Gaya Kepemimpinan Dalam Mengatasi Konflik di Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • Getar Rahmi Pertiwi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Maisah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Lukman Hakim UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.108

Abstract

Gaya kepemimpinan merupakan karakter pemimpin dalam mengarahkan anggota organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan gaya kepemimpinan dalam mengatasi konflik di lembaga pendidikan islam. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan (library research). Pada penelitian ini tidak terdapat lokasi penelitian, karena seluruh data diambil dari jurnal, buku, dan proseding ilmiah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat dipaparkan pertama, kepemimpinan dalam Lembaga pendidikan merupakan setiap tindakan yang dilakukan terhadap fasilitas pendidikan untuk meraih prestasi dari sasaran pendidikan yang telah ditentukan. Kedua, gaya kepemimpinan terdiri dari gaya kepemimpinan otoriter, gaya kepemimpinan laissez faire, gaya kepemimpinan demokratis. Ketiga, solusi menciptakan sebuah iklim kepemimpinan yang baik di era moderen saat ini, yaitu kepemimpinan yang baik sesuai dengan tuntunan islam yang kontekstual agar pemimpin di lembaga pendidikan bisa menjadi pemimpin yang bisa membawa lembaga yang dipimpinnya menuju tujuan yang diimpikan. Keempat, konflik merupakan benturan menunjuk pada semua bentuk benturan, tabrakan, ketidaksesuaian, pertentangan, perkelaian, oposisi, dan interaksi-interaksi yang bersifat antagonis.

Downloads

Published

2023-07-01

How to Cite

Rahmi Pertiwi, G., Maisah, & Hakim, L. (2023). Gaya Kepemimpinan Dalam Mengatasi Konflik di Lembaga Pendidikan Islam. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 102–117. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.108

Issue

Section

Articles