Desain Pembelajaran Berbasis Strategi Metakognitif Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Kritis Dengan Model Discovery Learning Pada Materi Lingkaran
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.754Abstract
Latar belakang penelitian ini didasari oleh kebutuhan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya pada konsep lingkaran, yang sering kali dianggap sulit oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lintasan belajar yang efektif dengan desain pembelajaran berbasis strategi metakognitif yang berorientasi pada keterampilan berpikir kritis, menggunakan model discovery learning pada materi lingkaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian desain, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII sekolah SMP IT Madani Aceh Tenggara.Dalam penelitian ini, lintasan belajar dirancang dengan melibatkan langkah-langkah strategis yang mendorong siswa untuk aktif dalam proses eksplorasi dan penemuan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan wawancara untuk mengevaluasi efektivitas penerapan lintasan belajar tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi metakognitif dalam model discovery learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa secara signifikan. Temuan ini menyiratkan pentingnya integrasi strategi metakognitif dalam pembelajaran matematika untuk membantu siswa memahami konsep secara lebih mendalam dan menerapkannya dalam situasi nyata.Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif, serta rekomendasi bagi pendidik untuk menerapkan strategi metakognitif dalam pembelajaran matematika guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa
Downloads
References
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan ke-3 Rineka Cipta: Jakarta.
Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919–927. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/472/pdf
Ahmad, I. W., Rahmawati, L. D., & Wardhana, T. H. (2018). Demographic Profile, Clinical and Analysis of Osteoarthritis Patients in Surabaya. Biomolecular and Health Science Jurnal, 1(1): 34 - 39.
Nur Budiono, A., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 109–123. https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044
Clements, R., (2004). An investigation of the status of outdoor play. Contemporary Issues in Early Childhood, 5(1), 68-80.
Clements, D. H., & Sarama, J. (2004). Learning trajectories in mathematics education. Mathematical Thinking and Learning, 6(2), 81-89.
Confrey, J., Maloney, A., Belcher, M. P., McGowan, W. P., Hennessey, M. P., Shah, M. (2019). The concept of an agile curriculum as applied to a middle school mathematics digital learning system (DLS), International Journal of Educational Research, 92, 158-172.
Elder, L., Paul, R. 2008. Critical Thinking Development: A Stage Theory With Implications for Instruction, (Online), (http://www.criticalthinking.org/, diakses 20 November 2008).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Akhir Andika Aritonang, Nuri Irmayani, Ellis Mardiana Panggabean, Tua Halomoan Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.