Perbandingan Historis Sistem Pendidikan Kolonial Belanda dan Pendidikan Indonesia Masa Kini
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.1711Keywords:
Pendidikan Kolonial, Pendidikan Indonesia, TransformasiAbstract
Pendidikan di Indonesia telah mengalami transformasi signifikan dari masa kolonial Belanda hingga era modern saat ini. Pada masa kolonial, sistem pendidikan bersifat diskriminatif karena hanya terbatas pada kalangan bangsawan dan anak-anak Eropa, sehingga memperlebar kesenjangan sosial. Sebaliknya, pendidikan Indonesia kontemporer berupaya mewujudkan asas kesetaraan, wajib belajar, dan pengembangan potensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan historis dan konseptual antara sistem pendidikan kolonial Belanda dengan sistem pendidikan Indonesia saat ini. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dengan menelaah berbagai buku sejarah, jurnal akademik, dan dokumen pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem kolonial lebih menekankan kepentingan politik dan ekonomi Belanda, sedangkan pendidikan nasional Indonesia menekankan inklusivitas, demokratisasi, dan kualitas pembelajaran. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya pembelajaran dari sejarah untuk memperkuat arah kebijakan pendidikan nasional yang lebih adaptif, merata, dan berdaya saing global
References
Abbas, S. (2007). Asuransi dan Manajemen Risiko. Jakarta: Grafindo Persada.
Arifin, A. (1995). Ilmu Perbandingan Pendidikan. Jakarta: Golden Terayon Press.
Federspiel, H. M. (2021). Indonesian Education: Colonial Roots and Contemporary Challenges. London: Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003158496
Kawakib, A. M. (2009). Pesantren and Globalization. Malang: UIN Malang Press.
Nasution, S. (1994). Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
OECD. (2019). Education Policy Outlook: Indonesia. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/2b8fddee-en
Prijanto, S. (2010). Raden Arya Prabangkara. Jakarta: Pusat Bahasa.
Schwab, K. (2017). The Fourth Industrial Revolution. New York: Crown Publishing Group.
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
Tilaar, H. A. R., & Nugroho, R. (2020). Kebijakan Pendidikan di Indonesia: Analisis dan Kritik. Jakarta: Grasindo.
Torraco, R. J. (2016). Writing integrative literature reviews: Guidelines and examples. Human Resource Development Review, 15(4), 404–428. https://doi.org/10.1177/1534484316673716
UNESCO. (2022). Reimagining Our Futures Together: A New Social Contract for Education. Paris: UNESCO Publishing.
Zambari, et al. (2023). Perkembangan pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya, 1(5), 77–85.
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Zhao, Y. (2021). Learners Without Borders: New Learning Pathways for All Students. Thousand Oaks, CA: Corwin.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Madyan Madyan, Nada Nada, Fitri Fitri, Mery Mery, Fahria Fahria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.