Media Audio dalam Pembelajaran Tahfidz: Inovasi Technopedagogy di Lembaga Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.1686Keywords:
Media Audio, Pembelajaran, Tahfidz, TechnopedagogyAbstract
Pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di era digital menuntut adanya inovasi agar sesuai dengan karakteristik generasi modern. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan media audio sebagai inovasi technopedagogy dalam pembelajaran tahfidz di Madin Muhammadiyah Bae. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio, seperti rekaman murottal dan aplikasi digital, mampu meningkatkan motivasi belajar, memperlancar proses pengulangan hafalan, serta memperbaiki kualitas bacaan dan tajwid siswa. Media audio juga memberikan fleksibilitas belajar yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja sehingga mendukung kemandirian peserta didik. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa integrasi media audio dalam pembelajaran tahfidz menjadi model technopedagogy yang relevan untuk meningkatkan mutu pendidikan Islam di era teknologi
References
Firmansyah, A. (2023). Problematika pelaksanaan tahfidz Al-Qur’an dengan metode musyafahah di SMP IT Ad Durrah.
Hwang, G. J., & Tsai, C. C. (2011). Research trends in mobile and ubiquitous learning: A review of publications in selected journals from 2001 to 2010. British Journal of Educational Technology, 42(4), E65–E70. https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2011.01183.x
Jakfar, M., Haris, A. R., & Zulfikar, F. (2020). Lembaga tahfizh Al-Qur’an dalam sejarah pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.32832/jpls.v14i1.3320
Km, J. S. I., Badak, K., Bogor, K., & Barat, J. (2024). Penggunaan media audio berbasis MP3 dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an dan hadis pada siswa pondok pesantren Tegal Luhur Bogor. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1).
Muntofingah, M., Suyud El Syam, R., & Nasokah, N. (2023). Penerapan media audio murottal untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa kelas 5 di MI Ma’arif NU 01 Tunjungmuli Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga tahun pelajaran 2023/2024. Alfihris: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(1), 172–184. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i1.669
Nobisa, J., & Usman. (2021). The use of Ummi methods in learning the Qur’an.
Pribadi, B. A. (2017). Media dan teknologi dalam pembelajaran. Kencana.
Rauf, A. A. A. (2004). Kiat sukses menjadi hafidz Qur’an da’iyah. PT. Syaamil Cipta Media.
Sadiman, A. (1993). Media pembelajaran. Rajawali Press.
Shadiev, R., Sun, A., & Huang, Y. M. (2022). Facilitating cross-cultural learning through digital storytelling and audio technologies: Learners’ experiences and perceptions. Educational Technology Research and Development, 70(1), 1–20. https://doi.org/10.1007/s11423-021-10023-4
Siemens, G. (2019). Learning analytics and artificial intelligence: Opportunities and challenges. British Journal of Educational Technology, 50(6), 2839–2849. https://doi.org/10.1111/bjet.12861
Sri Wulandari, S., Mannan, A., Romadhoni, A., & Fitriyah, E. (2023). Peranan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.19105/rjpai.v4i1.7580
Yunus, M. (1990). Kamus Arab-Indonesia. Hidakarya Agung.
Zhang, J., Li, H., & Qin, X. (2021). The impact of mobile-assisted audio learning on students’ motivation and retention in language learning. Computers & Education, 168, 104202. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104202
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zahrotul Inayah, Moh In'ami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.