Peran Intervensi Dini dan Stimulasi Konsisten dalam Mendukung Perkembangan Anak Tunarungu

Authors

  • Nada Faradisa Putri Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Ratna Pangastuti Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1404

Keywords:

Anak Tuna Rungu, Bahasa Isyarat, Intervensi Dini, Pendidikan Inklusif

Abstract

Anak tuna rungu sebagai bagian dari Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) menghadapi tantangan serius dalam aspek komunikasi, pembelajaran, dan interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan bahasa isyarat dalam pembelajaran anak tuna rungu, serta merancang strategi intervensi dan stimulasi yang konsisten untuk mendukung perkembangan mereka secara menyeluruh. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus di SLB Nur Rahmah, melibatkan kepala sekolah, guru, dan siswa sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis dengan teknik tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa isyarat secara intensif, dukungan pembelajaran visual, serta kolaborasi erat antara sekolah dan keluarga dapat meningkatkan kemampuan akademik, komunikasi, dan sosial anak tuna rungu secara signifikan. Implikasi dari temuan ini menggarisbawahi pentingnya pendidikan inklusif berbasis visual dan pelatihan bahasa isyarat bagi pendidik serta orang tua dalam mendukung tumbuh kembang anak tuna rungu secara optimal.

References

Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Abk (Tuna Rungu) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162

Arnida, Hijriati, Maulina, C. P., Fitria, A., & Fadila, N. (2024). Analisis Karakteristik Dan Aktivitas Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Di Sekolah Slb- B Ypac Banda Aceh. Jurnal Warna, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.52802/warna.v8i1.1047

Arumsari, A. (2021). Strategi Belajar Membaca Untuk Anak Tunarungu. Refleksi Edukatika, 12.

Boru, M. S., & Hakim, L. E. (2022). Desain Pembelajaran Bilangan Bulat untuk Peserta Didik Tunarungu Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 401–417. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.197

Elyondri, N., & Azizah, N. (2023). Analisis Pengembangan Komunikasi, Persepsi, Bunyi, dan Irama (PKPBI) Anak Tunarungu dan Kebutuhan Media Pembelajarannya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6141–6153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4130

Implementasi Pendidikan Karakter pada Disabilitas Anak Tunarungu. (2020). Jurnal Golden Age, 4(01). https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.1809

Mursalat, M., Siregar, E., & Tarjiah, I. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Desain Grafis untuk Buku Digital Interaktif bagi Siswa Tunarungu. Jurnal Paedagogy, 10(2), 589. https://doi.org/10.33394/jp.v10i2.7073

Polem, M., Ningsih, N. W., Wulandari, R., Nursobah, A., Karman, K., & Safari, E. (2024). Peran Guru dalam Pengembangan Materi Kurikulum Pendidikan Agama Islam bagi Siswa Penyandang Tunarungu. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(02), 167–186. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i02.4505

Rahmah, F. N. (2018). Problematika Anak Tunarungu Dan Cara Mengatasinya. Quality, 6(1), 1. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744

Swagery, R. V., & Husna, A. (n.d.). Hardiness Pada Wanita Karir Single Parent Yang Memiliki Anak Tunarungu.

Tat, B. A., Hudin, R., & Nardi, M. (2021). Metode Pembelajaran Dalam Mengembangkan Interaksi Sosial Anak Tunarungu. 2(1).

Yunaika, W. (2023). Pola Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Anak Autisme. Absorbent Mind, 3(2), 145–156. https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v3i2.4340

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Nada Faradisa Putri, & Ratna Pangastuti. (2025). Peran Intervensi Dini dan Stimulasi Konsisten dalam Mendukung Perkembangan Anak Tunarungu. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 567–572. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1404

Issue

Section

Articles