Dialektika Tradisi dan Inovasi dalam Filsafat Pendidikan Ahmad Dahlan: Relevansinya terhadap Reformasi Nilai Pesantren

Authors

  • Mas'ady Ashabul Kahfi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2333

Keywords:

Ahmad Dahlan, Filsafat Pendidikan Islam, Tradisi, Inovasi

Abstract

Pendidikan Islam Indonesia dihadapkan pada tantangan menjaga tradisi pesantren sekaligus beradaptasi dengan tuntutan modernitas. Penelitian ini bertujuan menguraikan struktur nilai tradisi pesantren, menelaah pemikiran pendidikan Ahmad Dahlan melalui dimensi ontologis, epistemologis, dan aksiologis, serta menafsirkan relevansinya bagi reformasi nilai pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka dan analisis isi terhadap karya primer Ahmad Dahlan dan literatur akademik sekunder bereputasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi pesantren mengandung sistem nilai yang mencerminkan kesinambungan otoritas keilmuan, transmisi pengetahuan, dan pembentukan karakter spiritual. Pemikiran Ahmad Dahlan menghadirkan sintesis yang mereposisi nilai-nilai tradisi dalam bentuk baru: secara ontologis menegaskan manusia sebagai makhluk historis dan rasional, secara epistemologis menggeser pola transmisi ke arah dialogis-kontekstual, dan secara aksiologis menguatkan orientasi sosial dari nilai keagamaan. Temuan ini berkontribusi pada pengembangan filsafat pendidikan Islam dengan memberikan model konseptual reformasi nilai yang menjaga akar tradisi sekaligus mendorong inovasi kelembagaan pesantren.

References

Al Fithri, Q. A., Maula, A. R., Azizah, N. A. W., & Diana, A. E. (2024). Inovasi Kelembagaan Pendidikan Islam Perspektif KH. Ahmad Dahlan dan Relevansinya di Era Modern. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 14(2), 223–238. doi: 10.33367/ji.v14i2.5564

Ali, M., Kuntoro, S. A., & Sutrisno, S. (2016). PENDIDIKAN BERKEMAJUAN: REFLEKSI PRAKSIS PENDIDIKAN K.H. AHMAD DAHLAN. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 4(1), 43–58. doi: 10.21831/jppfa.v4i1.7821

Falahuddin, F. (2017). Gerakan Reformasi Pendidikan Islam di Indonesia Awal Abad Ke-20: Studi Kasus Muhammadiyah. Schemata: Jurnal Pascasarjana UIN Mataram, 6(1), 93–116. doi: 10.20414/schemata.v6i1.838

Fidayanti, P. I., & Tukinah, T. (2020). Pembelajaran Terpadu Dalam Perspektif K.H. Ahmad Dahlan. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 151. doi: 10.29240/belajea.v5i1.935

Harahap, M., & Ahmad, M. (2020). Relevansi Tradisi Pondok Pesantren Dalam Membentuk Sikap Ta’dzim Santri di Pondok Pesantren Dar El-Himkah Kota Pekanbaru. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(2). doi: 10.54621/jiat.v6i2.184

Krippendorff, K. (2019). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology (4th ed.). SAGE Publications, Inc. doi: 10.4135/9781071878781

Musa, M. M., Rahman, M. M., & Nasarruddin, R. B. (2022). IMPLEMENTASI TRADISI PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MIS NU AL-UTSMANI PEKALONGAN. Jurnal Suluh Pendidikan, 10(2), 48–55. doi: 10.36655/jsp.v10i2.782

Mu’thi, A., Mulkhan, A. M., Marihandono, D., & Tim Museum Kebangkitan Nasional. (2015). K.H. Ahmad Dahlan (1868-1923). Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Muzakky, R. M. R., Mahmuudy, R., & Faristiana, A. R. (2024). TRANSFORMASI PESANTREN MENGHADAPI ERA REVOLUSI DIGITAL 4.0 | ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum dan Humaniora. Retrieved from https://ejurnalqarnain.stisnq.ac.id/index.php/ALADALAH/article/view/371

Ratna M, Rama, B., Mahmud, N., & Amiruddin, A. (2023). Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi Filsafat Pendidikan Islam. IQRA : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 3(2), 121–138. Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/iqra/article/view/13660

Ridwan, H. N., Sofyan, D., & Purnama, F. N. (2025). Transformasi Pendidikan Pesantren di Era Modern. Aliansi: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3), 163–186. doi: 10.62383/aliansi.v2i3.909

Rokhmah, D. (2021). Ilmu dalam Tinjauan Filsafat: Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 7(2), 172–186. Retrieved from https://ejurnal.inhafi.ac.id/index.php/cendekia/article/view/124

Shiddiq, A. (2015). TRADISI AKADEMIK PESANTREN. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 218. doi: 10.19105/tjpi.v10i2.826

Sulaiman, S., & Anam, H. (2023). Reaktualisasi Pondok Pesantren Terhadap Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Kalimantan Barat. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah FDIK IAIN Padangsidimpuan, 5(1), 71–88. doi: 10.24952/tadbir.v5i1.7134

Tarik, A. A. (2024). Relevansi Pemikiran KH. Ahmad Dahlan Bagi Perwujudan Pendidikan yang Inklusif. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 3(3). doi: 10.30651/jses.v3i3.24678

Ulya, F., & Nikmah, K. (2024). Upaya Pesantren Dalam Menjaga Tradisi Sanad Keilmuan Di Era Society 5.0. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 14(1), 18–29. doi: 10.22373/jm.v14i1.20668

Yusuf, M., Arifin, A., & Yahya, M. S. (2023). TRADISI PENDIDIKAN DAN PENANAMAN AKHLAK DI PONDOK PESANTREN DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA POST MODERN. MUMTAZ : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 001. doi: 10.69552/mumtaz.v3i1.1736

Zarkasyi, H. F. (2015). Modern Pondok Pesantren: Maintaining Tradition in Modern System. TSAQAFAH, 11(2), 223. doi: 10.21111/tsaqafah.v11i2.267

Zarkasyi, H. F. (2020). Imam Zarkasyi’s Modernization of Pesantren in Indonesia (A Case Study of Darussalam Gontor). QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies), 8(1), 161. doi: 10.21043/qijis.v8i1.5760

Downloads

Published

2025-10-10

How to Cite

Mas’ady Ashabul Kahfi. (2025). Dialektika Tradisi dan Inovasi dalam Filsafat Pendidikan Ahmad Dahlan: Relevansinya terhadap Reformasi Nilai Pesantren. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 989–999. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2333

Issue

Section

Articles