Efektivitas E-diktat Flipbook Berbantuan Wordwall terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa di MI Tholabiyah
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.1616Keywords:
E-Diktat Flipbook, Wordwall, Hasil Belajar Kognitif, IPASAbstract
Kemajuan teknologi digital memberikan peluang besar bagi pendidikan untuk menghadirkan pembelajaran yang lebih interaktif dan bermakna. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan e-diktat flipbook berbantuan Wordwall terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V MI Tholabiyah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimental One Group Pretest-Posttest, melibatkan 25 siswa sebagai sampel dengan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji t berpasangan, dan N-Gain dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan e-diktat flipbook berbantuan Wordwall dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Implementasi media ini terbukti cukup efektif dalam membantu siswa memahami konsep IPAS, meningkatkan keterlibatan belajar, serta memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi pendidik dalam mengembangkan strategi pembelajaran berbasis teknologi digital di sekolah dasar
References
Afifah, R. F. N., & Putranto, A. (2023). Penerapan Metode Outdoor Study Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di MTsN 4 Tulungagung. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 208–218. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.7144
Aji Silmi, T., & Hamid, A. (2023). Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Inspiratif Pendidikan, 12(1), 69–77. https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.37347
Akhmad Dalil Rohman, & Tri Noor Khaliza. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Quizizz : Alternatif dalam Meningkatkan Critical Thinking Siswa di Era Abad 21. Jurnal Masyarakat Berdikari dan Berkarya (Mardika), 2(2), 72–79. https://doi.org/10.55377/mardika.v2i2.10159
APJII. (2024, Februari 7). APPJI Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang#:~:text=Terhitung%20sejak%202018%2C%20penetrasi%20internet,dan%20perempuan%2049%2C1%25.
Aziz, R. M., Syam’aeni, M. A., Sya’baniyah, N., & Fatihah, I. C. (2020). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital bagi Siswa Kelas 4 dan 5 SDN Tanjakan 3, Kabupaten Tangerang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 141–148. https://doi.org/https://doi.org/10.30653/002.202051.267
Fadlilah, A. M., Nur, S. H., & Arip, A. G. (2023). Modul Flipbook pada Materi Interaksi Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1884–1891. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5757
Imamah, N., Alfarisi, M., & Aini, I. D. (2024). Membangun Generasi Digital yang Cerdas dengan Strategi Pendidikan Literasi Digital. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 2(4), 74–81. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jipm.v2i4.217
Imran, A., Amini, R., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Model Learning Cycle 5E di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(1), 343–349. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.691
Indrianingsih, L., & Budiarsih, B. (2022). Analisis Hukum Konten Negatif di Platfrom Youtube di Indonesia. Bureaucracy Journal : Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 2(3), 892–916. https://doi.org/10.53363/bureau.v2i3.71
Jenita, J., Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, H., Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi Dalam Menunjang Pembelajaran: Pelatihan Interaktif Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13121–13129. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23614
Junpahira, S. V., & Pahlevi, T. (2023). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MP Di SMK Nurul Islam Gresik. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 149–171. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.7220
Kristiari, S. P., & Cahyadi, F. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran IPA Materi Perubahan Cuaca Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Berbasis Canva Pendidikan. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(1), 78–84. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8102
Kusnadi, E., & Azzahra, S. A. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn di MA Al Ikhlash Padakembang Tasikmalaya. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 323–339. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i2.9526
Matitaputty, J. K., & Sopacua, J. (2023). The Effectiveness of the Learning Cycle 5E Learning Model in an Effort to Improve Learning Outcomes of History. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 740–747. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24816
Meldawati, M. (2022). Pengembangan E-Diktat Berbasis Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII DI MTSN 2 Banjar Tahun Ajaran 2021/2022 [Skripsi, UIN Antasari Banjarmasin]. http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18494
Mokodompit, E. S. (2022). Pengembangan E-Diktat Berbasis Articulate Storyline Materi IPA Kelas IV di SDN Gedog 1 Kota Blitar. Universitas Negeri Malang.
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 151–172.
Putra, L. D., Arlinsyah, N. D., Ridho, F. R., Syafiqa, A. N., & Annisa, K. (2024). Pemanfaatan Wordwall pada Model Game Based Learning terhadap Digitalisasi Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 81–95. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.8749
Safitri, R. W., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Muatan IPS Menggunakan Model Games. Journal on Teacher Education, 5(1), 159–171. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.17254
Sari, A. N. (2024). Mengoptimalkan Pembelajaran Interaktif dengan Media Wordwall pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA, 9(1), 11–18.
Sugianto, O., Munawaroh, L., Supriani, I., Nur Cahyono, H., & Nyairoh, N. (2023). Peran Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 4(1), 17–24. https://doi.org/10.59525/ijois.v4i1.197
Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. MANAZHIM, 4(2), 491–504. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1996
Zebua, F. R. S. (2023). Analisis Tantangan dan Peluang Guru di Era Digital. Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 21–28. https://doi.org/10.25008/jitp.v3i1.55
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Umi Karomah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.