Kampus Sebagai Ekosistem Pembentuk Akhlak

Studi Persepsi Mahasiswa

Authors

  • Fathiatul Rizkiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Hikmatul Husni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.1614

Keywords:

akhlak mahasiswa, ekosistem kampus, pendidikan karakter, perguruan tinggi

Abstract

Kampus berfungsi bukan hanya sebagai pusat transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga sebagai ekosistem penting dalam pembentukan akhlak mahasiswa melalui dimensi fisik, sosial, akademik, dan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa mengenai peran kampus dalam membentuk akhlak serta menemukan faktor-faktor yang memengaruhinya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik survei terhadap 55 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi menggunakan kuesioner skala Likert lima poin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa menilai lingkungan fisik kampus yang bersih dan tertib, interaksi sosial yang harmonis, budaya akademik yang menjunjung integritas, serta kegiatan spiritual yang intensif berperan signifikan dalam membentuk akhlak mereka. Temuan ini menegaskan bahwa kampus bukan sekadar ruang akademik, melainkan juga arena transformasi moral dan spiritual yang holistik. Penelitian ini diharapkan memberikan implikasi bagi pengembangan strategi pendidikan tinggi yang lebih menekankan integrasi pembinaan moral, sosial, dan spiritual dalam seluruh dimensi kehidupan kampus

References

Al-Asy’ari, A. H. (2024). Peran Pendidikan Akhlak dalam Membangun Karakter Mahasiswa di STMIK Triguna Dharma Medan. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 9(2), 35–42.

Alfiana, F. (2023). Hubungan Kegiatan Keagamaan di Sekolah dengan Perilaku Belajar Siswa di SMP An-Nurmaniyah Kota Tangerang [Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta].

Anugrah, A. T., Latipah, E., & Izzah, I. (2022). Pembentukan Akhlak Mahasiswa melalui Psikologi Islami. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 135–148.

Astin, A. W., & Astin, H. S. (2000). Leadership Reconsidered: Engaging Higher Education in Social Change. W.K. Kellogg Foundation.

Astin, A. W., Astin, H. S., & Lindholm, J. A. (2011). Cultivating the Spirit: How College Can Enhance Students’ Inner Lives. Jossey-Bass.

Bandura, A. (2018). Toward a Psychology of Human Agency: Pathways and Reflections. Perspectives on Psychological Science, 13(2), 130–136.

Barrett, P., Davies, F., Zhang, Y., & Barrett, L. (2019). The impact of classroom design on pupils’ learning: Final results of a holistic, multi-level analysis. Building and Environment, 89, 118–133.

Bate’e, M., Hulu, D. C. A., & Lase, N. K. (2025). Pentingnya Karakter di Lingkungan Kampus. Jurnal Ilmu Ekonomi, Pendidikan dan Teknik, 2(1), 69–75.

Bertram Gallant, T. (2017). Academic Integrity in the Twenty-First Century: A Teaching and Learning Imperative. Wiley.

Côté, J. E., & Schwartz, S. J. (2022). The arcs and vacuums of identity development in emerging adulthood. Emerging Adulthood, 10(1), 3–14.

Currahman. (2020). Pengaruh lingkungan kampus, motivasi mahasiswa dan faktor-faktor terhadap prestasi akuntansi di Kabupaten Subang. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(4), 99–111.

Fauzi, H. (2020). Strategi Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. At-Ta’lim: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 2(1), 60–76.

Higher Education Research Institute. (2019). The Spiritual Life of College Students: A National Study of College Students’ Search for Meaning and Purpose. University of California.

Iqbal, R. (2022). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam di perguruan tinggi. Jurnal An-Nur, 8(2), 150–160.

Jamieson, P. (2019). Learning spaces: Emerging trends and future directions. International Journal of Educational Research, 98, 189–199.

Jiyanto. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. JPP Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(2), 430–439.

Kim, Y. K., & Sax, L. J. (2009). Student-faculty interaction in research universities: Differences by student gender, race, social class, and first-generation status. Research in Higher Education, 50(5), 437–459.

King, P. E., & Boyatzis, C. J. (2015). Religious and spiritual development in adolescence. In R. M. Lerner (Ed.), Handbook of Child Psychology and Developmental Science (pp. 975–1021). Wiley.

Kuh, G. D. (2009). The National Survey of Student Engagement: Conceptual and empirical foundations. New Directions for Institutional Research, 2009(141), 5–20.

Lapsley, D., & Narvaez, D. (2006). Character Education. University of Notre Dame Press.

Lubis, T., & Ampin Maja, A. S. (2018). Pendidikan karakter dalam pembentukan spiritual quotient mahasiswa STIKES di Kota Palopo. Voice of Midwifery, 8(01), 744–750.

Muhibah, S., Ridwan, I., & Suaidi. (2023). Penerapan pendidikan karakter melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Jawara Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 13–37.

Niemi, H. (2020). The role of higher education in promoting students’ lifelong learning skills and civic responsibility. European Journal of Education Research, 9(2), 617–631.

Rahmah, A. A., Roliah, A., & Rifki, M. (2024). Penerapan pendidikan karakter di kalangan mahasiswa. Buhun Jurnal Multisiplin Ilmu, 2(2), 1–9.

Rafi, M. (2023). Pengaruh lingkungan sosial kampus dan hasil belajar akidah akhlak terhadap ketaatan kode etik mahasiswa. Repository UIN Suska Riau.

Rasyid, A. R., Amanda, D., Aulya, N., Aswandi, & Anugrah, A. (2024). Peran pendidikan dalam membentuk karakter mahasiswa. Innovatie: Journal of Social Science Research, 4(3).

Seppälä, E., Bradley, C., & Cameron, C. (2020). Building social connection in higher education: Insights from social neuroscience. Trends in Cognitive Sciences, 24(9), 731–734.

Suhendri, S., Baihaqi, W., Sumringah, M., Fauziah, N. K., & Arifin, B. S. (2024). Urgensi dan signifikansi pendidikan karakter dalam era revolusi industri 4.0. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 6(2), 98–109.

Swartz, D. (2012). Culture and Power: The Sociology of Pierre Bourdieu. University of Chicago Press.

Tandilimbong, H., Almar, J., & Paliling, P. (2024). Hubungan antara persepsi mahasiswa tentang keadaan lingkungan fisik kampus dengan motivasi belajar mahasiswa semester VI Prodi SI Keperawatan Institut Toraja Raya Indonesia tahun 2024. LPPM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Promotif, 9(1).

Tinto, V. (2017). Reflections on student persistence. Student Success, 8(2), 1–8.

Tsauri, S. (2015). Pendidikan Karakter. IAIN Jember Press.

UNESCO. (2021). Education for Sustainable Development: A Roadmap. UNESCO Publishing.

Universitas Negeri Surabaya. (2025). Pendidikan karakter untuk pengembangan diri mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNESA.

UNMAHA. (2023). Peran lingkungan perguruan tinggi dalam perkembangan pendidikan karakter mahasiswa. Diakses pada 20 Mei 2025.

Wibowo, A. (2016). Hubungan lingkungan kampus, pola asuh orang tua dan motivasi berprestasi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Humanika, 16(1), 33–57.

Yunanto, F., & Kasanova, R. (2023). Membangun karakter mahasiswa Indonesia melalui pendidikan karakter. Journal on Education, 5(4), 12401–12411.

Downloads

Published

2025-10-01

How to Cite

Fathiatul Rizkiyah, & Hikmatul Husni. (2025). Kampus Sebagai Ekosistem Pembentuk Akhlak: Studi Persepsi Mahasiswa. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 818–829. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.1614

Issue

Section

Articles