Integrasi Teknologi Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i1.133Abstract
Teknologi yang semakin berkembang menuntut kemajuan pada media pembelajaran yang digunakan saat ini. Hal tersebut menjadi kabar baik untuk pembelajaran di era sekarang yaitu kurikulum merdeka. Namun pendidikan Islam masa kini memiliki masalah seperti guru yang kesulitan dalam memberikan materi karena rumit dan terhalang oleh waktu pelajaran yang telah ditentukan. Penyebabnya antara lain karena minimnya kompetensi pendidik dalam mengimplementasikan teknologi seperti media pada pembelajaran agar menjadi efektif dan menarik antusias peserta didik. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana integrasi antara teknologi pendidikan agama islam dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran tidak lepas dari penggunaan teknologi. Hal tersebut dikarenakan peran teknologi sangat besar dan penting dalam menunjang keberhasilan pembelajaran. Pernyataan tersebut senada dengan konsep dalam pembelajaran kurikulum merdeka yang mengintegrasikan pengetahuan, literasi, keterampilan, sikap, serta penguasaan teknologi.
References
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. ISLAMIKA, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Akbar, A., & Noviani, N. (2019, July). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 81–99. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.33
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236-243.
Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/almutharahah.v17i2.138
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Jauhari, M. N., Shanty, A. D., Usfinit, A. H., & Batlyol, A. (n.d.). OPTIMALISASI MEDIA DAN TEKNOLOGI ASISTIF DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH INKLUSI.
Kenedi, A., & Hartati, S. (2022). MODERASI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI GERAKAN LITERASI DIGITAL DI MADRASAH. 8(01).
Kurniawan, D. (n.d.). Ditulis sebagai syarat untuk memperoleh gelar sarjana (S1) jurusan pendidikan agama islam.
Mahbuddin, A. N. G. (2020). Model Integrasi Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran Pai. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(2), 183-196.
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, N. H. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. 1.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91– 100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43-50.
Mesra, R. (2023). Teknologi Pendidikan [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/jx47r
Nuryana, Z. (2018). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.
Nuryana, Z. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam. Tamaddun, 19(1), 75-86.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Salsabila, U. H., Spando, I. I. T., Astuti, W. D., Rahmadia, N. A., & Nugroho, D. W. (2023). Integrasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan, 11(1), 172-177.
Suryaman, M. (2020, October). Orientasi pengembangan kurikulum merdeka belajar. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (pp. 13-28)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Unik Hanifah Salsabila, Muhammad Rifki, Tira Oktavianda, Annisa, Dzaky Fauzan Abid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.