Efektivitas E-diktat Flipbook Berbantuan Wordwall terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa di MI Tholabiyah

Authors

  • Umi Karomah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.1616

Keywords:

E-Diktat Flipbook, Wordwall, Hasil Belajar Kognitif, IPAS

Abstract

Kemajuan teknologi digital memberikan peluang besar bagi pendidikan untuk menghadirkan pembelajaran yang lebih interaktif dan bermakna. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan e-diktat flipbook berbantuan Wordwall terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V MI Tholabiyah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimental One Group Pretest-Posttest, melibatkan 25 siswa sebagai sampel dengan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji t berpasangan, dan N-Gain dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan e-diktat flipbook berbantuan Wordwall dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Implementasi media ini terbukti cukup efektif dalam membantu siswa memahami konsep IPAS, meningkatkan keterlibatan belajar, serta memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi pendidik dalam mengembangkan strategi pembelajaran berbasis teknologi digital di sekolah dasar

References

Afifah, R. F. N., & Putranto, A. (2023). Penerapan Metode Outdoor Study Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di MTsN 4 Tulungagung. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 208–218. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.7144

Aji Silmi, T., & Hamid, A. (2023). Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Inspiratif Pendidikan, 12(1), 69–77. https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.37347

Akhmad Dalil Rohman, & Tri Noor Khaliza. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Quizizz : Alternatif dalam Meningkatkan Critical Thinking Siswa di Era Abad 21. Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (Mardika), 2(2), 72–79. https://doi.org/10.55377/mardika.v2i2.10159

APJII. (2024, Februari 7). APPJI Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang#:~:text=Terhitung%20sejak%202018%2C%20penetrasi%20internet,dan%20perempuan%2049%2C1%25.

Aziz, R. M., Syam’aeni, M. A., Sya’baniyah, N., & Fatihah, I. C. (2020). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital bagi Siswa Kelas 4 dan 5 SDN Tanjakan 3, Kabupaten Tangerang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 141–148. https://doi.org/https://doi.org/10.30653/002.202051.267

Fadlilah, A. M., Nur, S. H., & Arip, A. G. (2023). Modul Flipbook pada Materi Interaksi Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1884–1891. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5757

Imamah, N., Alfarisi, M., & Aini, I. D. (2024). Membangun Generasi Digital yang Cerdas dengan Strategi Pendidikan Literasi Digital. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 2(4), 74–81. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jipm.v2i4.217

Imran, A., Amini, R., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Model Learning Cycle 5E di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(1), 343–349. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.691

Indrianingsih, L., & Budiarsih, B. (2022). Analisis Hukum Konten Negatif di Platfrom Youtube di Indonesia. Bureaucracy Journal : Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 2(3), 892–916. https://doi.org/10.53363/bureau.v2i3.71

Jenita, J., Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, H., Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi Dalam Menunjang Pembelajaran: Pelatihan Interaktif Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13121–13129. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23614

Junpahira, S. V., & Pahlevi, T. (2023). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MP Di SMK Nurul Islam Gresik. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 149–171. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.7220

Kristiari, S. P., & Cahyadi, F. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran IPA Materi Perubahan Cuaca Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Berbasis Canva Pendidikan. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(1), 78–84. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8102

Kusnadi, E., & Azzahra, S. A. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn di MA Al Ikhlash Padakembang Tasikmalaya. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 323–339. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i2.9526

Matitaputty, J. K., & Sopacua, J. (2023). The Effectiveness of the Learning Cycle 5E Learning Model in an Effort to Improve Learning Outcomes of History. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 740–747. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24816

Meldawati, M. (2022). Pengembangan E-Diktat Berbasis Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII DI MTSN 2 Banjar Tahun Ajaran 2021/2022 [Skripsi, UIN Antasari Banjarmasin]. http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18494

Mokodompit, E. S. (2022). Pengembangan E-Diktat Berbasis Articulate Storyline Materi IPA Kelas IV di SDN Gedog 1 Kota Blitar. Universitas Negeri Malang.

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 151–172.

Putra, L. D., Arlinsyah, N. D., Ridho, F. R., Syafiqa, A. N., & Annisa, K. (2024). Pemanfaatan Wordwall pada Model Game Based Learning terhadap Digitalisasi Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 81–95. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.8749

Safitri, R. W., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Muatan IPS Menggunakan Model Games. Journal on Teacher Education, 5(1), 159–171. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.17254

Sari, A. N. (2024). Mengoptimalkan Pembelajaran Interaktif dengan Media Wordwall pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA, 9(1), 11–18.

Sugianto, O., Munawaroh, L., Supriani, I., Nur Cahyono, H., & Nyairoh, N. (2023). Peran Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 4(1), 17–24. https://doi.org/10.59525/ijois.v4i1.197

Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. MANAZHIM, 4(2), 491–504. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1996

Zebua, F. R. S. (2023). Analisis Tantangan dan Peluang Guru di Era Digital. Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 21–28. https://doi.org/10.25008/jitp.v3i1.55

Downloads

Published

2025-10-01

How to Cite

Umi Karomah. (2025). Efektivitas E-diktat Flipbook Berbantuan Wordwall terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa di MI Tholabiyah. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 883–894. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.1616

Issue

Section

Articles