Pengembangan Teknologi Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai-Nilai Pesantren di Madrasah Diniyah Al-Khoirot
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.1849Keywords:
Teknologi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Nilai PesantrenAbstract
Perkembangan teknologi yang pesat telah memberikan dampak besar terhadap dunia pendidikan, termasuk dalam ranah Pendidikan Agama Islam (PAI) yang kini dituntut mampu beradaptasi dengan inovasi digital tanpa meninggalkan nilai-nilai pesantren yang sarat spiritualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pengembangan teknologi pembelajaran PAI yang selaras dengan nilai-nilai pesantren dalam membentuk karakter religius dan akhlakul karimah santri. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi terhadap kegiatan pembelajaran di madrasah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan teknologi pembelajaran tidak hanya berfokus pada media digital, tetapi diwujudkan melalui keteladanan pendidik, pembiasaan ibadah, pembelajaran kitab kuning, penerapan sanksi edukatif, penguatan lingkungan sosial pesantren, doa bersama, sholat berjamaah, dhuha, tahajud, serta tradisi tawasul dan doa guru yang berkesinambungan. Temuan ini mengimplikasikan bahwa teknologi pendidikan nonfisik berbasis nilai pesantren mampu menjaga esensi pendidikan Islam sekaligus menjawab tuntutan era digital dalam membentuk generasi berilmu dan berakhlak mulia
Downloads
References
Agama, Satu Data Kementrian. 2021. “Jumlah Madrasah Diniyah Menurut Jenjang.” Satu Data Kementrian Agama RI. Retrieved (https://satudata.kemenag.go.id/dataset/detail/jumlah-madrasah-diniyah-menurut-jenjang).
Ansori, Muhammad Zainul, Abdul Fattah, Ulyan Nasri, and Fathurrahman Muhtar. 2024. “Revolusi Pembelajaran Di Pesantren Modern: Pengaruh Dan Implikasi Pembelajaran Bersanad.” Jurnal Ilmiah Global Education 5(1):54–62. doi: 10.55681/jige.v5i1.2377.
Bambang Triyono, and Elis Mediawati. 2023. “Transformasi Nilai-Nilai Islam Melalui Pendidikan Pesantren : Implementasi Dalam Pembentukan Karakter Santri.” Journal of International Multidisciplinary Research 1(1):147–58. doi: 10.62504/jimr403.
Boateng, Sheena Lovia, Obed Kwame Adzaku Penu, Richard Boateng, Joseph Budu, John Serbe Marfo, and Pasty Asamoah. 2024. “Educational Technologies and Elementary Level Education – A Bibliometric Review of Scopus Indexed Journal Articles.” Heliyon 10(7):e28101. doi: 10.1016/j.heliyon.2024.e28101.
Euis Latipah, Pipit Maspitah, and Risma Yunita. 2022. “Implementasi Metode Talaqqi Pada Program Rumah Qur’an Di Desa Sarampad.” 1(2):38–96. doi: 10.61630/dijis.v1i2.41.
Hadi, Mahfuz Syamsul, and Abdul Muhid. 2022. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Kitab Balaghah Di Pesantren: Literature Review.” Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8(1):35–51. doi: 10.31943/jurnal.
Hamim, Ahmad Husni, Muhidin Muhidin, and Uus Ruswandi. 2022. “Pengertian, Landasan, Tujuan Dan Kedudukan PAI Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Jurnal Dirosah Islamiyah 4(2):220–31. doi: 10.47467/jdi.v4i2.899.
Inayah, Maulina Fitri Nur, Fira Addinal Haque, Nadine Syifaul Lizwan, Nasywa Aurellia Callista, Dwi Budi Nur Affid, akti Fatwa Anbiya, and 1UIN. 2025. “Digitalisasi Pembelajaran Pendidikan Islam : Tinjauan Pustaka Sistematis Pengaruh Teknologi Terhadap Pembelajaran.” 2(2):251–62.
Jazariyah, Jazariyah, Ende Riani, Putri Apriliyaneu Cahya Rumara, and Tasya Nurul Annisa. 2021. “Strategi Pengenalan Konsep Berpuasa Ramadhan Pada Anak Usia Dini.” AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal) 31(2):102–10. doi: 10.24235/ath.v31i2.8421.
Kesuma, Muhammad Ilham Jaya, Ilham Fatoni, Ikhtiar Cahya Ajir, M. Izzad Khairi Yazdi, Agus Pahrudin, and Achi Rinaldi. 2025. “Transformasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Digital Di Era Society 5.0.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 10(2):306–17.
Machmud, Muhammad Takwin, Agung Purwa Widiyan, and Noer Risky Ramadhani. 2021. “The Development and Policies of ICT Supporting Educational Technology in Singapore, Thailand, Indonesia, and Myanmar.” International Journal of Evaluation and Research in Education 10(1):78–85. doi: 10.11591/ijere.v10i1.20786.
Maskuro, Vina Lailatul, Sholihah, Khoridatul Bahiyah, and Muhammad Husni. 2025. “Boarding School In Character Education A Study Of Student Care Models At Al-Khoirot Boarding School.” 3(2):31–38.
Muqit, Abd. 2021. “Profesionalisme Kiai Dalam Pengelolaan Pondok Pesantren Dalam Konteks Kemodernan.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 2(2):139–58. doi: 10.35316/jpii.v2i2.73.
Nento, Fauzani, and Roswan Manto. 2023. “Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan.” E-Tech 11(01):1. doi: 10.1007/XXXXXX-XX-0000-00.
Rachmawati, Depy Eka, and Isnan Hidayat. 2021. “Kedudukan Moral Dan Akhlak Dalam Sustainable Development : Pendekatan Kedudukan Moral Dan Akhlak Dalam Sustainable Development : Pendekatan Systematic Literature Review Depy Eka Rachmawati Isnan Hidayat.” (August):0–16.
Rahmadani, Suci, Sekolah Tinggi, Agama Islam, Negeri Bengkalis, and Kabupaten Bengkalis. 2024. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital : Tinjauan Literatur Kualitatif.” 2(6).
Sakdiyah, Widna, and Gusmaneli. 2025. “Integrasi Penggunaan Teknologi Dalam Strategi Pembelajaran PAI Untuk Membentuk Kompetensi 4C Peserta Didik Era Digital.” Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa 2(2):230–42.
Salisah, Siti Khopipatu, Astuti Darmiyanti, and Yadi Fahmi Arifudin. 2024. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Era Digital: Tinjauan Literatur.” Jurnal Pendidikan Islam 10(1):36–42.
Shodikun, Shodikun; Zaduqisti, Esti; Subhi, Muhamad Rifa’i. 2023. “Implementasi Pembelajaran Humanisme Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Modern.” Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(1):13–21.
Teng, Yilian, and Xia Wang. 2021. “The Effect of Two Educational Technology Tools on Student Engagement in Chinese EFL Courses.” International Journal of Educational Technology in Higher Education 18(1). doi: 10.1186/s41239-021-00263-0.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vina Lailatul Maskuro, Mirrohmatilla, Sita Acetylena

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.