2024). Efektivitas metode ceramah dan diskusi terhadap pemahaman materi sejarah siswa di sekolah menengah atas. Toga Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 100–106.

Wahyuni, S. W. S., Saputra, H. Y., & Jannah, M. (2025). Nilai-nilai pendidikan tauhid dalam Al-Qur’an dan implikasinya terhadap pembelajaran PAI. Jurnal Abshar, 6, 22–28.

WN, M. R. A., Dayanti, L. D., Umi, I. F., & Malik, A. (2025). Konsumsi dalam ekonomi Islam. Al-A’mal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 2(1), 77–88.

Yonatan, A. Z. (2025, August). E-commerce Shopee jadi e-commerce yang paling banyak diakses di Indonesia 2025. Goodstats.id.

Yustiana, D., Vitasari, D., Anjelina, N., Andrian, F., & Adiwijaya, S. N. (2025). Integrasi jaringan sekolah Islam terpadu (JSIT) dan kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(1), 748–759.

Yusuf, I. A., & Abbas, F. M. (2025). Inovasi kurikulum pendidikan Islam di perguruan tinggi: Integrasi tauhid, sains, dan teknologi. HASBUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 142–152.

Zufar, M., Tamrin, M. B. I., & Aziz, H. A. (2024). Internalisasi nilai keimanan pada materi ‘Makanan & Sistem Pencernaan Manusia’ pada mata pelajaran IPA kelas VIII. Islamic Learning Horizons: Journal of Islamic Education, 1(4), 202–213.

Downloads

Published

2025-10-13

How to Cite

Ahmad, N. I., Supriadi, S., & Khaerunnisa, K. (2025). Kontribusi Pendidikan Islam terhadap Pembentukan Etika Konsumsi Islami. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 1019–1030. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2367

Issue

Section

Articles