Dampak Peran Orangtua dan Pembelajaran Daring Pada Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.61104/jd.v1i1.24Keywords:
Pembelajaran Daring, Peran OrangtuaAbstract
Kemajuan teknologi informasi yang merambat pada dunia pendidikan menyebabkan banyak perubahan pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pembelajaran daring dan peran orangtua dalam meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama guru dan orangtua yang melandasi ketercapaian pembelajaran daring dalam meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini, dengan pembelajaran daring guru mengimplementasikan penggunaan aplikasi whatshap, google classroom, sedangkan orangtua dirumah menyediakan fasilitas belajar, memberikan pendampingan saat belajar, peningkatan kecerdasan sosial emosional anak terlihat dari anak dapat mengendalikan diri, mengikuti aturan belajar