Desain Lintasan Belajar Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Menemukan Rumus Luas Permukaan Tabung di Kelas IX SMP
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.772Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lintasan belajar berbasis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam rangka membantu siswa kelas IX SMP menemukan rumus luas permukaan tabung. Pendekatan design research digunakan dalam penelitian ini dengan tahapan preparation phase, design phase, dan retrospective analysis. Subjek penelitian melibatkan 32 siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Tanjungbalai. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, dan analisis dokumen. Lintasan belajar yang dikembangkan berfokus pada pemberian masalah kontekstual yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, seperti menghitung luas permukaan tabung pada kaleng atau wadah tertentu. Proses pembelajaran dimulai dengan eksplorasi masalah menggunakan LKPD dan peralatan yang sudah di bawa dari rumah, seperti toples atau wadah yang berbentuk tabung,kertas origami, penggaris, pensil dan alat tulis lainnya, dilanjutkan dengan diskusi kelompok untuk memecahkan masalah yang ada pada LKPD, dan diakhiri dengan presentasi hasil oleh setiap kelompok. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan pemahaman konseptual siswa terhadap konsep geometri, khususnya luas permukaan tabung. Siswa mampu mengonstruksi pemahaman dengan mengidentifikasi elemen tabung, seperti jari-jari, diameter, dan tinggi, serta mengintegrasikan konsep lingkaran untuk menemukan rumus luas permukaan. Hasil analisis retrospektif menunjukkan bahwa pendekatan PBL memfasilitasi proses berpikir kritis, kolaborasi, dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Selain itu, siswa menunjukkan kemampuan untuk mengaitkan konsep yang dipelajari dengan situasi nyata, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran matematika untuk materi geometri sebagai alternatif inovatif yang mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar.
Downloads
References
Ferial, H., & Rohani, E. (2023). Model Pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka Dengan Strategi Berdifferensiasi. Yogyakarta: CV ISTANA AGENCY.
Abdullah, A. R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar. Kota Malang: CV.Literasi Nusantara Abadi.
Towe, M. M. (2023). Desain Lintasan Belajar dengan Menggunakan Problem Based Learning pada Materi Luas Permukaan dan Volume Prisma. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 54-64.
Gravemeijer, K., & Cobb, P. 2006. Design Research from a Learning Design Perspective. In J. Akker, K.
Hanifah, S.Q., Sukirwan. 2023. Desain Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 8 No 1
Mesayu, A. (2024). Pengembangan augmented reality based geometry module (ar–geo) untuk meningkatkan kemampuan spasial pada pembelajaran materi geometri 3d di SMA Negeri 3 Medan .(Tesis Pascasarjana,Universitas Muhammadyah Sumataera Utara).
Irmayanti, L. W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Pada Siswa Kelas IX I SMP Negeri 1 Margasari Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Widyatama, 19(3), 298-310.
Rahmayani, W., Putra, Z. H., & Noviana, E. (2021). Desain Lintasan Belajar Kubus dan Balok dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 5(2), 88-110.
https://id.scribd.com/document/630549939/BAHAN-AJAR-TABUNG-LUAS-DAN-VOLUME-EDIT
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Masithoh, Farah Dhiba Myrani, Tua Halomoan Harahap, Ellis Mardiana Panggabean

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.