Transformasi Pendidikan Islam di Era Digital: Rekonstruksi Nilai-Nilai Historis dalam Menyongsong Masyarakat Virtual
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1529Keywords:
Pendidikan Islam, era digital, transformasi, nilai historis, masyarakat virtualAbstract
Pendidikan Islam di era digital mengalami transformasi signifikan seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan pola belajar dan metode pembelajaran dalam pendidikan Islam, merekonstruksi nilai-nilai historis agar tetap relevan dalam pembelajaran berbasis teknologi, serta mengidentifikasi strategi dan inovasi yang diterapkan oleh institusi pendidikan Islam dalam menghadapi masyarakat virtual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi pustaka sebagai metode utama. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi teknologi digital dalam pendidikan Islam membuka peluang besar untuk memperluas akses keilmuan, memperkaya metode pembelajaran, dan memperkuat karakter peserta didik. Namun, tantangan seperti kesenjangan digital, dekadensi moral, dan penyebaran informasi keagamaan yang tidak valid juga perlu diantisipasi. Oleh karena itu, diperlukan strategi rekonstruksi nilai-nilai historis yang adaptif dan kontekstual agar pendidikan Islam tetap relevan dan transformatif di era digital.
References
Amin M, Muttaqin I. Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam Ideal di Era Digital. Arfannur. 2022;3(1):21-30. doi:10.24260/arfannur.v3i1.625
Abubakar, A. (2020). Pendidikan Islam Di Era Peradaban Modern. Journal on Education, 5(2), 4315.
Abdul-Majeed, S., & Alkandari, A. (2019). Islamic Education in the Digital Age: Challenges and Opportunities.
Ahmad, N. (2014). Tantangan dakwah di era formulasi karakteristik, popularitas dan materi di ja;an dakwah.
Ahmad Ridwan. (2022). Relevansi Pendidikan Islam Di Era Digital Dalam Menavigasi Tantangan Modern.
Alipia, A., Handayani, D. S., Mahdarani, D. I., & Pujianti, E. (2025). Filsafat Pendidikan Islam dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 728.
Anggraeni, H. (2019). Penguatan blended learning berbasis literasi digital dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 190–203.
Asadiyahpusat. (2024b, April 28). Inovasi Pendidikan di Pondok Pesantren As’adiyah: Menggabungkan Tradisi dengan Teknologi. As’adiyah Pusat. https://asadiyahpusat.org/2024/04/28/inovasi-pendidikan-di-pondok-pesantren-asadiyah-menggabungkan-tradisi-dengan-teknologi/
Asriani, A., Nurdin, N., & Askar, A. (2024). Tantangan Pendidikan Islam di Era Digital. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 3(1), 198–202. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/article/view/3228
Azhar. (2024, October 28). Transformasi digital dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di era Society 5.0. https://journal.institercom-edu.org/index.php/alkarim/article/view/973
Azis, R. (2019). Merancang Media Pembelajaran PAI Di Sekolah (Analisis Implementasi Media Pembelajaran Berbasis PAI). Darul Ulum, 10(2), 228.
Baig, M. (2020). Manfaat dan Tantangan Integrasi Teknologi.
Bogor, P. P. D. 2. C. (2024, June 30). Pemanfaatan Teknologi di Pesantren: Bagaimana Memadukan Tradisi dan Modernitas dalam Pendidikan Islam? Pondok Pesantren Darunnajah. https://darunnajah.com/pemanfaatan-teknologi-di-pesantren-bagaimana-memadukan-tradisi-dan-modernitas-dalam-pendidikan-islam/
Budianto, M. R. R., Kurnia, S. F., & Galih, T. R. S. W. (2021). Perspektif Islam Terhadap Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(2), 101.
Burls, A. (2016). Materi Alat Dan Metode Pembelajaran Dalam Sistem Pendidikan Islam Di Era Digital.
Dalimunthe, D. S., & Pohan, I. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-nilai Spiritual, Etika, dan Pemahaman Keislaman dalam Konteks Modern. Jurnal Al-Ahliyah, 4(2), 59.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Devidigital. (2021). Materi Alat Dan Metode Pembelajaran Dalam Sistem Pendidikan Islam Di Era Digital.
Fauzan. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Konteks Pendidikan Nasional.
FUJIATI, I. (2024). Konsep Pendidikan Islam Di Era Digital. Marifah, 1(2), 99-116
Ghufron, D. M., Ikramina, M. B., & Anbiya, B. F. (2023). Transformasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital: Modalitas Belajar Dan Tantangan Pendidikan. Jurnal Al Burhan, 3(2), 40-50.
Iqbal. (2025, March 18). Pondok Pesantren di Era Digital: Tantangan dan Inovasi di Ar-Rohmah IBS dan IIBS. AR-ROHMAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL. https://arrohmah.co.id/pondok-pesantren-di-era-digital-tantangan-dan-inovasi-di-ar-rohmah-ibs-dan-iibs/
Iskandar, et al. (2020). Inovasi Pendidikan Islam di Era Post Truth: Tantangan dan Peluang Pembelajaran PAI di Sekolah Umum Tingkat Menengah.
Jaya, F. (2017). PESANTREN DAN MADRASAH DALAM SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA: Analisa Arah Perkembangan. Jurnal Tarbiyah UINSU, 2(1), 186.
Junaidi, K., Hitami, M., & Zaitun, Z. (2024). Dampak Transformasi Digital terhadap Metode Pengajaran di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar: Peluang dan Tantangan. Instructional Development Journal, 7(1), 173-184.
Khoiruddin, M. (2018). Pendidikan Islam Tradisional.
Kurniawan, S. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Penerbit Ombak.
Lestari, W. R., Wahyudin, U. R., & A., J. (2021). Efektivitas Penerapan Rekonstruksi Pendidikan Islam Di Indonesia: Sebuah Kajian Futuristik.
Lira, R. A. (2024). Rekonstruksi Pendidikan Islam Di Indonesia: Sebuah Kajian Futuristik. Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi, 21(1), 6322.
Martias. (2010). Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang pada Abad 21.
Mayer, R. E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Digital dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Desa Bandar Tinggi.
McQuail, D. (2010). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam.
Muhyiddin, A., & Chudzaifah, A. (2021). Tujuan Dan Istilah Pendidikan Dalam Perspektif Islam.
Nurman, N. (2024). Implementasi Teknologi dalam Pelestarian Warisan Budaya Islam. Prosiding Konferensi Nasional Mahasiswa Sejarah Peradaban Islam (KONMASPI), 1, 142
Sakirin, I., Fakhruddin, F., & Sutarto, S. (2021). Inovasi Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Teknologi (Studi di Pondok Pesantren Muhammadiyah Kampung Delima Curup Timur) (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).
Widodo, A. A., & Husni, M. (2025). Strategi Digitalisasi Pendidikan Pesantren Dalam Internalisasi Nilai Aswaja Bagi Generasi Z di Era Teknologi. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 375-386.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Faqih Fathul Ihsan, Kamila Rahma Shaleha, Muhammad Ariz Hibrizi, Muhammad Novry Ramadhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.