Model Kepemimpinan Profetik Rasulullah dalam Konteks Kepemimpinan Transformasional Modern
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1100Keywords:
Kepemimpinan Profetik, Nilai Islam, Kepemimpinan TransformasionalAbstract
Kepemimpinan Rasulullah Muhammad SAW merupakan model kepemimpinan profetik yang berakar pada nilai-nilai luhur Islam, seperti Shiddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathanah. Nilai-nilai ini tidak hanya mencerminkan dimensi spiritual, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan terhadap praktik kepemimpinan yang efektif dan etis dalam berbagai konteks. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik kepemimpinan profetik Rasulullah SAW serta relevansi dan konvergensinya dengan model kepemimpinan transformasional modern, khususnya dalam bidang pendidikan, organisasi sosial, dan pemerintahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode studi pustaka, yang dianalisis secara tematik untuk menemukan hubungan antara nilai-nilai profetik dan dimensi kepemimpinan transformasional. Hasil kajian menunjukkan bahwa kepemimpinan Rasulullah SAW memiliki kesesuaian konseptual dengan prinsip-prinsip kepemimpinan transformasional modern seperti pengaruh ideal, motivasi inspiratif, stimulasi intelektual, dan perhatian individual. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan model kepemimpinan Islam yang kontekstual dan aplikatif di era kontemporer, serta mendorong integrasi nilai-nilai profetik dalam pelatihan kepemimpinan dan kurikulum pendidikan Islam
References
Bantam, D. (2022). Kepemimpinan dalam organisasi siswa intra sekolah (osis). Indonesian Psychological Research, 4(2), 92-101. https://doi.org/10.29080/ipr.v4i2.694
Febriana, W., Nengsih, D., Asmendri, A., & Sari, M. (2024). Meneladani gaya kepemimpinan nabi muhammad saw dalam pendidikan islam. Jurnal Inovasi Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (Jiepp), 4(2), 217-222. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.441
Hasmiza, H., Anasri, A., Arif, M., & Haris, A. (2023). Konsep pendidikan islam: telaah model pendidikan “rasulullah sebagai role model pendidik”. Research and Development Journal of Education, 9(1), 27. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.13836
I. Azis, “Keteladanan sifat rasullah muhammad saw dalam etika profesi akuntan publik”, E-Jurnal Akuntansi, 2020, Vol. 30(5), hal. 1142
Ihsan, R., S, Y., Y, A., & Gunawan, G. (2021). Karakteristik kepemimpinan pendidikan islam persepektif q.s. al maidah ayat 57 dan q.s. at taubah ayat 71. Masaliq, 1(3), 72-86. https://doi.org/10.58578/masaliq.v1i3.49
Komariah, K., Masyitoh, M., Wahid, M., & Bahri, S. (2024). Hubungan antara politik dan kepemimpinan islam: tantangan dan peluang. Reslaj Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(12). https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i12.4021
Kurniandini, S., Chailani, M., & Fahrub, A. (2022). Pemikiran ibnu khaldun (pragmatis-instrumental) tentang pendidikan dan relevansinya dengan dunia modern. Jurnal Pendidikan, 31(3), 349-360. https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2864
L. Maktumah, & Minhaji, “Prophetic leadership dan implementasinya dalam lembaga pendidikan islam”, Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2020, Vol. 4(2), hal. 133-148
Lailiyah, A., Fajarani, R., & Mubiina, F. (2021). Konsep kepemimpinan dalam menciptakan manajemen pendidikan islam yang baik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1157-1168. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.227
Marjuni, A. (2021). Karakteristik nilai dan moralitas kepemimpinan pendidikan islam. Al Asma Journal of Islamic Education, 3(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v3i1.19046
Mirela, T., Arifin, Z., Jamroh, M., & Us, K. (2021). Prophetic leadership: examining the prophetic leadership concept of the prophet muhammad saw. Innovatio Journal for Religious Innovations Studies, 21(1), 62-74. https://doi.org/10.30631/innovatio.v21i1.130
Murniati, J. (2021). Characteristics of leadership in private university organizations in indonesia: a conceptual model (karakteristik kepemimpinan organisasi perguruan tinggi swasta di indonesia: sebuah model konseptual). Anima Indonesian Psychological Journal, 36(2), 274-325. https://doi.org/10.24123/aipj.v36i2.3915
RA. Fatimah, F. Setiawan, & MAN. Tajuddin, “Kepemimpinan profetik dalam manajemen pendidikan bagi pemimpin masa depan”, Anwarul, 2022, Vol. 2(6), hal. 447-454
Saefurridja, A., Mujab, S., & Amarullah, M. (2023). Model kepemimpinan pendidikan masa depan : sebuah tinjauan berlandaskan perspektif agama, filsafat, psikologi dan sosiologi. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 849-857. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4615
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Firda Amalia Thoyibah, Hajizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.