Dinamika Pendidikan Islam di Barat Australia Dan Belanda

Authors

  • Achmad Robith Khusni Universitas Islam Negri KH. Achmad Sidiq Jember
  • Ubaidillah Universitas Islam Negri KH. Achmad Sidiq Jember
  • Hepni Universitas Islam Negri KH. Achmad Sidiq Jember
  • Dyah Nawangsari Universitas Islam Negri KH. Achmad Sidiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1547

Keywords:

Pendidikan Islam, Australia, Belanda, Komunitas Muslim

Abstract

Pendidikan Islam memainkan peran penting dalam membentuk karakter, nilai moral, dan orientasi spiritual umat Muslim, bahkan ketika mereka hidup sebagai minoritas di negara-negara Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perkembangan pendidikan Islam di Australia dan Belanda dari aspek historis, struktural, dan ideologis, serta mengidentifikasi tantangan dan respons sosial-budaya yang menyertainya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Sumber data diperoleh dari buku, jurnal ilmiah, disertasi, dan dokumen daring terkait pendidikan Islam di kedua negara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam di Australia telah tumbuh sejak abad ke-17 melalui jalur informal, dan mengalami formalitas institusional sejak tahun 1970-an. Sementara di Belanda, perkembangan signifikan dimulai pada 1980-an dan mencapai pengakuan negara pada awal 2000-an dengan dukungan pendanaan publik. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa integrasi pendidikan Islam dalam sistem nasional negara Barat sangat bergantung pada kolaborasi antara komunitas Muslim, kebijakan negara, dan keberterimaan masyarakat mayoritas terhadap keragaman nilai

References

Aldridge, J. (2014). Islamic education in the United States and Canada: Conceptions, challenges, and responses. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203776261

Al-Kandari, A., & Al-Qashan, H. (2010). Religiosity and its relation to self-esteem, happiness and depression among Kuwaiti adolescents. Child and Adolescent Mental Health, 15(3), 174–178. https://doi.org/10.1111/j.1475-3588.2010.00565.x

Arifin, I. (2017). Pendidikan Islam di negara minoritas Muslim: Studi pendidikan Islam di Australia dan Belanda. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 45–58. https://doi.org/10.14421/jpi.2017.61.45-58

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan modernisasi menuju milenium baru. Logos Wacana Ilmu.

Beck, L. J. D. (2011). Islamic education in the Netherlands. Yearbook of Muslims in Europe, 3, 387–407. https://doi.org/10.1163/9789004212483_026

Buchori, M. (2001). Pendidikan Islam dalam masyarakat pluralistik: Tantangan dan prospek. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(034), 401–414.

Hefner, R. W. (2007). Islamic schools, social movements, and democracy in Indonesia. In R. W. Hefner & M. Q. Zaman (Eds.), Schooling Islam: The culture and politics of modern Muslim education (pp. 46–69). Princeton University Press.

Hidayat, D. N. (2022). Pendidikan Islam dan perubahan sosial di negara-negara Barat. Al-Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 123–138. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v5i2.6789

Ho, C. (2007). Muslim women's new defenders: Women's rights in the context of Muslim community in Australia. Women's Studies International Forum, 30(5), 404–417. https://doi.org/10.1016/j.wsif.2007.07.006

Iqbal, M. (2018). Transformasi pendidikan Islam di Australia: Studi historis terhadap perkembangan institusi pendidikan Muslim. Tafsir: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 6(1), 75–89.

Mustofa, M. (2021). Pendidikan Islam di tengah tantangan sekularisme: Refleksi dari konteks Eropa. Jurnal Al-Hikmah, 23(1), 55–68.

Nabhan, H. (2020). Internalisasi nilai-nilai Islam di sekolah multikultural: Studi pada sekolah Islam di Belanda. Jurnal Studi Keislaman, 15(2), 88–101.

Niyozov, S., & Memon, N. (2011). Islamic education and the debate on religious education in Muslim contexts: Tensions and challenges. Journal of Muslim Minority Affairs, 31(1), 5–30. https://doi.org/10.1080/13602004.2011.556896

Rahmah, U. (2019). Dinamika pendidikan Islam di negara Barat: Perspektif integrasi kultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 33–50.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Achmad Robith Khusni, Ubaidillah, Hepni, & Dyah Nawangsari. (2025). Dinamika Pendidikan Islam di Barat Australia Dan Belanda. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 481–491. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1547

Issue

Section

Articles