Dampak Metode Pembelajaran Kartu Huruf Hijaiyah Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.61104/jd.v1i1.23Keywords:
Anak usia dini, Huruf hijaiyah, MetodeAbstract
Metode pembelajaran merupakan bentuk langkah-langkah dalam mengefektifkan pelaksanaan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana dampak metode pembelajaran kartu huruf hijaiyah dalam mengenalkan huruf hijaiyah anak usia dini. Metode dalam penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian adalah guru kelas dan guru pendamping. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan pada kartu huruf hijaiyah dalam mengenalkan huruf hijaiyah adalah metode bernyanyi dan bermain, dampak dari metode kartu huruf hijaiyah dalam mengenalkan huruf hijaiyah yang diterapkan menjadikan anak bergembira dan mengikuti proses pembelajaran dengan suka rela, anak-anak juga mengenal huruf hijaiyah dengan baik yang dilantunkan dengan nyanyian huruf hijaiyah mulai dari alif sampai ya