Media Pembelajaran Efektif Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini

Authors

  • Putri Nova Liani Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.61104/dz.v2i2.315

Abstract

Media merupakan salah satu sarana yang dapat menstimulasi perkembangan sosial emosional anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan media pembelajaran efektif dalam menstimulasi perkembangan sosial emosional anak usia dini. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, diaman seluruh data diambil melalui penelitian terdahulu berupa jurnal dan buku. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran efektif dalam menstimulasi perkembangan sosial emosional anak usia dini diataranya adalah media catur ekspresi, permainan tradisional, metode berbcerita, media permainan face poly, bermain peran, penggunaan media permainan puzzle, animation video learning media, literasi media audio visual, media video animasi. Implikasi dari penelitian ini dapat memberikan rujukan bagi para pendidikan dan praktisi anak usia dini dalam melakukan aktivitas stimulasi perkembangan sosial emosional anak usia dini, hal ini telah diuji dalam beberapa penelitian dan dipublikasikan secara ketat pada jurnal ilmiah.

References

Ade, L. H., Rosmaimuna, S., & Jumaita, N. L. (2023). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4871–4880.

Aliya, B., Elan, & Gilar, G. (2023). Stimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Permainan Puzzle. Jurnal PAUD AGAPEDIA, 7(2), 184–189.

Anita. (2023). Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Media Visual. DZURRIYAT: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 9–15.

Annisabella, A. G., & Mallevi, A. N. (2023). Pengembangan Media Catur Ekspresi Untuk Menstimulasi Kemampuan Mengenal Emosi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 31–47.

Desvi, W., Indah, D. S., & Ade, T. K. (2023). Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Literasi Media Audio Visual. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30054–30059.

Diajeng, A., & Sudaryanti. (2023). Peran Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4565–4574.

Elce, P., Nur, H., Okky, L. A., Arni, M., & Nik, H. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(1), 47–55.

Fenny, F., Amirul, M., & Yennizar. (2023). Implementasi Bermain Outdoor Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 60–71.

Fenny, F., & Padli. (2024). Penguatan Sikap Toleransi Dalam Menumbuhkembangkan Nilai Moderasi Beragama Anak Usia Dini. DZURRIYAT: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1–9.

Fitriana. (2023). Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Lingkungan Keluarga Terhadap Penggunaan Gadget Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 82–91.

Hasan, S., & Nurhafizah. (2023). Dampak Metode Pembelajaran Kartu Huruf Hijaiyah Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 47–54.

Hilda, R. S. E. K. (2023a). Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 91–98.

Hilda, R. S. E. K. (2023b). Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 91–98.

Karina, K. W., Tomas, I., & Rosyi, D. T. M. (2024). Pengembangan Media Permainan Face Poly Untuk Menstimulasi Kemampuan Sosial Emosional Anak. JurnalAAUDHI, 7(1), 81–89.

Komariah, Tuti, I., & Jamilah. (2023). Permainan Pohon Angka Dalam Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–13.

Kusnul, S., Fadlilah, & Jamilah. (2023). Implementasi play dough Dalam Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 67–81.

Marziana, & Harun. (2023). Metode S P J & T Literasi Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1–8.

Mawaddah, W., Risnita, & M.Syahran, J. (2023). Pendekatan Dan Tahapan Penelitian Dalam Kajian Pendidikan Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 72–81.

Megawati, Zawaqi, A. J., & A.A.Musyafa. (2023). Penerapan Media Kartu Bergambar Untuk Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 36–46.

Nurhafizah, & Hasan, S. (2023a). Dampak Peran Orangtua dan Pembelajaran Daring Pada Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 55–66.

Nurhafizah, & Hasan, S. (2023b). Inovasi Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 33–46.

Nurhafizah, & Hasan, S. (2023c). Inovasi Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 33–46.

Nurhasanah, M.Syahran, J., & Zukhairina. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 5-6 Tahun. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 101.

Nurillah, H. (2023a). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Play Dough. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 27–32.

Nurillah, H. (2023b). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Play Dough. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 27–32.

Nurul, A. (2014). Permainan Tradisional Alternatif Media Pengembangan Kompetensi Sosial Emosi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini, 5(1), 1–12.

Nurul, A., Amirul, M., & Zukhairina. (2023). Pengaruh Metode Discovery Learning Dan Pembelajaran Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 16–26.

Nuzul, D., Sukarno, & Zawaqi, A. J. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Berfikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Permainan Loose Parts. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 14–22.

Qalka, S., & Hairul, F. (2023). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Taman Kanak-Kanak. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 94–100.

Rayzah, M., Jamil, Z. A., & Jamilah. (2023). Permainan Tradisional Lompat Tali Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 82–93.

Tasya, T. D. (2021). The Effect Of Animation Video Learning Media On Social Emotional Development Of Early Children: A Literature Review. Early Childhood Education and Development Journal, 3(1), 47–58.

Wan, F., Tuti, I., & Zukhairina. (2023a). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 47–59.

Wan, F., Tuti, I., & Zukhairina. (2023b). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 47–59.

Wina, Dian, M., & Lukmanulhakim. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Menstimulasi Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(12), 3357–3364.

Downloads

Published

2024-08-20

How to Cite

Nova Liani, P. (2024). Media Pembelajaran Efektif Dalam Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 10–27. https://doi.org/10.61104/dz.v2i2.315

Issue

Section

Articles