Peran Pendidikan Islam di Era Kontemporer Dalam Menanamkan Nilai Akhlak Mulia Dan Membangun Karakter Gen Z di Era Disrupsi Moral
Studi di Madrasah Diniyah Al-Khoirot Putri
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i4.2789Keywords:
Pendidikan Islam Kontemporer, Akhlak Mulia, Karakter, Generasi Z, Disrupsi Moral.Abstract
Penelitian ini membahas peran pendidikan Islam kontemporer dalam menanamkan nilai akhlak mulia dan membangun karakter generasi Z di tengah tantangan era disrupsi moral serta peran guru dan lembaga pendidikan Islam dalam membangun karakter Gen Z. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pendidikan Islam dalam internalisasi nilai akhlak mulia di era modern serta menganalisis peran guru dan lembaga pendidikan, khususnya di Madrasah Diniyah Al-Khoirot Putri, dalam membentuk generasi Z yang berkepribadian berakhlak, berintegritas, dan mampu menghadapi tantangan global dengan landasan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Al-Khoirot Putri di Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam di Madrasah Diniyah Al-Khoirot Putri menanamkan nilai akhlak melalui metode pembiasaan, keteladanan, nasihat, serta sistem penghargaan dan hukuman yang bersifat edukatif sesuai konsep Al-Ghazali. Guru berperan penting sebagai Murabbi (pembina spiritual) dan Uswah Hasanah (teladan moral) yang membimbing santri melalui sikap, nasihat, dan doa. Lembaga juga menciptakan lingkungan pendidikan yang disiplin dan religius dengan menegakkan aturan berbasis nilai adab dan tanggung jawab sosial
Downloads
References
Asrofi, Ahmad Nur Islah, and Imam Anas Hadi. 2025. “IHWAL PENDIDIKAN DI ERA MODERN: PENDIDIKAN KARAKTER DAN PEMBELAJARAN DI ERA INDUSTRI.” LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 5(2):486–94.
Asih, Sri. 2024. “Urgensi Pendidikan Akhlak Budi Pekerti Sebagai Pondasi Dalam Perspektif Islam.” Literasi Kita Indonesia 5:59–70.
Muhammad Hasan, Tuti Khairani Harahap, Iesyah Rodliyah Syahrial Hasibuan, M. .. Sitti Zuhaerah Thalhah, M.Pd., Dr. Cecep Ucu Rakhman, S.Sos., M. Pd. Paskalina Widiastuti Ratnaningsih, S.Pd., M.Hum., Dr. Inanna, S.Pd., M. Pd. Andi Aris Mattunruang S.E., M.Sc., Dr. Herman, S.Pd., M. Pd. Nursaeni, S.Ag., M.Pd., Dr. Yusriani, SKM., M.Kes, Dr. Nahriana, M. Si. Dumaris E. Silalahi, S.Pd., M.Pd., Dra. Sitti Hajerah Hasyim, and M. Pd. Azwar Rahmat, M.TPd, Yetty Faridatul Ulfah, M.Hum, Nur Arisah, S.Pd. 2022. “Metode Penelitian Kualitaf.” Pp. 1–260 in Metode penelitian kualitaf. Jawa Tengah: Tahta Media Group.
Rivai, M., Mita Dwi Amanda, Putri Maisyarah Batubara, and Email Penulis Korespondensi. 2025. “Kurikulum PAI Untuk Generasi Z : Menanamkan Akhlak Mulia Di Dunia Yang Serba Cepat.” 02:301–10.
Roosinda, Fitriyadi Widiyani, Ninik Sri Lestari, A. A. Gde Setia Utama, Hastin Umi Anisah, Albert Lodewyk Sentosa Siahaan, Siti Hadayanti Dini Islamiati, Kadek Ayu Astiti, Nurul Hikmah, and Muhammad Iqbal Fasa. 2021. METODE PENELITIAN KUALITATIF. Yogyakarta: ZAHIR PUBLISHING.
Azimpour, Alireza, Alireza Rasti, Fatemeh Heidari Soureshjani, Marziyeh Sheibani, Yasaman Nikfetrat, Reyhaneh Nazarizadeh, and Zahra Karimpour. 2024. “A Generational Study in Iranian University Students’ Moral Changes at Post-COVID Atmosphere.” Discover Psychology 4(1). doi: 10.1007/s44202-024-00256-w.
Charles, and Yulia Rahman. 2025. Tiga Pilar Teori Pendidikan Islam Kontemporer.
Fitriyadi, Muhammad Yudi, Muhammad Restu Rahman, Muhammad Rifqi Azmi, Jurnal Religion, Jurnal Agama, Muhammad Yudi Fitriyadi, Muhammad Restu Rahman, Muhammad Rifqi Azmi, M. Arifin Ilham, Olyvia Ika Aibina, Nurul Hesda, and Fikri Al. 2023. “PENGARUH DUNIA IT TERHADAP PERILAKU REMAJA GENERASI Z.” Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya 1(2963–7139):21–24.
Hamilaturroyya, Hamilaturroyya, and Imam Anas Hadi. 2025. “Prinsip Umum Metodologi Pendidikan Agama Islam.” TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 5(1):80–90. doi: 10.51878/teaching.v5i1.4925.
Hanafi, Imam. 2024. “Internalization of Character Values in the Qur’an in Order to Overcome the Problem of Gen ‘Z ’ Characters.” Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan 7(1):22–27. doi: 10.32923/kjmp.v7i1.4446.
Husna. 2024. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa : Strategi Dan Dampak Di Lingkungan Sekolah.” AL-ULUM: MULTIDISCIPLINARY RESEARCH REVIEW 1(1):54–72.
Khasanah, Niswatul. 2025. “PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM INTERNALISASI NILAI HUKUM KELUARGA ISLAM PADA GENERASI Z.” Al-Mujahadah: Islamic Education Journal ISSN: 9651:11–19.
Muhammad saleh. 2025. “Peran Orang Tua, Guru, Dan Tokoh Masyarakat Dalam Pendidikan Islam.” IQRO: Journal of Islamic Education 8(1):118–30. doi: 10.24256/iqro.v8i1.6794.
Nur Eliza Mohd Noor, Tengku Sarina Aini Tengku Kasim, Yusmini Md. Yusoff, and Academy. 2021. “PERANAN GURU DALAM PELAKSANAAN E-PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PERSPEKTIF AL-GHAZALI THE.” 6:52–63.
Oktaviani, Ni Made Ayu Dwi. 2025. “Revitalisasi Nilai Tattwa Dan Etika Hindu Dalam Pendidikan Karakter Siswa Di Era Digital.” Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan 4(02):149–59. doi: 10.53977/ps.v4i02.2507.
Qodim, Husnul. 2022. “This Study Aims to Discuss Problems in Buya Hamka’s Sufi Moral Education in Building Character for Generation Z. The Research Method Is Used a Qualitative Method with Descriptive Analysis. The Results of the Study Show That the Moral Education of Buya Ham.” Jurnal Pendidikan Islam 11(1):523–24. doi: 10.30868/ei.v11i01.2178.
Ritonga, Mahyudin. 2021. “Character Education in Disruption Era: Hopes and Challenges in Islamic Education Institution.” SSRN Electronic Journal. doi: 10.2139/ssrn.3771830.
Rizki, Muhammad, Putri Dewi Sinta, Herlini Puspika Sari, Jurusan Pendidikan, Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam, Negeri Sultan, and Syarif Kasim. 2025. “Pendidikan Sebagai Pembentuk Karakter Era Modern Menurut Perspektif Ibnu Khaldun.” Reflection: Islamic Education Journal 2.
Rustandi, Feri, Acep Ruskandar, Dienha Habibie, Adang Hambali, and Hasan Basri. 2025. “Meneguhkan Karakteristik Pendidikan Islam Dalam Arus Diskursus Kontemporer.” Journal of Education and Social Culture 1(1):93–101. doi: 10.58363/jesc.v1i1.21.
Shafrianto, Abdhillah, and Yudi Pratama. 2021. “Abdhillah Shafrianto and Yudi Pratama, ‘Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Buya Hamka,’ Tarbiyah Islamiyah Vol. 6 No. 1 (2021).” Tarbiyah Islamiyah 6:97–105.
Venny Delviany, Eva Dewi, Djeprin E. Hulawa, and Alwizar. 2024. “Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Al-Ghazali.” Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya 9(1):21–39. doi: 10.32492/sumbula.v9i1.5844.
Widad, Zinatul, and Muhammad Syauqillah. 2023. “Konsep Guru Ideal Perspektif Al-Ghazali Dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin.” Journal Islamic Studies 4(2):99–110. doi: 10.32478/jis.v4i2.2030.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M Taufik Ismail Siregar, Vina Lailatul Maskuro, Mirrohmatillah Mirrohmatillah, Fitri Ayu Kurnia, Ali Mukhammad Abrori

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








This work is licensed under a