Dampak Peran Orangtua dan Pembelajaran Daring Pada Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Nurhafizah STAIN Bengkalis Riau
  • Hasan Syahrizal STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

DOI:

https://doi.org/10.61104/jd.v1i1.24

Keywords:

Pembelajaran Daring, Peran Orangtua

Abstract

Kemajuan teknologi informasi yang merambat pada dunia pendidikan menyebabkan banyak perubahan pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pembelajaran daring dan peran orangtua dalam meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini. Metode penelitian menggunakan pendekatan  kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama guru dan orangtua yang melandasi ketercapaian pembelajaran daring dalam meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini, dengan pembelajaran daring guru mengimplementasikan penggunaan aplikasi whatshap, google classroom, sedangkan orangtua dirumah menyediakan fasilitas belajar, memberikan pendampingan saat belajar, peningkatan kecerdasan sosial emosional anak terlihat dari anak dapat mengendalikan diri, mengikuti aturan belajar

Downloads

Published

2023-03-07

How to Cite

Nurhafizah, & Syahrizal, H. (2023). Dampak Peran Orangtua dan Pembelajaran Daring Pada Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 55–66. https://doi.org/10.61104/jd.v1i1.24

Issue

Section

Articles