Model Kepemimpinan Profetik Rasulullah dalam Konteks Kepemimpinan Transformasional Modern

Authors

  • Firda Amalia Thoyibah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Hajizah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1100

Keywords:

Kepemimpinan Profetik, Nilai Islam, Kepemimpinan Transformasional

Abstract

Kepemimpinan Rasulullah Muhammad SAW merupakan model kepemimpinan profetik yang berakar pada nilai-nilai luhur Islam, seperti Shiddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathanah. Nilai-nilai ini tidak hanya mencerminkan dimensi spiritual, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan terhadap praktik kepemimpinan yang efektif dan etis dalam berbagai konteks. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik kepemimpinan profetik Rasulullah SAW serta relevansi dan konvergensinya dengan model kepemimpinan transformasional modern, khususnya dalam bidang pendidikan, organisasi sosial, dan pemerintahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode studi pustaka, yang dianalisis secara tematik untuk menemukan hubungan antara nilai-nilai profetik dan dimensi kepemimpinan transformasional. Hasil kajian menunjukkan bahwa kepemimpinan Rasulullah SAW memiliki kesesuaian konseptual dengan prinsip-prinsip kepemimpinan transformasional modern seperti pengaruh ideal, motivasi inspiratif, stimulasi intelektual, dan perhatian individual. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan model kepemimpinan Islam yang kontekstual dan aplikatif di era kontemporer, serta mendorong integrasi nilai-nilai profetik dalam pelatihan kepemimpinan dan kurikulum pendidikan Islam

References

Bantam, D. (2022). Kepemimpinan dalam organisasi siswa intra sekolah (osis). Indonesian Psychological Research, 4(2), 92-101. https://doi.org/10.29080/ipr.v4i2.694

Febriana, W., Nengsih, D., Asmendri, A., & Sari, M. (2024). Meneladani gaya kepemimpinan nabi muhammad saw dalam pendidikan islam. Jurnal Inovasi Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (Jiepp), 4(2), 217-222. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.441

Hasmiza, H., Anasri, A., Arif, M., & Haris, A. (2023). Konsep pendidikan islam: telaah model pendidikan “rasulullah sebagai role model pendidik”. Research and Development Journal of Education, 9(1), 27. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.13836

I. Azis, “Keteladanan sifat rasullah muhammad saw dalam etika profesi akuntan publik”, E-Jurnal Akuntansi, 2020, Vol. 30(5), hal. 1142

Ihsan, R., S, Y., Y, A., & Gunawan, G. (2021). Karakteristik kepemimpinan pendidikan islam persepektif q.s. al maidah ayat 57 dan q.s. at taubah ayat 71. Masaliq, 1(3), 72-86. https://doi.org/10.58578/masaliq.v1i3.49

Komariah, K., Masyitoh, M., Wahid, M., & Bahri, S. (2024). Hubungan antara politik dan kepemimpinan islam: tantangan dan peluang. Reslaj Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(12). https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i12.4021

Kurniandini, S., Chailani, M., & Fahrub, A. (2022). Pemikiran ibnu khaldun (pragmatis-instrumental) tentang pendidikan dan relevansinya dengan dunia modern. Jurnal Pendidikan, 31(3), 349-360. https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2864

L. Maktumah, & Minhaji, “Prophetic leadership dan implementasinya dalam lembaga pendidikan islam”, Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2020, Vol. 4(2), hal. 133-148

Lailiyah, A., Fajarani, R., & Mubiina, F. (2021). Konsep kepemimpinan dalam menciptakan manajemen pendidikan islam yang baik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1157-1168. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.227

Marjuni, A. (2021). Karakteristik nilai dan moralitas kepemimpinan pendidikan islam. Al Asma Journal of Islamic Education, 3(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v3i1.19046

Mirela, T., Arifin, Z., Jamroh, M., & Us, K. (2021). Prophetic leadership: examining the prophetic leadership concept of the prophet muhammad saw. Innovatio Journal for Religious Innovations Studies, 21(1), 62-74. https://doi.org/10.30631/innovatio.v21i1.130

Murniati, J. (2021). Characteristics of leadership in private university organizations in indonesia: a conceptual model (karakteristik kepemimpinan organisasi perguruan tinggi swasta di indonesia: sebuah model konseptual). Anima Indonesian Psychological Journal, 36(2), 274-325. https://doi.org/10.24123/aipj.v36i2.3915

RA. Fatimah, F. Setiawan, & MAN. Tajuddin, “Kepemimpinan profetik dalam manajemen pendidikan bagi pemimpin masa depan”, Anwarul, 2022, Vol. 2(6), hal. 447-454

Saefurridja, A., Mujab, S., & Amarullah, M. (2023). Model kepemimpinan pendidikan masa depan : sebuah tinjauan berlandaskan perspektif agama, filsafat, psikologi dan sosiologi. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 849-857. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4615

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Firda Amalia Thoyibah, & Hajizah. (2025). Model Kepemimpinan Profetik Rasulullah dalam Konteks Kepemimpinan Transformasional Modern. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 582–589. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1100

Issue

Section

Articles