Teknik Merumuskan Judul Penelitian Ilmiah Pada Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Ruang Lingkup Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Hasan Syahrizal UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Putri Nova Liani Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.61104/jd.v2i1.143

Abstract

Penelitian ilmiah pendidikan anak usia dini merupakan suatu upaya dalam perbaikan lembaga dan proses pembelajaran. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan teknik merumuskan judul penelitian ilmiah pada jenis penelitian tindakan kelas (PTK) raung lingkup pendidikan anak usia dini. Pendekatan penelitian yang digunakan untuk penyelesaian dalam penelitian ini adalah penelitian literatur, yakni penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data berupa buku dan jurnal ilmiah terdahulu yang berkaitan dengan tema penelitian, dengan tanpa lokasi penelitian, karena seluruh data diambil melalui buku dan jurnal ilmiah. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, dengan teknik analisis data penelitian yaitu mereduksi data, menyajikan data dan menverifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini ditemukan bahwa dalam merumuskan judul penelitian tindakan kelas (PTK) terdapat dua cara yakni; cara pertama adalah dengan menuliskan tindakannya di bagian awal, permasalahan di bagian tengah dan subjek di bagian akhir. Sedangkan cara kedua adalah dengan menuliskan permasalaha di bagian awal, tindakan di bagian tengah dan subjek di bagian akhir. Pada subjek sebaiknya ditulis pada bagian akhir pada judul.

References

Agung, C. K., & Rodlotul, J. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Dampu Bulan. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 45. https://doi.org/https://doi.org/10.61650/jptk.v1i1.181

Anda, J. (2012). Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). CV.Budi Utama.

Anita. (2023a). Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Media Visual. DZURRIYAT: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 9–15.

Anita. (2023b). Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Media Visual. DZURRIYAT: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 9. https://doi.org/https://doi.org/10.61104/jd.v1i2.45

Asep, D. A. L., & Candra, M. S. (2023). Pedoman Menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK). CV.Widina Media Utama.

Eko, S. P. (2023). Penelitian Tindakan Kelas. Eureka Media Aksara.

Ellinawati, Fitria, S., & Mustika, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Ular Tangga. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 148.

Fahmi, Dina, C., Suryadin, H., Muhammadong, Sari, S., Julhidayat, M., Laily, R. L., Heny, K. R., Wanda, N. Y., Masfa, M., Tarjo, & Astuti, W. (2021). Penelitian Tindakan Kelas, Panduan Lengkap dan Praktis. CV.Adanu Abimata.

Fenny, F., Amirul, M., & Yennizar. (2023). Implementasi Bermain Outdoor Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 60–71.

Fitriana. (2023). Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Lingkungan Keluarga Terhadap Penggunaan Gadget Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 82–91.

Friska, I. S., Wulan, P., & Agus, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Kreatifitas Seni. Jurnal Ceria, 2(3), 65.

Hasan, S., & Nurhafizah. (2023). Dampak Metode Pembelajaran Kartu Huruf Hijaiyah Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 47–54.

Hayatun, N. (2023). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Play Dough. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 27. https://doi.org/https://doi.org/10.61104/jd.v1i2.34

Hilda, R. S. E. K. (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 91–98.

Husna, F., Awiria, & Nurul, M. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. IC Publiser.

Komariah, Tuti, I., & Jamilah. (2023). Permainan Pohon Angka Dalam Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–13.

Kusnul, S., Fadlilah, & Jamilah. (2023). Implementasi play dough Dalam Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 67–81.

Maimunah, P. H. H., Risnita, & M.Syahran, J. (2023). Perumusan Masalah Ilmiah Variabel dan Fokus Dalam Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 23–35.

Maria, H. (2013). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bekiak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 65. https://www.neliti.com/publications/117598/peningkatan-kemampuan-motorik-kasar-anak-melalui-permainan-bakiak

Marziana, & Harun. (2023). Metode S P J & T Literasi Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1–8.

Mawaddah, W., Risnita, & M.Syahran, J. (2023). Pendekatan Dan Tahapan Penelitian Dalam Kajian Pendidikan Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 72–81.

Megawati, Zawaqi, A. J., & A.A.Musyafa. (2023). Penerapan Media Kartu Bergambar Untuk Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 36–46.

Mu’alimin. (2015). Penelitian Tindakan Kelas, Teori dan Praktik. Gading Pustaka.

Muhammad, D. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). CV.Arti Bumi Intaran.

Nurhafizah, & Hasan, S. (2023a). Dampak Peran Orangtua dan Pembelajaran Daring Pada Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 55–66.

Nurhafizah, & Hasan, S. (2023b). Inovasi Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 33–46.

Nurhasanah, M.Syahran, J., & Zukhairina. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 5-6 Tahun. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 101.

Nurillah, H. (2023). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Play Dough. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 27–32.

Nurul, A., Amirul, M., & Zukhairina. (2023). Pengaruh Metode Discovery Learning Dan Pembelajaran Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 16–26.

Nuzul, D. C., Sukarno, & Zawaqi, A. J. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Dan Keterampilan Berfikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Permainan Loose Parts. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 14. https://doi.org/https://doi.org/10.61104/jd.v1i1.16

Nuzul, D., Sukarno, & Zawaqi, A. J. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Berfikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Permainan Loose Parts. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 14–22.

Qalka, S., & Hairul, F. (2023). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Taman Kanak-Kanak. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 94–100.

Rayzah, M., Jamil, Z. A., & Jamilah. (2023). Permainan Tradisional Lompat Tali Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 82–93.

Reni, N., M.Nasirun, & Delrefi, D. (2019). kelompok B di PAUD Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 65. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12

Samsu. (2017a). Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development). Pusaka.

Samsu. (2017b). Metode Penelitian (teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development). PUSAKA.

Siti, T. M. (2020). Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Senam Irama. Jurnal Care, 8(1), 45.

Sutoyo. (2020). Teknik Penyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Unisri Press.

Uswatun, H. M. T., & Dimyati. (2022). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166

Wan, F., Tuti, I., & Zukhairina. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 47–59.

Yalvema, M. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dan Dosen. UNP Press.

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Syahrizal, H., & Nova Liani, P. (2024). Teknik Merumuskan Judul Penelitian Ilmiah Pada Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Ruang Lingkup Pendidikan Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 75–87. https://doi.org/10.61104/jd.v2i1.143

Issue

Section

Articles