Konsep Islamisasi Ilmu Menurut Pemikiran Syed Naquib al-Attas dan Ismail Raji al-Faruqi

Authors

  • Shafa Kamalia Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2109

Keywords:

Islamisasi ilmu, Syed Naquib al-Attas, Ismail Raji al-Faruqi

Abstract

Dominasi paradigma Barat yang sekuler telah menciptakan dikotomi antara ilmu dan agama, sehingga memunculkan disorientasi intelektual dan krisis epistemologis dalam dunia Islam. Penelitian ini bertujuan menganalisis konsep Islamisasi ilmu menurut Syed Naquib al-Attas dan Ismail Raji al-Faruqi sebagai respons terhadap tantangan sains modern. Dengan pendekatan kualitatif melalui studi kepustakaan, penelitian ini menelaah karya primer kedua tokoh dan literatur sekunder untuk mengkaji gagasan mereka secara komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa al-Attas menekankan pendekatan filosofis-ontologis yang berfokus pada pemulihan adab serta internalisasi nilai-nilai Islam, sementara al-Faruqi menawarkan metodologi struktural dengan dua belas langkah sistematis berbasis prinsip tauhid untuk mengintegrasikan disiplin modern dengan khazanah Islam. Kedua pemikiran ini memiliki keunggulan dan keterbatasan, namun sintesis keduanya menghadirkan paradigma komprehensif yang tidak hanya merekatkan kembali ilmu dan agama, tetapi juga menyediakan kerangka epistemologis bagi pembaruan pendidikan dan peradaban Islam di era global

References

Al-Attas, S. M. N. (2020). Islam dan Sekularisme (Terj. Khalif Muammar A.) (Cet. Pertama). Pusat Pengajian Tinggi Islam, Sains dan Peradaban Raja Zarith Sofiah (RZS-CASIS).

Al-Faruqi, I. R. (1984). Islamisasi Pengetahuan (Terj. Anas Mahyuddin) (Cet. Pertama). Penerbit PUSTAKA.

Aljunied, K. (2019). Deformations of the Secular: Naquib Al-Attas’s Conception and Critique of Secularism. Journal of the History of Ideas, 80(4), 17.

Amma, T., Syaikhoni, Y., & Setiyanto, A. (2023). Komparasi Pemikiran Pendidikan Islam M. Naquib Al-Attas dan Ismail Raji Al-Faruqi. Educate: Journal of Education and Culture, 1(3), 156.

Badaruddin, K. (2007). Filsafat Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar.

Bistara, R. (2021a). Gerakan Pencerahan (Aufklarung) Dalam Islam: Menguak Islamisasi Ilmu Pengetahuan Syed Naquib Al-Attas. Jurnal Al-Aqidah, 13(1), 5.

Bistara, R. (2021b). Islamisasi Ilmu Pengetahuan dalam Bingkai Integrasi-Interkoneksi: Menguak Ide Islamisasi Ilmu Ismail Raji Al-Faruqi. Refleksi, 20(2), 196.

Daud, W. M. N. W. (2003). Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al-Attas. Penerbit MIZAN.

Haneef, M. A. (2005). A Critical Survey of Islamization of Knowledge. Research Gate IIUM.

Hashim, R., & Rossidy, I. (2000). Islamization of Knowledge: A Comparative Analysis of the Conceptions of Al-Attas and Al-Faruqi. Intellectual Discourse, 8(1), 33.

Inayah, F. (2020). Islamisasi Ilmu Pengetahuan: Prinsip Umum dan Rencana Kerja Ismail Raji Al-Faruqi. Kalimah: Jurnal Studi Agama-Agama dan Pemikiran Islam, 18(2), 226.

Iqbal, A. M. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam: Gagasan-Gagasan Besar Para Ilmuwan Muslim (Cet. Pertama). Pustaka Pelajar.

Kholiq, A., Mukti, A., Rohman, A., Wahib, A., Sudja’ie, A. W. A., Muthohar, A., Darmu’in, NC, F. S., Ikhrom, SM, I., Siregar, M., Mustaqim, Raharjo, Thoyib, R., Abdullah, S., & Supriyono, W. (1999). Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Tokoh Klasik dan Kontemporer (Cet. Pertama). Pustaka Pelajar Offset.

Majid, A. A., & Aljunied, K. (2023). Some Reflectons on the Islamization of Knowledge. Al-Shajarah: Journal of the International Institute of Islamic Thought and Civilisation (ISTAC), 28(2), 410.

Mestika, Z. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan (Cet. 3). Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Musa, M. F. (2021). Naquib Al-Attas’ Islamization of Knowledge. ISEAS Publishing.

Muttaqien, G. A. (2019). Pandangan Syed Muhammad Naquib Al-Attas Tentang Islamisasi Ilmu. JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 4(2), 95.

Nidzom, M. F., Zarkasyi, & Lahuri, S. bin. (2023). Merumuskan Rangka Kerja Islamisasi Ilmu Pengetahuan: Islamisasi Worldview, Paradigma, dan Teori (Cet. Pertama). UNIDA Gontor Press.

Ningsih, I. W., Natsir, N. F., & Haryanti, E. (2022). Gagasan Islamisasi Ilmu Pengetahuan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 207.

Nisa, U. W. (2023). Islamization of Knowledge and Its Challenge. 1, 297.

Sawaluddin, Harahap, K. S., Rido, I., & Supriono, I. A. (2022). The Islamization of Science and Its Consequences: An Examination of Ismail Raji Al-Faruqi’s Ideas. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 10(2), 117.

Siregar, I. S., & Siregar, L. M. (2018). Studi Komparatif Pemikiran Ismail Raji Al-Faruqi dan Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Jurnal Al-Hikmah, 15(1), 80.

Sutrisno, A. (2021). Islamisasi Ilmu Pengetahuan Perspektif M. Naquib Al-Attas. Ar-Risalah, XIX(1), 7.

Umar, M. (2020). Classical Foundations of Islamic Educational Thought. 10.

Downloads

Published

2025-10-01

How to Cite

Shafa Kamalia. (2025). Konsep Islamisasi Ilmu Menurut Pemikiran Syed Naquib al-Attas dan Ismail Raji al-Faruqi. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 895–910. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.2109

Issue

Section

Articles