Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Etika Anak di Sekolah Darul Aman La’al, Thailand Selatan

Authors

  • Miss Fatihah Saman Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Agus Sutiono Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1466

Keywords:

Media Sosial, Etika Anak, Pendidikan Karakter, Validitas, Reliabilitas

Abstract

Penggunaan media sosial yang tidak terkontrol sejak usia dini telah menjadi tantangan baru dalam pembentukan karakter anak, khususnya dalam aspek etika seperti sopan santun, kejujuran, dan pengendalian diri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial terhadap etika anak-anak sekolah dasar di Sekolah Darul Aman La’al, Thailand Selatan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain survei dan teknik simple random sampling terhadap 30 siswa. Instrumen berupa angket tertutup dengan skala Likert empat poin telah diuji validitas dan reliabilitasnya melalui uji r hitung dan Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penelitian valid dan reliabel, serta terdapat hubungan signifikan antara intensitas penggunaan media sosial dengan penurunan kualitas etika anak. Anak-anak yang menggunakan media sosial secara intensif menunjukkan kecenderungan kehilangan batasan sopan santun, kontrol diri yang lemah, serta meniru perilaku negatif dari dunia maya. Sebaliknya, penggunaan yang dibatasi dan didampingi memberikan dampak yang lebih positif. Temuan ini menunjukkan pentingnya literasi digital etis dan keterlibatan aktif keluarga serta sekolah dalam membentuk karakter anak di era digital

References

Alfiatunnisa, E., Zulfah Khairunnisa, H., Hayati, S., & Listya Maulida, V. (2022). Uji Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Kemandirian Siswa Sekolah Dasar Kelas 1. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 3(2), 29–36. https://doi.org/10.56806/jh.v3i2.81

Andara, S., Aisy, Z. I. R., Sutini, T., & Arifin, M. H. (2022). Penggunaan Media Sosial Dikalangan Anak Sekolah Dasar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(1), 48–52. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i1.55893

Djari, J. A., & Heriyawan, M. S. (2022). Pengaruh Media Sosial, Pembelajaran Daring, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Etika dan Perilaku Taruna Pelayaran. Dinamika Bahari, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.46484/db.v3i1.298

Djollong, A. F. (2014). Teknik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif (Technique of Quantiative Research). Istiqra’, 2(1), 86–100.

Harahap, A. S., Nabila, S., Sahyati, D., Tindaon, M., & Batubara, A. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Etika Remaja Di Era Digital. Indonesian Culture and Religion Issues, 1(2), 9. https://doi.org/10.47134/diksima.v1i2.19

Malelak, D. (2023). Pengaruh Media Sosial Terhadap Karakter Anak. Indo Green Journal, 2(1), 6–9. https://doi.org/10.31004/green.v2i1.43

NING AYU, N. G. S. (2023). Mengintegrasikan Media Sosial Dalam Pendidikan Etika Anak Usia Dini. Incrementapedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 21–28. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol5.no2.a8385

Purba, S. A., Lubis, R. R., Bagas, M., Fasya, M. H., Fatullah, D., & Harahap, N. (2024). The Effect of Social Media Use on the Development of Communication Skills of Parents and Children Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Perkembangan Kemampuan Komunikasi Orang Tua dan Anak. 3(1), 25–30.

Puspasari, H., Puspita, W., Farmasi Yarsi Pontianak, A., & Barat, K. (2022). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19 Validity Test and Reliability Instrument Research Level Knowledge and Attitude of Students Towards . Jurnal Kesehatan, 13(1), 65–71. http://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK

Rakhmaniar, A. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pada Remaja Kota Bandung (Jurnal 25). 2(1), 239–249. https://doi.org/.v1i4.244

Sikumbang, K., Ramadhina, W., Yani, E. R., Arika, D., Hayati, N., Hasibuan, N. A., & Permana, B. G. (2024). Peranan Media Sosial Instagram terhadap Interaksi Sosial dan Etika pada Generasi Z. Journal on Education, 6(2), 11029–11037. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4888

Suderman, R. D., Irhamudin, I., & Hayati, R. M. (2024). Analisis Dampak Game Online Terhadap Moral Siswa Di Mts Manba’ul Ulum Gaya Baru 2. Berkala Ilmiah Pendidikan, 4.

Takdir, H., & Fauziah, R. (2024). Analisis Dampak Media Sosial Terhadap Etika Remaja.

Tarigan, K., & Syahputra, D. (2025). Dampak Media Sosial terhadap Etika Pergaulan Anak Muda di Kota Medan The Impact of Social Media on The Social Ethics of Young People in Medan City. 7(1), 70–80. https://doi.org/10.31289/jipikom.v7i1.5887

Zubir, Z., & Yuhafliza. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Anak Dan Remaja. Pendidikan Almuslim, VII(19), 11.

Downloads

Published

2025-07-04

How to Cite

Miss Fatihah Saman, & Agus Sutiono. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Etika Anak di Sekolah Darul Aman La’al, Thailand Selatan. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 716–723. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1466

Issue

Section

Articles