Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Membandingkan Dan Mengurutkan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Authors

  • Sri Mariati Habeahan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Susilawati Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Ellis Mardiana Panggabeahan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Tua Halomoan Harahap Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.760

Abstract

Pembelajaran konsep pecahan, khususnya dalam membandingkan dan mengurutkan pecahan, sering kali menjadi tantangan bagi siswa karena sifat abstrak dari materi tersebut. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lintasan belajar yang dirancang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Bases Learning/ PBL) untuk membantu siswa memahami materi dengan lebih mendalam. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Informan dalam penelitian ini siswa kelas 5 di sekolah dasar, sebanyak 25 siswa terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang dirancang selama tiga pertemuan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi membandingkan dan mengurutkan pecahan. Model ini tidak hanya membuat pembelajaran menjadi lebih kontekstual dan bermakna tetapi juga mengembangkan keterampilan kolaborasi dan berpikir kritis dalam pemecahan masalah siswa. Penerapan PBL juga berhasil memfasilitasi pemahaman visual siswa melalui penggunaan alat bantu seperti garis bilangan dan manipulatif konkret, yang membantu siswa membandingkan pecahan secara lebih mudah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baharuddin, M. R. (2020). Konsep Pecahan dan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 486-492.

Hendriana, H., dan Soemarmo, U. 2019. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Lynn M. B. Galloway & Julie H. G. Galloway. (2018). Problem-Based Learning in the 21st Century. Switzerland. Springer .

Suyanto. (2017). Pembelajaran berbasis Masalah (Problem-Based_Learning) dalam pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful, S. (2018). Pembelajaran matematika yang Bermakna : Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Syamsidah & Hamidah Suryani. (2018). Model Pembelajaran Based Learning (PBL). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Yamin. (2016). Pembelajaran berbasis Masalah (Problem-Based_Learning) dalam Pendidikan : Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Yulianto, A. (2017). Matematika Sekolah Dasar : Teori dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Sri Mariati Habeahan, Susilawati, Ellis Mardiana Panggabeahan, & Tua Halomoan Harahap. (2025). Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Membandingkan Dan Mengurutkan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3(1), 211–215. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.760

Issue

Section

Articles