Desain Pembelajaran Berbasis Strategi Metakognitif Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Kritis Dengan Model Discovery Learning Pada Materi Lingkaran

Authors

  • Akhir Andika Aritonang Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Nuri Irmayani Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Ellis Mardiana Panggabean Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Tua Halomoan Harahap Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.754

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari oleh kebutuhan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya pada konsep lingkaran, yang sering kali dianggap sulit oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lintasan belajar yang efektif dengan desain pembelajaran berbasis strategi metakognitif yang berorientasi pada keterampilan berpikir kritis, menggunakan model discovery learning pada materi lingkaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian desain, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII sekolah SMP IT Madani Aceh Tenggara.Dalam penelitian ini, lintasan belajar dirancang dengan melibatkan langkah-langkah strategis yang mendorong siswa untuk aktif dalam proses eksplorasi dan penemuan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan wawancara untuk mengevaluasi efektivitas penerapan lintasan belajar tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi metakognitif dalam model discovery learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa secara signifikan. Temuan ini menyiratkan pentingnya integrasi strategi metakognitif dalam pembelajaran matematika untuk membantu siswa memahami konsep secara lebih mendalam dan menerapkannya dalam situasi nyata.Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif, serta rekomendasi bagi pendidik untuk menerapkan strategi metakognitif dalam pembelajaran matematika guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan ke-3 Rineka Cipta: Jakarta.

Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919–927. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/472/pdf

Ahmad, I. W., Rahmawati, L. D., & Wardhana, T. H. (2018). Demographic Profile, Clinical and Analysis of Osteoarthritis Patients in Surabaya. Biomolecular and Health Science Jurnal, 1(1): 34 - 39.

Nur Budiono, A., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 109–123. https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044

Clements, R., (2004). An investigation of the status of outdoor play. Contemporary Issues in Early Childhood, 5(1), 68-80.

Clements, D. H., & Sarama, J. (2004). Learning trajectories in mathematics education. Mathematical Thinking and Learning, 6(2), 81-89.

Confrey, J., Maloney, A., Belcher, M. P., McGowan, W. P., Hennessey, M. P., Shah, M. (2019). The concept of an agile curriculum as applied to a middle school mathematics digital learning system (DLS), International Journal of Educational Research, 92, 158-172.

Elder, L., Paul, R. 2008. Critical Thinking Development: A Stage Theory With Implications for Instruction, (Online), (http://www.criticalthinking.org/, diakses 20 November 2008).

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Akhir Andika Aritonang, Nuri Irmayani, Ellis Mardiana Panggabean, & Tua Halomoan Harahap. (2025). Desain Pembelajaran Berbasis Strategi Metakognitif Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Kritis Dengan Model Discovery Learning Pada Materi Lingkaran. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3(1), 271–276. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.754

Issue

Section

Articles