lmplementasi Pendidikan Karakter dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial Siswa Madrasah Tsanawiyah
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1298Keywords:
Pendidikan Karakter, Kepedulian Siswa, Madrasah TsanawiyahAbstract
Penelitian ini bertujuan menggali makna dan pemahaman mendalam mengenai implementasi pendidikan karakter, khususnya dalam menumbuhkan kepedulian sosial siswa sekolah menengah pertama. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus dan pisau analisis fenomenologi untuk memahami pengalaman subjektif siswa, guru, dan pihak sekolah. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dijaga melalui triangulasi sumber dan metode. Temuan menunjukkan pendidikan karakter diterapkan secara menyeluruh melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler yang tidak hanya menyentuh aspek kognitif, tetapi juga afektif dan psikomotorik siswa. Sekolah secara aktif mengembangkan kegiatan penumbuh kepedulian sosial, seperti bakti sosial, Jumat Berkah, kunjungan panti asuhan, dan gotong royong yang berperan dalam membentuk karakter dan kepekaan sosial siswa. Pendidikan karakter ini berdampak pada pembentukan pribadi siswa yang berakhlak mulia, empati tinggi, dan bertanggung jawab sosial, serta mendukung pembangunan sumber daya manusia yang berkelanjutan dan berintegritas
References
Dermawati, Nursyamsi, Suprapta, and Muzakkir. 2019. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Lingkungan.” Jurnal Pendidikan Fisika 7(1):74–78.
Efendi, Nofriza. 2020. “Implementasi Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar Lolong Belanti Padang.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 4(2):62. doi: 10.32585/jkp.v4i2.460.
Fathurahman, M. 2021. “Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pengajaran Fikih Ekologi Pada Anak Usia Dini.” WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(2):198–221. doi: 10.21154/wisdom.v2i2.3367.
Fauzi, Achmad Ryan, Zainuddin Zainuddin, and Rosyid Al Atok. 2017. “Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning.” Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS 2(2):79–88. doi: 10.17977/um022v2i22017p079.
Hariandi, Ahmad, Dimas Bindang Darma Putra Dwitama, Nur Anisa Rahman, Rahmat Ramadhani, and Yunsacintra Yunsacintra. 2023. “Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(12):10155–61. doi: 10.54371/jiip.v6i12.3328.
Ismail, M. Jen. 2021. “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah.” Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4(1):59–68. doi: 10.31970/gurutua.v4i1.67.
Kardinus, Akbar, &. Rusfandi. 2022. “Implementasi Program Pendidikan Karakter Untuk Membangun Sikap Kepedulian Sosial.” Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI 16(1):32.
Manik Nur Haq, Mukhamad Murdiono. 2019. “Analisis Model Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Membentuk Karakter Siswa.” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan 16(2):111–21.
Mohammad Dendy Fathurahman Bahrudin. 2017. “Pelaksanaan Program Adiwiyata Dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sma Negeri 4 Pandeglang.” Jurnal Pendidikan Geografi 17(1):25–37.
Musyaroh, Alfi, and Arif Purnomo. 2023. “Penanaman Karakter Peduli Sosial Pada Pembelajaran Ips Siswa Kelas Vii Mts Al Asror Patemon Semarang.” Sosiolium 5(2):95–105.
Nugroho, Abdillah, Ayu Fatonah, Dwi Putra Enggar Wijaya, Rinanda Prakarsa Putri, Muhammad Nurul Fikri, Oki Setiawan, Lastika Yuly Kurniawan, Juwari Septi Astuti, Febi Tria Primandika, and Sischa Aprilya Chyntia Budiarti. 2020. “Menumbuhkembangkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Melalui Kegiatan Penghijauan Di MIM Pakang Andong, Boyolali.” Buletin KKN Pendidikan 2(2):69–74. doi: 10.23917/bkkndik.v2i2.11196.
Otniel Nasozaro, Hendrikus. 2019. “Pembangunan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Warta Edisi : 62 5(87):24–33.
Rahayu, Restu, Sofyan Iskandar, and Yunus Abidin. 2022. “Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia.” Jurnal Basicedu 6(2):2099–2104. doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2082.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Faelasup, Rizky Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.