Upaya Strategis Peningkatan Mutu Pendidikan Berkelanjutan Melalui Quality Assurance di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Kediri
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1590Keywords:
quality assurance, lembaga pendidikan islam, mutu pendidikanAbstract
Penerapan quality assurance bertujuan untuk memastikan bahwa lembaga pendidikan mampu memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan, baik dari segi kurikulum, sarana prasarana, maupun kualitas lulusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengkaji penerapan Quality Assurance di Lembaga Pendidikan sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (library research), di mana data diperoleh dari berbagai sumber literatur, seperti jurnal, buku, dan artikel ilmiah yang relevan dengan topik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan quality assurance di lembaga pendidikan Islam, khususnya dalam konteks madrasah, memiliki dampak positif dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penerapan sistem penjaminan mutu internal di madrasah yang diatur oleh Standar Nasional Pendidikan dan implementasi BAN-S/M berhasil meningkatkan akuntabilitas, efisiensi manajemen, serta kualitas pengajaran. Penerapan quality assurance secara konsisten juga membantu meningkatkan reputasi lembaga pendidikan di mata masyarakat serta memperkuat daya saing lulusan di tingkat nasional dan internasional
References
Alawiyah, F. (2011). Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 2(1), 63–78. https://doi.org/https://doi.org/10.46807/aspirasi.v2i1.433
Amin, M. M. (2016). Manajemen Mutu: Aplikasi dalam Bidang Pendidikan,. Yogyakarta: Media Akademi.
Antariksa, W. F. (2014). Pengaruh penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 di perguruan tinggi terhadap kinerja balanced scorecard (Studi Kasus pada Universitas Brawijaya). Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(3), 399–406.
Antariksa, W. F. (2019). Analisis Sistem Penjaminan Mutu di Sekolah Dasar Berbasis Islamic Fullday School. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 11(2), 75–84. https://doi.org/10.18860/mad.v11i2.5847
Anwar, K. (2018). Peran Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 41. https://doi.org/10.30659/jpai.1.1.41-56
Apriyani, M., & Sojanah, J. (2018). Pengaruh Audit Mutu Internal Terhadap Kinerja Sekolah di SMK Negeri 1 Bandung (Survey pada SMK Negeri Jurusan Bisnis dan Manajemen yang Berstandar ISO 9001: 2008). Jurnal Manajerial, 16(2), 205. https://doi.org/10.17509/manajerial.v16i2.12776
Astuti, Waluya, S. B., & Asikin, M. (2019). Strategi Pembelajaran dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 469–473. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/327
Batubara, M. S., & Arifin, Z. (2022). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.
Fadhli, M. (2020). Sistem Penjaminan Mutu Internal Dan Ekstenal Pada Lembaga Pendidikan Tinggi. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 53–65. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i2.1148
Fatah, N. (2013). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Firman, M., Berliana, B., & Warta, W. (2024). School-based management as a method to improve education quality in senior high schools: A perspective on the headmaster’s roles. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 13(1), 81–92. https://doi.org/10.24239/pdg.Vol13.Iss1.483
Fitri, A. Z. (2022). Sitem Penjaminan Mutu Pendidikan (Filososfis dan Aplikatif-Best Pratices). Malang: Madani.
Hamengkubuwono, H. (2017). Evaluasi Penerapan Audit Mutu Internal Pada STAIN Curup. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1), 61. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.215
Hamid, A. W. (2023). Kepemimpinan Perempuan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Bantul Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: Tesis Pascasarjana.
Ibrahim, T., & Rusdiana, A. (2021). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management).
Khotimah, U. H., Juanda, A., & Rosidin, D. N. (2023). Implementasi Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 2 Cirebon. Indonesian Journal of Teaching and Learning, 2(2), 285–295. https://doi.org/https://doi.org/10.56855/intel.v2i2.376
Kurniawan, Asmara, R., Mutia, A., & Alma Insani, N. (2024). Implementasi Manajemen Mutu dalam Pendidikan Islam. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 15(2), 147–158.
Makmur, J. (2013). Kiat Melahirkan Madrasah Unggulan. Yogyakarta: Diva Press.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mubarok, R. (2021). Pelaksanaan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Al-Rabwah, 13(01), 27–44. https://doi.org/10.55799/jalr.v13i01.11
Munir, M., Fernando, D. A., & Ferdian, F. (2023). Konsep Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9697–9703. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2303
Nisa, Z. S., & Karwanto. (2023). Implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2015 di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Mahasiswa, 11(1), 119–125.
Nugraha, M. S., Mudriansah, A. S., Alih, D., Widianengsih, R., & Aisyah, Y. S. (2025). Strategi Adaptasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Islam di Era Disrupsi Digital. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 5(3). https://doi.org/https://doi.org/10.59818/jpi.v5i3.1567
PISA. (2023). PISA 2022 Results (Volume I and II) - Country Notes: Indonesia. Retrieved from https://www.oecd.org/en/publications/pisa-2022-results-volume-i-and-ii-country-notes_ed6fbcc5-en/indonesia_c2e1ae0e-en.html
Rahma, R., Gresinta, E., Suhendra, S., & Risdiana, A. (2024). Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 21001: 2018 sebagai Strategi Pendidikan di Era Digital. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 5(3), 16–22. https://doi.org/https://doi.org/10.7777/jiemar.v5i3.523
Risal Sammara, H. (2023). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. History and Sociology of South Asia, 17(2), 121–136. https://doi.org/10.1177/22308075231155232
Rohiat. (2015). Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Saputra, I. (2019). Kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan unit penjamin mutu di MAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. UIN Mataram.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyanto, D., Hidayatullah, D., & Badrudin, B. (2024). Analisis Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan pada SMP Al Ma’soem Jatinangor Sumedang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1094–1103. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12512
Suriyati, S., Rama, B., Siraj, A., & Syamsudduha, S. (2023). Implementation of Integrated Quality Management Islamic Education in Madrasah Aliyah. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(1), 95–112.
Syadzili, M. F. R. (2022). Penentuan Strategi Dalam Keberhasilan Lembaga Pendidikan Islam. CQAJ (College Quality Assurance Journal), 1(1), 88–94.
Syafi’i, I., & Fitriyah, L. (2020). Implementasi Total Quality Management Sebagai Solusi Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 7(2), 377–428.
Umam, K., Sudharto, S., & Miyono, N. (2017). Implementasi Budaya Mutu Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Islam Kabupaten Kudus. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 6(2).
Umar, Y. (2016). Manajemen Pendidikan Madrasah Bermutu. Bandung: Refika Aditama.
Yusup, B., Rochman, C., & Salim, A. (2019). Analisis Standar Proses Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional. Educatio, 14(1), 38–48.
Zahro, A. (2014). Total Quality Management Teori & Praktik Manajemen Untuk Mendongkrak Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Zulkifli, M. (2015). Kinerja Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/madrasah (BAP S/M) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Provinsi Sulawesi Tenggara. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 168–189.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Moh Hanif Adzhar, Muhamad Yasin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.