Internalisasi Moderasi Beragama Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Merdeka Belajar

Authors

  • Siti Zulaiha Abas Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Muh. Arif Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Mujahid Damopolii Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Burhanuddin AK. Mantau Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1386

Keywords:

Moderasi Beragama, Kurikulum, Merdeka Belajar

Abstract

Moderasi beragama menjadi kebutuhan mendesak dalam sistem pendidikan Indonesia untuk menumbuhkan karakter peserta didik yang toleran, adil, dan inklusif di tengah keberagaman sosial. Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai bagian integral dari kurikulum nasional memiliki peran strategis dalam menginternalisasikan nilai-nilai tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi internalisasi moderasi beragama dalam pengembangan kurikulum PAI berbasis Merdeka Belajar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik studi kepustakaan dan analisis isi terhadap dokumen kurikulum PAI, kebijakan pendidikan nasional, dan literatur ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai moderasi dapat diintegrasikan melalui pendekatan pembelajaran kontekstual, reflektif, dan berbasis karakter yang menekankan pada afeksi, kognisi, dan psikomotorik peserta didik. Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas bagi satuan pendidikan untuk menanamkan nilai-nilai keislaman yang moderat secara sistemik dan partisipatif. Implikasi dari studi ini menegaskan pentingnya reformulasi kurikulum PAI yang lebih responsif terhadap tantangan radikalisme dan intoleransi melalui pendekatan pendidikan yang humanistik dan transformatif

References

Abdul Aziz, A., Dkk. (2019). Implementasi moderasi beragama dalam pendidikan Islam. Lembaga Daulat Bangsa.

Hakam, K. A., & Nurdin, E. S. (2016). Metode internalisasi nilai-nilai (untuk modifikasi perilaku berkarakter). Maulana Media Grafika.

Departemen Pendidikan Nasional RI. (2003). Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar Grafika.

Fahri, Z. A., & Mohammad. (2022). Moderasi beragama di Indonesia Mohamad. Religions, 13(5), 451. https://doi.org/10.3390/rel13050451

Gunawan, H., Ihsan, M. N., & Jaya, E. S. (2021). Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 14–25. https://doi.org/10.15575/atthulab.v6i1.11515

Iswahyudi, M. S., Irianto, I., Salong, A., Nurhasanah, N., Leuwol, F. S., Januaripin, M., & Harefa, E. (2023). Kebijakan dan inovasi pendidikan: Arah pendidikan di masa depan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Kemendikbud. (2021). Internalisasi nilai moderasi beragama melalui pendidikan penguatan karakter dalam masyarakat heterogen. Prosiding Nasional, 4(November), 127–146.

Manalu, J. B., et al. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86.

Muchith, H. S. (2023). Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis moderasi beragama. Nas Media Pustaka.

Muhammad. (2016). Metode penelitian bahasa. Ar-Ruzz Media.

Rahayu, R., et al. (2022). Implementasi kurikulum Merdeka Belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2956

Rahman, K. I. (2024). Moderasi beragama sebagai dasar pendidikan anak bangsa untuk menciptakan kerukunan. In Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 258–274.

Sari, I., & Gumiandari, S. (2022). Implementasi kurikulum Merdeka Belajar pasca pembelajaran daring di SMKN 2 Cirebon. Journal of Education and Culture, 2(3), 1–11.

Suhendi, E. (2024). Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama pada mata kuliah Pendidikan Agama Islam: Penelitian di Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia [Disertasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung].

Suprapto, S. (2020). Integrasi moderasi beragama dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 18(3), 355–368. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i3.753

Suryanto, D. (2023). Internalisasi nilai moderasi beragama pada kurikulum Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi Kota Dumai [Disertasi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau].

Susanta, Y. K. (2023). Penguatan moderasi beragama: Dalam perspektif pendidikan, budaya, dan tradisi agama-agama di Indonesia. PT Kanisius.

Tolchah, M. (2020). Problematika Pendidikan Agama Islam dan solusinya. [Tanpa penerbit].

Widodo, P., & Karnawati. (2019). Moderasi agama dan pemahaman radikalisme agama Kristen. Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 15(2), 10–22.

Downloads

Published

2025-07-03

How to Cite

Abas, S. Z., Muh. Arif, Mujahid Damopolii, & Burhanuddin AK. Mantau. (2025). Internalisasi Moderasi Beragama Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Merdeka Belajar. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 659–666. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1386

Issue

Section

Articles