Integrasi Media Digital Interaktif Dalam Pengajaran Materi Qur’an dan Hadist
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1122Keywords:
Media digital interaktif, Qur’an Hadist, pembelajaran, literasi digitalAbstract
Transformasi digital telah membuka peluang besar dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pengajaran Qur’an dan Hadist. Media digital interaktif hadir sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pendekatan yang menarik, partisipatif, dan sesuai dengan karakteristik generasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi model integrasi media digital interaktif dalam pembelajaran Qur’an dan Hadist, serta meninjau kesiapan guru dan siswa dalam implementasinya. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif-tematik terhadap berbagai sumber ilmiah terkait. Hasil kajian menunjukkan bahwa media digital seperti aplikasi mobile, video animasi, dan platform e-learning mampu meningkatkan pemahaman, minat, dan keterlibatan siswa secara signifikan. Namun demikian, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan kurangnya keterampilan guru masih menjadi hambatan. Penelitian ini merekomendasikan penguatan literasi digital, pelatihan guru, dan dukungan kebijakan sekolah sebagai strategi penting untuk mengoptimalkan pemanfaatan media digital dalam pembelajaran Qur’an dan Hadist secara berkelanjutan.
References
Amalia, D. R., & Vatimah, V. S. (2022). Pengaruh penggunaan aplikasi Al-Qur’an Android terhadap motivasi membaca Al-Qur’an pada siswa SMP Islam Terpadu Al-Falah Muhammadiyah Cilawu Garut. Jurnal Masagi, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.37968/masagi.v1i2.293
Arifin, Z. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII Madrasah Tsanawiyah berbasis Android. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(4), 293–305. https://doi.org/10.55868/jeid.v2i4.110
Fathoni, M., Nugroho, D., & Siswanti, S. (2013). Pengaruh media pembelajaran Al-Qur’an berbasis multimedia terhadap minat belajar Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Sinus, 11(1), 53–64. http://dx.doi.org/10.30646/sinus.v11i1.107
Fauzi, A. (2023). Strategi guru kelas dalam pengentasan materi mata pelajaran Al-Quran Hadist secara daring pada era Covid-19 di MIN Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1189–1197. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5406
Fauziah, S., & Achmad, P. (2025). Pengaruh penggunaan media digital dalam pembelajaran PAI terhadap motivasi belajar siswa Sekolah Dasar SDIT Al-Barkah 03. Al-Afkar: Journal for Islamic Studies, 8(1), 674–682. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v8i1.1729
Fitriyani, T., & Saifullah, I. (2020). Analisis kurikulum mata pelajaran Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 14(2), 355. https://doi.org/10.52434/jp.v14i2.1003
Ganif Herlambang, A., Fathurrahman, F., Ramadhan, M. I., Zilhazem, M. T., & Wismanto, W. (2024). Analisis tentang kedudukan Al-Qur’an dan Hadits sebagai dasar pendidikan Islam. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(2), 702–713. https://doi.org/10.60126/maras.v2i2.246
Herwani, F., Azwar, B., & Yanuarti, E. (2020). Faktor-faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa: Studi pada materi Qur’an Hadist di MA Ar-Rahma Desa Air Meles Atas. Al-Mau’Izhoh, 2(1), 37–49. http://dx.doi.org/10.31949/am.v2i1.2185
Khasanah, M. (2024). Tantangan penerapan teknologi digital dalam pendidikan Islam: Memanfaatkan inovasi untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 282–289. https://doi.org/10.32939/ljmpi.v2i2.4240
Noor, M. (2019). Guru profesional dan berkualitas (Sulistiono, Ed.). Alprin.
Novela, D., Suriani, A., & Nisa, S. (2024). Implementasi pembelajaran inovatif melalui media digital di sekolah dasar. Journal of Practice Learning and Educational Development, 4(2), 100–105. https://doi.org/10.58737/jpled.v4i2.283
Nurdiana, I. W., & Zainiyati, H. S. (2020). Pengembangan mobile learning berbasis Android smartphone Al-Qur’an Hadits kelas IV MI Hidayatul Ulum Tempel Krian. Journal of Islamic Religious Education, 4(2), 115–124. https://doi.org/10.30762/ed.v4i2.2191
Panggabean, J. Z. Z., Januaripin, M., Husnita, L., Wulandari, T., Pureka, M. N. Y., Arsyati, A. M., Mardiawati, K., Murawak, R. M., Supriatna, A., Dhamayanti, P. A., Mesalina, J., & Judijanto, L. (2024). Teknologi media pembelajaran: Penerapan teknologi media pembelajaran di era digital (E. Rianty, Ed.). PT Green Pustaka Indonesia.
Pasaribu, Z. K., Sapri, & Pulungan, J. J. (2024). Problematika guru Al-Qur’an Hadis dalam menggunakan media pembelajaran berbasis digital di MTsN 3 Padang Lawas. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 3(1), 78–90. https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v3i2.351
Ridho, F., Riswanto, & Mindani. (2021). Kompetensi guru dalam penggunaan e-learning pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas X di MAN 1 Bengkulu Utara. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 38–44. http://dx.doi.org/10.29300/btu.v6i1.5726.g4370
Said, M. M. (2020). Manajemen pembelajaran Al-Qur’an Hadis berbasis media digital di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Islamic Education Manajemen, 5(2), 245–254. https://doi.org/10.15575/isema.v5i2.6280
Sari, H. W., Rizqa, M., & Risnawati, R. (2024). Pengembangan media pembelajaran Al-Qur’an Hadis berbasis Canva dan Quizziz. JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata dan Pembelajaran Konseling, 2(2), 676–684. https://doi.org/10.57235/jamparing.v2i2.3067
Saripuddin B, M. (2024). Pemanfaatan media digital untuk pengajaran Al-Qur’an dan Hadis di era digital. Khazanah: Journal of Islamic Studies, 3(4), 18–24.
Satria Ramadhan, M., Apriliani, S. D., Firjatullah, N. S., & Pratama, R. Y. P. (2023). Dampak perkembangan teknologi digital di sektor pendidikan. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(6), 1772–1784. https://doi.org/10.59188/jcs.v2i6.399
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
Tanjung, R. R., Rtonga, A. A., Abdullah, B. M., Siregar, N. A., & Armillah, A. (2024). Transformasi digital dalam pendidikan: Meningkatkan kualitas pembelajaran melalui teknologi. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 211–217. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i2.2195
Wasito, W. (2022). Pengembangan media pembelajaran Al-Qur’an berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan hafalan siswa. Journal of Islamic Education and Innovation, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.26555/jiei.v3i1.6109
Wulandari, D., Sunarto, A., & Bahri, H. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Wordwall pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist untuk meningkatkan minat belajar siswa di MAN Seluma Kab. Seluma Provinsi Bengkulu. Al-Bahtsu, 9(2), 256–265. http://dx.doi.org/10.29300/btu.v9i2.5516.g4162
Zahara, S., & Hendriana, B. (2021). Pengembangan media video animasi untuk kemampuan menghafal Hadist pada anak usia dini. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3593–3601. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.948
Zulfikri, M., El, F. F. F., Wahyuni, S. I., & Hasibuan, N. A. (2023). Pengembangan multimedia interaktif berbasis web pada mata pelajaran Qur’an Hadist. Edu Global: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 53–64. https://doi.org/10.56874/eduglobal.v4i2.1705
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abdul Hakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.