Strategi pembelajaran Al-Quran Untuk Anak Disabilitas di SLB Sabilillah Cukir Jombang
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1401Keywords:
Strategi Pembelajaran Al-Quran, Anak DisabilitasAbstract
Pembelajaran Al-Qur’an bagi anak disabilitas merupakan tantangan pedagogis yang membutuhkan strategi khusus dan pendekatan inklusif agar siswa dapat terlibat secara bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran Al-Qur’an bagi anak disabilitas di SLB Sabilillah Cukir Jombang serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologis. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi, serta dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran menekankan pada pengulangan, pembiasaan, dan pendekatan multisensorik yang disesuaikan dengan karakteristik masing-masing siswa seperti tunarungu, tunagrahita, dan autisme. Keberhasilan implementasi dipengaruhi oleh komitmen guru, keterlibatan orang tua, serta struktur pembelajaran yang fleksibel. Kendala utama terletak pada keterbatasan sarana bantu dan kurangnya pelatihan guru secara spesifik. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan kapasitas guru dan dukungan sarana belajar agar pembelajaran Al-Qur’an menjadi lebih inklusif dan efektif
References
Al-Qur’an Al-Karim
Ayuning, Asyharinur Putriana Pitaloka, Safira Aura Fakhiratunnisa, dan Tika Kusuma Ningrum, “Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus,” dalam Jurnal Pendidikan dan Sains, vol. 2, Januari 2022, hlm. 26–42.
Aliansy, Ananda Putri dan rekan-rekan, "Pemahaman Mendalam tentang Anak Berkebutuhan Khusus Jenis Tunagrahita," dalam Inovasi Pendidikan, vol. 1, Februari 2024, hlm. 207.
Bahrani, Yuli Agustiyani, dan Siti Aisyah dalam buku berjudul Belajar Membaca Al-Qur’an bagi Anak Berkebutuhan Khusus: Metode dan Praktis, yang diterbitkan oleh Bening Media Publishing di Palembang pada tahun 2022, halaman 1, membahas tentang pendekatan dan praktik pembelajaran membaca Al-Qur’an untuk anak-anak berkebutuhan khusus.
Daulay ,Salim Said dan rekan-rekannya dalam Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan yang terbit pada 23 Januari 2023, halaman 472, membahas mengenai pengenalan Al-Qur’an.
Hanifah, Diva Salma, Annasjla Byandra Haer, Saraswati Widuri, dan Meilanny Rustandar, Agung dan Dini Widinarsih, "Pendekatan Metode dan Media Pembelajaran dalam Pendidikan Inklusi untuk Anak Penyandang Autisme di Indonesia," dalam Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, vol. 1, 29 April 2023, hlm. 39.
Haliza, Nur, Eko Kuntarto, Ade Kusmana, Pemerolehan Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) dalam Memahami Bahasa, Journal Genre,Vol.1, 25 februari 2020, 5.
Prayoga, Egi, Meta Puspitasari, Hak Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Al-Qur’An; Studi Tafsir Tarbawi Atas q.s. ‘Abasa Ayat 1-4, Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Keagamaan, 2 (Juli 2023),143.
Santoso, Budiarti, “Tantangan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam Menjalani Pendidikan Inklusi di Tingkat Sekolah Dasar,” dalam Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, edisi Desember 2021, hlm. 475.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Choirul Umam, Layli Masruroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.