Metode Picture Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI
(Studi di SMAN 1 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau)
DOI:
https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i1.105Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui metode picture pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan metode pembelajaran Picture dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PAI kelas XI SMAN 1 Kelayang yaitu pada siklus I 66,66% dan pada siklus II 80,30%. Berdasarkan analisis data yang didapat, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa menggunakan metode Picture dalam mata pelajaran PAI dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.