Membangun Spiritual dan Intelektual Siswa Berdasarkan Perspektif Hasan Al- Banna

Authors

  • Argha Zidan Arzaqi Sekolah Tinggi Agama Islam KH. Zainuddin Ponpes Mojosari
  • Irma Masitoh Sekolah Tinggi Agama Islam KH. Zainuddin Ponpes Mojosari
  • Yuyun Linawati Sekolah Tinggi Agama Islam KH. Zainuddin Ponpes Mojosari

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.1549

Keywords:

Hasan Al-Banna, spiritualitas, intelektualitas, pendidikan Islam, kurikulum

Abstract

Perkembangan pendidikan modern seringkali terjebak dalam dikotomi ilmu agama dan ilmu umum sehingga mengabaikan pembinaan spiritualitas siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis konsep pembangunan spiritual dan intelektual siswa berdasarkan pemikiran Hasan Al-Banna serta relevansinya dengan kurikulum pendidikan Islam kontemporer. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi pustaka terhadap karya-karya utama Hasan Al-Banna serta literatur ilmiah terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Hasan Al-Banna menekankan integrasi aspek ruhiyah dan akliyah dalam proses pendidikan sehingga melahirkan pribadi Muslim yang utuh, berilmu, beriman, dan berakhlak mulia. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya kurikulum pendidikan Islam yang menyatukan antara ilmu pengetahuan modern dengan nilai-nilai ketauhidan guna membentuk generasi yang berdaya saing global namun tetap kokoh spiritualitasnya

References

Al-Attas, S. M. N. (1993). Islam and secularism. Kuala Lumpur: International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC).

Al-Banna, H. (2002). Risalah Pergerakan Ikhwanul Muslimin. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Al-Banna, H. (2008). Risalah Ta’lim: Pokok-pokok dakwah Ikhwanul Muslimin. Jakarta: Era Intermedia.

Arthur, J. (2010). Of good character: Exploration of virtues in education. Exeter: Imprint Academic.

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan modernisasi menuju milenium baru. Jakarta: Kencana.

Chanifudin. (2016). Pendekatan interdisipliner: Tata kelola pendidikan Islam di tengah kompleksitas. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(9), 1–15.

Daradjat, Z. (2004). Pendidikan Islam dalam keluarga dan sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Elias, M. J. (2014). The future of character education and social-emotional learning: The need for whole school and community-linked approaches. Journal of Character Education, 10(1), 37–42.

Halstead, J. M. (2004). An Islamic concept of education. Comparative Education, 40(4), 517–529. https://doi.org/10.1080/0305006042000284510

Halim, S. (2019). Pemikiran Hasan Al-Banna terhadap pendidikan Islam. Ruhama: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 101–114.

Haque, M. A. (2007). Seratus pahlawan Muslim yang mengubah dunia. Yogyakarta: Diglossia.

Hashim, R., & Langgulung, H. (2008). Islamic religious curriculum in Muslim countries: The experiences of Indonesia and Malaysia. Bulletin of Education & Research, 30(1), 1–19.

Hidayat, D. N. (2018). Integrasi nilai-nilai Islam dalam kurikulum pendidikan nasional. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 35–52. https://doi.org/10.14421/jpi.2018.71.35-52

Kholiq, A. (1999). Pemikiran pendidikan Islam: Kajian tokoh klasik dan kontemporer. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo & Pustaka Pelajar.

Mahmoudi, S., Jafari, E., Nasrabadi, H. A., & Liaghatdar, M. J. (2012). Holistic education: An approach for 21st century. International Education Studies, 5(3), 178–186. https://doi.org/10.5539/ies.v5n3p178

Mujib, A., & Mudzakir, A. W. (2006). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mursi, M. S. (2007). Tokoh-tokoh besar Islam sepanjang sejarah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Nasr, S. H. (2004). The heart of Islam: Enduring values for humanity. New York: HarperCollins.

Nata, A. (2005). Pendidikan Islam di tengah tantangan zaman. Jakarta: Grasindo.

R. Fauzana Azim, C. S. (2023). Modernisasi pendidikan Islam perspektif Azyumardi Azra. JIPKIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Keislaman, 3(2), 258–270.

Said, I. A.-G. (2003). Ideologi kaum fundamentalis: Pengaruh politik al-Maududi terhadap gerakan Jamaah Islamiyyah Trans Pakistan-Mesir. Surabaya: Diantara.

Sharma, M. (2018). Yoga as an integrative approach for health: A 21st century perspective. International Journal of Yoga, 11(2), 83–89. https://doi.org/10.4103/ijoy.IJOY_27_18

Tan, C. (2011). Islamic education and indoctrination: The case in Indonesia. New York: Routledge.

Downloads

Published

2025-10-01

How to Cite

Argha Zidan Arzaqi, Irma Masitoh, & Yuyun Linawati. (2025). Membangun Spiritual dan Intelektual Siswa Berdasarkan Perspektif Hasan Al- Banna. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 808–817. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i4.1549

Issue

Section

Articles